x

Bedah Kualitas Enzo Fernandez, Bintang Argentina Calon Rekrutan Perdana Ten Hag di Man United

Rabu, 20 April 2022 17:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Alih-alih pemain Ajax, justru Enzo Fernandez (River Plate) yang disebut bakal jadi rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United. Seperti apa kualitasnya?Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

INDOSPORT.COM – Alih-alih pemain Ajax, justru Enzo Fernandez (River Plate) yang disebut bakal jadi rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United. Seperti apa kualitasnya?

Manchester United disebut tinggal selangkah lagi mendatangkan manajer baru untuk musim depan, yakni Erik ten Hag.

Baca Juga

Pria Belanda itu disebut sudah mencapai kesepakatan dengan Setan Merah untuk membesut David de Gea dkk. Nantinya, ten Hag akan diikat kontrak berdurasi 4 tahun di Old Trafford.

Kubu MU pun kini tinggal membayar klausul tebusan ten Hag kepada Ajax Amsterdam, yakni sebesar 2 juta euro.

Kedatangan ten Hag pun diyakini akan menghadirkan perubahan besar, termasuk di tubuh skuat Manchester United.

Baca Juga

Sejumlah bintang yang menyuguhkan performa buruk berpeluang didepak, dengan sejumlah nama-nama baru mulai santer dirumorkan merapat ke Old Trafford.

Statusnya sebagai pelatih Ajax Amsterdam membuat ten Hag dipercaya bakal membawa sejumlah pemainnya di klub tersebut ke Inggris.

Seperti diketahui, ada sejumlah pemain Ajax yang memang sesuai dengan kebutuhan MU musim depan seperti Antony maupun Jurrien Timber.

Baca Juga

Meski demikian, sosok yang berpotensi menjadi rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United justru bukan pemain Ajax. Status itu kemungkinan besar akan menjadi milik Enzo Fernandez, bintang Argentina yang kini bermain River Plate.

Dilansir Sportsmole, ten Hag telah menerima laporan dari scout MU di Argentina dan siap menjadikan sang gelandang sebagai rekrutan pertamanya.


1. Melejit Bersama River Plate Usai Gagal Saat Dipinjamkan

Enzo Fernandez, pemain River Plate. Foto: Instagram@enzojfernandez

Seperti diketahui, gelandang tengah menjadi salah satu kebutuhan Manchester United musim depan, seiring buruknya performa para pemain yang ada saat ini.

Di sisi lain, Manchester United juga bakal ditinggal Paul Pogba yang kontraknya akan habis 30 Juni nanti dan hingga kini tak juga menyepakati perpanjangan masa bakti.

Baca Juga

Sejumlah nama pun sempat masuk dalam radar, namun kini Setan Merah disebut memprioritaskan kedatangan Enzo Fernandez.

Lahir di San Martin, Argentina, 21 tahun lalu, Enzo Fernandez bergabung dengan tim junior River Plate pada 2006 ketika baru berusia 5 tahun.

Bakat besarnya membuat ia menjadi andalan di berbagai kelompok usia, hingga akhirnya masuk ke tim utama pada Januari 2019.

Baca Juga

Sekitar 14 bulan kemudian yakni pada Maret 2020, ia akhirnya menjalani debut resmi dengan turun sebagai pemain pengganti saat menghadapi LDU Quito di Copa Libertadores.

Meski demikian, Fernandez tetap kesulitan mendapatkan menit bermain sehingga akhirnya dipinjamkan ke Agustus 2020, Defensa y Justicia yang ketika itu dilatih eks bomber ternama Argentina, Hernan Crespo.

Sayangnya, bersama pelabuhan barunya itu nasib Fernandez tak membaik. Ia hanya tampil 6 kali dengan hanya 1 kali dimainkan di liga domestik.

Baca Juga

Namun, saat pulang ke River Plate, Enzo Fernandez justru sukses menjadi pilihan utama. Sepanjang musim lalu ia tampil 25 kali di liga bagi River Plate dengan torehan 2 gol dan 3 assist, dan selalu jadi starter di 11 pertandingan terakhir.

Sementara itu pada musim ini, Fernandez makin moncer dengan sudah mencetak 4 gol dan 3 assist hanya dari 10 pertandingan di liga. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian klub-klub Eropa termasuk Manchester United.

 

2. Tajam dan Akurat

Pemain River Plate, Enzo Fernandez. Foto: REUTERS/Agustin Marcarian.

Berposisi natural sebagai gelandang tengah, Enzo Fernandez dikenal juga piawai menjalani sejumlah peran lain di lini tengah.

Laman Transfermarkt mencatat dari 12 penampilannya bersama River Plate musim ini, pemain 21 tahun itu 9 kali diturunkan sebagai gelandang tengah, dan 3 kali sebagai gelandang bertahan.

Baca Juga

Kinerjanya pun terbilang sama baiknya di kedua posisi itu, dengan mencetak 2 gol dan 3 assist dari posisi gelandang tengah, dan 3 gol dari gelandang bertahan.

Beroperasi di lini tengah, kualitas umpan menjadi salah satu andalan Enzo Fernandez. Sang gelandang diketahui memiliki akurasi umpan yang cukup tinggi yakni 84,3% dan rataan 1,5 umpan kunci per laga.

Meski demikian, belakangan ini justru kemampuan mencetak golnya yang tampak lebih menonjol. Bagaimana tidak, torehan 4 gol sukses ia ciptakan dalam 5 laga terakhir di liga.

Baca Juga

Fernandez bahkan tercatat selalu menjebol gawang lawan dalam 3 pertandingan terakhir secara beruntun.

Torehan itu pun menunjukkan akurasinya yang cukup tinggi, mengingat Fernandez sejatinya hanya memiliki rataan 1,1 tembakan per laga.

Meski demikian, di sisi lain pemain 21 tahun itu pun masih memiliki sejumlah kelemahan, terutama dalam segi pertahanan. Fernandez diketahui masih mudah dilewati lawan dengan rataan 1,9 kali per laga, dan hanya melepaskan 1,7 tekel per laga.

Baca Juga

Dengan catatat-catatan ini, menarik ditunggu akan seperti apa performa Enzo Fernandez jika ia jadi pindah ke MU musim depan.

Enzo Fernandez sendiri diketahui memiliki klausul tebus yang cukup murah yakni 16 juta pounds meski masih terikat kontrak hingga Juni 2025 di River Plate, sehingga Manchester United tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyongnya.

Bursa TransferManchester UnitedRiver PlateLiga InggrisEnzo FernandezBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferErik ten Hag

Berita Terkini