x

Mengingat Skuat 'Mantul' ala Rafael Benitez di Liverpool, Apa Kabar Mereka?

Minggu, 24 April 2022 23:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Benitez pernah sukses bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, pernah punya skuat hebat yang ditangani oleh pelatih asal Spanyol, Rafael Benitez.

Selama ditangani olehnya, Liverpool berhasil memenangkan empat gelar termasuk Liga Champions 2004-2005 yang dimenangkan dengan dramatis di Istanbul, Turki.

Baca Juga

Masa bakti Rafael Benitez di Liverpool sendiri berakhir pada musim 2019-2010, ditutup dengan hasil imbang 0-0 melawan Hull City.

Ia pergi setelah gagal membawa The Reds finis di peringkat atas klasemen akhir Liga Inggris. Pada saat itu mereka menutup musim dengan bertengger di urutan ketujuh, yang mana cukup mengecewakan.

Namun selama menukangi The Reds, pria yang juga akrab disapa Rafa tersebut memang membawa atamosfer unik berkat skuat ‘spaniard’ racikannya.

Baca Juga

Bagaimanapun juga, ia sudah dilabeli banyak orang sebagai salah satu manajer tersukses Liverpool sepanjang masa.

Setelah hengkang dari Liverpool tanpa gelar Liga Inggris, Rafa sempat membesut sejumlah klub Eropa seperti Inter Milan, Real Madrid, Napoli, dan Newcastle United.

Bahkan, beberapa waktu lalu ia sampai menggegerkan publik Merseyside karena menerima pinangan rival satu kota Liverpool, Everton.

Baca Juga

Untungnya, sepertinya masih ada cinta yang tersisa dari pendukung The Reds sehingga huru-hara itu tidak berlangsung berlarut-larut.

Pada Januari 2022 lalu, Rafa dicopot dari jabatan manajer Everton lantaran prestasi The Toffees yang amburadul, termasuk berada papan bawah klasemen Liga Inggris dan terancam terdegradasi.


1. Ke Mana Para Pemain Liverpool era Benitez?

Rafael Benitez pernah sukses bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt/GettyImages.

Sepanjang kariernya, Liverpool dan Valencia mungkin dua klub yang paling melambungkan nama Rafael Benitez.

Meski, klub-klub lain seperti Newcastle United, Inter Milan, dan bahkan Chelsea yang dibesutnya secara interim, juga turut menyumbang tulisan gelar dalam CV-nya.

Baca Juga

Di Liverpool, pelatih kelahiran Madrid, Spanyol, ini pun terkenal lantaran punya banyak pemain hebat dalam skuatnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya, sekaligus apa kabar mereka saat ini dengan karier masing-masing.

Pepe Reina

Mungkin salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Didatangkan dari Villarreal pada 2005 dan menghabiskan setidaknya delapan tahun berseragam The Reds sebelum dilepas sebagai pinjaman ke Napoli.

Baca Juga

Sempat berpindah klub beberapa kali, kiper yang juga terkenal karena insiden beach ball Liverpool ini sekarang bermain untuk kontestan Liga Italia, Lazio, di usianya yang sudah menginjak 39 tahun.

Sayangnya Pepe Reina belum merasakan betapa manisnya gelar Liga Champions 2005 yang diperoleh Liverpool dengan susah payah.

Pasalnya, pos penjaga gawang di pertandingan ekstrem melawan AC Milan tersebut masih diisi oleh Jerzy Dudek.

Baca Juga

Para Bek

Liverpool era Rafael Benitez, tercatat memiliki sejumlah bek hebat seperti Daniel Agger, Sami Hyypia, dan Jamie Carragher.

Nama yang pertama, pada 2021 diangkat sebagai pelatih klub Denmark, HB Køge. Ia bersama nama kedua dan ketiga, belum lama ini terlihat di legend match Liverpool vs Barcelona, tepatnya pada Maret lalu.

 

2. Dari Steven Gerrard hingga Fernando Torres

Rafael Benitez pernah sukses bersama klub Liga Inggris, Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt/GettyImages.

Selain para bek tangguh di atas, Liverpool juga pernah memiliki Sotirios Kyrgiakos, yang diboyong dari AEK Athens pada 2009.

Sayangnya ia tidak bertahan cukup lama berseragam The Reds lantaran dinilai gagal menampilkan performa terbaik. Usai pensiun pada 2014, ia menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

Baca Juga

Gelandang

Nama yang layak disebut pertama dalam daftar ini mungkin Steven Gerrard, legenda klub yang hingga saat ini belum ditemukan duplikatnya.

Selain jadi jiwa dan raga Liverpool, Stevie G juga punya cerita khusus di era Rafael Benitez, karena saat itu ia hampir saja dibajak oleh Chelsea.

Tidak tanggung-tanggung, para suporter The Reds bahkan ada yang sampai menghina dan menyebut dirinya calon pengkhianat. Namun pada akhirnya Stevie G tetap bertahan.

Baca Juga

Setelah pensiun, ia terjun ke dunia kepelatihan dan sukses bersama Glasgow Rangers. Kini, ia bekerja sebagai manajer Aston Villa.

Selain Steven Gerrard, skuat Liverpool Rafael Benitez juga punya Xabi Alonso yang menangani Real Sociedad B sembari berjuang mendapat lisensi pelatih; lalu ada juga Lucas Leiva, saat ini bermain di Lazio.

Javie Mascherano kini pelatih Timnas Argentina U-20, John Arne-Riise pelatih di klub Norwegia, dan Alberto Aquilani menangani Fiorentina U-19.

Baca Juga

Striker

Dirk Kuyt didatangkan dari Feyenoord pada 2006. Ia pun turut berpartisipasi di legend match The Reds bulan Maret lalu.

Kemudian ada Fernando Torres yang tampil sangat eksplosif bersama Liverpool, kini membesut tim Atletico Madrid U-19.

LiverpoolRafael BenitezLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini