x

Tolak Liverpool, Wonderkid 'Titisan' Jack Grealish Ini Justru Menggeliat di Liga Denmark

Sabtu, 26 Maret 2022 21:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ada seorang wonderkid yang disebut-sebut sebagai 'titisan' Jack Grealish yang sukses setelah menolak Liverpool. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Wonderkid yang oleh beberapa media disebut-sebut sebagai ‘titisan’ Jack Grealish, Andreas Schjelderup, ternyata pernah menolak pindah ke Liverpool.

Padahal, seperti yang banyak orang tahu, Liverpool juga cukup terkenal dengan pembinaan pemain muda yang menjanjikan di Liga Inggris.

Baca Juga

Beberapa jebolan akademi mereka pun tidak sedikit yang berhasil sukses di klub lain maupun mentas ke tim utama. Contoh yang paling mudah adalah Trent Alexander-Arnold dan Harvey Elliott saat ini.

Akan tetapi, Andreas Schjelderup justru mengambil keputusan yang cukup berani dan memilih pergi menimba ilmu di tempat lain.

Seperti diwartakan laman Empire of the Kop yang juga menyebut wonderkid ini ‘titisan’ Jack Grealish, Andreas Schjelderup membeberkan alasannya menolak Liverpool dulu.

Baca Juga

Ternyata, keputusan untuk menolak pada waktu itu terbilang cukup sulit bagi Andreas Schjelderup dan keluarga.

Bahkan, secara blak-blakan wonderkid Liga Denmark ini mengaku sempat galau karena klub sebesar Liverpool menawarinya kesempatan bergabung.

“Tentu saja sulit. Karena ketika Anda tumbuh dewasa, Anda melihat banyak nama besar (klub) dan kemudian mereka menginginkan Anda,” jelasnya kepada Neil Jones di Goal International via Empire of the Kop.

Baca Juga

Namun di usianya yang masih sangat muda, Andreas Schjelderup mendapat bimbingan yang tepat dari ayah dan agennya.

Ia pun pada akhirnya memilih jalan yang lebih menantang alih-alih bergabung dengan tim di level usia U-17 atau U-19.


1. Menggeliat di Liga Denmark

Ada seorang wonderkid yang disebut-sebut sebagai 'titisan' Jack Grealish yang sukses setelah menolak Liverpool. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Benar saja, tidak butuh lama baginya untuk meraih tempat di tim utama Nordsjælland, klub Denmark yang pada akhirnya ia pilih untuk melanjutkan karier.

Pasalnya, sejak berada di tim muda Bodo/Glimt, remaja kelahiran 1 Juni 2004 ini sudah jadi bidikan banyak klub top Eropa termasuk Liverpool.

Baca Juga

Akan tetapi ia merapat ke Nordsjælland pada Juli 2020 saat jeda musim dingin 2020-2021. Ya, hanya butuh sekian bulan saja baginya untuk mewujudkan promosi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Dan nampaknya keputusan untuk mendaratkan diri ke Liga Denmark berbuah manis bagi diri Andreas Schjelderup.

Bersama Nordsjælland ia terus menggeliat dan bahkan menciptakan seabrek rekor yang mungkin tidak akan diperolehnya jika merapat ke Liverpool.

Baca Juga

Dia menjalani debut seniornya sebagai starting eleven, dalam kekalahan 0-2 dari OB pada 7 Februari 2021.

Saat itu, dengan usia 16 tahun 248 hari, ia menjadi debutan termuda ke-13 dalam sejarah Superliga Denmark sepanjang masa.

Selain itu, ia juga mencetak gol senior pertamanya untuk klub dalam laga kemenangan 3-0 atas Lyngby sebulan kemudian.

Baca Juga

Alhasil, ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah klub di Superliga Denmark, menyalip rekor rekan setimnya, Tochi Chukwuani.

Pada musim sebelumnya, Tochi Chukwuani jadi pencetak gol termuda Nordsjælland dalam sebuah laga melawan Midtjylland.


2. 'Titisan' Jack Grealish

Ada seorang wonderkid yang disebut-sebut sebagai 'titisan' Jack Grealish yang sukses setelah menolak Liverpool. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Andreas Schjelderup sendiri sempat beberapa kali disebut sebagai ‘titisan’ Eden Hazard, namun gaya permaianannya cenderung mirip Jack Grealish.

Tidak ayal, julukan ‘titisan’ Jack Grealish pun mulai dipakai beberapa media untuk mendeskripsikan wonderkid yang sekarang berusia 17 tahun ini.

Baca Juga

Meski begitu, untuk urusan idola, Andreas Schjelderup ternyata lebih memilih legenda Barcelona, Andres Iniesta, ketimbang Eden Hazard dan Jack Grealish.

Dalam sebuah kesempatan, ia mengaku senang dengan teknik jarak dekat Andreas Iniesta, sembari juga mengidolakan Erling Haaland dan Martin Odegaard.

Andreas Schjelderup sendiri berposisi sebagai gelandang serang yang bisa juga dimainkan di sayap kiri jika dibutuhkan.

Baca Juga

Meski gagal ke Liverpool, Andreas Schjelderup cukup menikmati masa-masa indahnya di Liga Denmark bersama Nordsjælland.

Walaupun, bukan tidak mungkin pula ia bisa bersinar bersama Liverpool jika berhasil meraih hati juru taktik utama mereka, Jurgen Klopp.

Seperti diketahui, Jurgen Klopp termasuk pelatih yang tidak keberatan memberi menit bermain yang cukup bagi para talenta mudanya, dan hal tersebut sudah terbukti di sejumlah pertandingan Liverpool dari masa ke masa.

Baca Juga

Lalu untuk level negara, Andreas Schjelderup diketahui sudah berpartisipasi di tim-tim kelompok usia Timnas Norwegia sejak 2019 lalu.

Junior Erling Haaland tersebut membela Timnas Norwegia dari level U-15 hingga kini di U-21. Dengan usia yang masih muda, langkah Andreas Schjelderup pun masih sangat panjang.

LiverpoolNorwegiaJack GrealishBola Internasional

Berita Terkini