x

Gantikan Mikel Arteta, 3 Bintang Crystal Palace yang Bisa Dibawa Patrick Vieira ke Arsenal

Kamis, 7 April 2022 21:35 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Patrick Vieira didorong menggantikan Mikel Arteta di Arsenal musim depan. Berikut 3 anak buahnya di Crystal Palace yang bisa ia bawa ke kubu The Gunners. (Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM Patrick Vieira didorong menggantikan Mikel Arteta di Arsenal musim depan. Berikut 3 anak buahnya di Crystal Palace yang bisa ia bawa ke kubu The Gunners.

Arsenal mengawali musim ini dengan buruk. Bagaimana tidak, mereka selalu kalah di 3 laga pertama di Liga Inggris dan sempat terpuruk di posisi 19 klasemen sementara.

Baca Juga

Meski demikian, The Gunners berhasil bangkit khususnya di paruh kedua musim ini. Alexandre Lacazette dkk bahkan sempat merebut 8 kemenangan dalam 10 pertandingan di liga.

Namun, belakangan ini kinerja mereka menurun lagi. Terbaru, tim asuhan Mikel Arteta itu dipermalukan oleh Crystal Palace dengan skor telak 0-3 akhir pekan lalu.

Hasil itu membuat Arsenal menelan 2 kekalahan dalam 3 laga terakhir di liga, dan kini tertahan di posisi 5 di bawah Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Dengan situasi ini, Arsenal pun harus menunda kesempatan merangsek ke 4 besar yang seharusnya bisa terwujud jika mereka mengalahkan The Eagles.

Di sisi lain, kekalahan itu  menimbulkan kekecewaan besar dari kalangan pendukung Arsenal, salah satunya jurnalis televisi asal Inggris, Piers Morgan.

Morgan bahkan mendesak Arsenal untuk memecat Arteta, dan menggantikannya dengan legenda klub, Patrick Vieira. Menariknya, Vieira adalah pelatih Crystal Palace yang baru saja membantai The Gunners.

Baca Juga

Kinerja Vieira sendiri memang terbilang cukup baik. Baru pertama kali melatih di Inggris, ia membawa Palace menembus 10 besar, tepatnya di posisi 9.

Tak hanya itu, ia juga membawa Crystal Palace tak terkalahkan dalam 2 pertemuan dengan Arsenal musim ini, yakni lewat kemenangan 3-0 akhir pekan lalu dan imbang 2-2 di awal musim. Bahkan, Palace nyaris menang di pertemuan pertama andai Lacazette tak menyamakan skor di injury time.


1. Ada Incaran Lawas Arsenal

Pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha beraksi dengan dikawal Cedric Soares dari Arsenal (REUTERS-David Klein)

Sejauh ini memang tak ada wacana dari manajemen Arsenal untuk mendepak Mikel Arteta. Sang juru taktik Spanyol dinilai bekerja baik membangkitkan klub meski sempat terpuruk di awal musim.

Namun, kegagalan menembus 4 besar dan meraih tiket Liga Champions bisa saja mendorong manajemen untuk melakukan perubahan di kursi pelatih.

Baca Juga

Performa Crystal Palace musim ini pun membuat Vieira menjadi salah satu opsi yang menarik. Apalagi, ia punya kedekatan khusus dengan Arsenal karena 9 tahun bermain untuk The Gunners dan bahkan sempat menjadi kapten, sehingga mengenal klub tersebut luar-dalam.

Di sisi lain, jika Arsenal benar-benar mendepak Arteta dan kemudian menunjuk Vieira sebagai gantinya, pria Prancis itu bisa membawa serta sejumlah anak asuhnya di Crystal Palace.

Pasalnya, ada sejumlah pemain Palace yang menunjukkan performa apik musim ini dan sesuai dengan kebutuhan The Gunners. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Wilfried Zaha

Wilfried Zaha jelas menjadi nama pertama dalam daftar ini. Pemain Pantai Gading itu sudah menjadi andalan Crystal Palace sejak kepulangannya usai gagal bersinar bersama Manchester United.

Musim ini saja, ia sudah mencetak 11 gol dan 2 assist dari 28 penampilan di semua kompetisi dan menjadi top skor sementara The Eagles.

Zaha sendiri sejatinya sudah menjadi bidikan Arsenal selama beberapa musim terakhir, tapi kepindahannya tak pernah terwujud. Keberadaan Patrick Vieira di pos pelatih Arsenal berpeluang memudahkan terwujudnya hal itu.

Baca Juga

Arsenal memang sudah memiliki Gabriel Martinelli yang tampil apik di sayap kiri musim ini. Namun, keberadaan Zaha yang lebih berpengalaman dan konsisten bisa menjaga stabilitas serangan Arsenal.

Di sisi lain, Crystal Palace sendiri disebut oleh Daily Mail siap menjual Wilfried Zaha musim panas nanti agar tidak kehilangan dirinya secara gratis saat kontraknya habis di Juni 2023.

 

2. Kental Aroma Chelsea

Conor Gallagher berduel dengan Scot McTominay dan Victor Lindelof di laga Man United vs Crystal Palace (05/12/21). (REUTERS/Phil Noble)

Conor Gallagher

Sulit menembus tim utama Chelsea, Conor Gallagher dipinjamkan ke Crystal Palace pada awal musim ini. Siapa sangka, gelandang muda Inggris itu justru meledak di bawah bimbingan Vieira.

Sejauh ini, Gallagher sukses menjadi pilihan pertama Vieira di sektor gelandang serang dan sudah mencetak 8 gol dan 5 assist dari 31 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Arsenal memang sudah memiliki Martin Odegaard. Namun, performa bintang Norwegia itu terbilang naik-turun. Koleksi gol dan assistnya pun masih kalah dari Gallagher dengan 5 gol dan 4 assist, sehingga kehadiran Gallagher bisa menghadirkan persaingan bagi Odegaard.

Kedekatan dengan Patrick Vieira yang berhasil membantunya meroket di Liga Inggris musim ini bisa saja menggoda Gallagher untuk menyusul sang pelatih ke Arsenal.

Namun, Arsenal harus berupaya keras untuk bisa mendatangkan sang gelandang  karena Gallagher masih terikat kontrak dengan Chelsea hingga Juni 2025.

Baca Juga

Marc Guehi

Meski berstatus lulusan akademi Chelsea, Marc Guehi tercatat hanya dua kali diberi kesempatan tampil bersama tim senior di laga resmi.

Usai dipinjamkan dua musim beruntun ke Swansea, Guehi pada akhirnya dilepas ke Crystal Palace awal musim ini di mana ia menjadi pembelian termahal ketiga Palace sepanjang sejarah dan diikat kontrak hingga Juni 2025.

Di musim pertamanya bersama Palace, ia langsung menjadi pilihan utama Vieira di pos bek tengah dan sudah tampil di 34 laga alias hanya absen di 1 pertandingan saja. Kinerja apiknya pun kemudian membuahkan panggilan ke timnas Inggris di mana ia menjalani debut pada November lalu.

Baca Juga

Arsenal sejatinya sudah punya duet Gabriel Magalhaes dan Ben White di bek tengah. Namun, kehadiran pemain seperti Marc Guehi akan membuat mereka punya pelapis setara dan di sisi lain akan mendorong ketiganya meningkatkan performa masing-masing demi merebut tempat utama.

Meski demikian, dengan kontrak Marc Guehi yang masih tersisa 3 tahun di Crystal Palace, Arsenal perlu merogoh kocek cukup dalam untuk memboyongnya.

ArsenalWilfried ZahaCrystal PalacePatrick VieiraTRIVIABerita Liga InggrisJadwal Liga InggrisConor Gallagher

Berita Terkini