x

Mengenang 3 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Real Madrid: 2 Gagal, 1 Panen Gelar

Selasa, 26 April 2022 08:22 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Manchester City akan hadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions. Berikut 3 pemain yang diboyong City dari Madrid, 2 di antaranya gagal, 1 panen gelar. ( Visionhaus via Getty Images)

INDOSPORT.COM – Manchester City akan hadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions. Berikut 3 pemain yang diboyong City dari Madrid, 2 di antaranya gagal, 1 panen gelar.

Kompetisi Liga Champions kini segera memasuki leg pertama babak semifinal. Salah satu duel tersebut akan mempertemukan Manchester City vs Real Madrid, Rabu (27/04/22) pukul 02.00.

Baca Juga

The Citizens sendiri berhasil menembus babak 4 besar setelah menyingkirkan rival sekotal Real Madrid, Atletico Madrid, di perempat final.

Sementara itu, Los Blancos melaju ke babak yang sama dengan mengandaskan asa rival City di Liga Inggris, Chelsea.

Kedua tim sendiri berada dalam kondisi yang cukup mirip, yakni sama-sama tengah memuncaki klasemen di liga domestik masing-masing.

Baca Juga

Dengan demikian, baik City dan Madrid sama-sama berpeluang meraih double winners liga domestik dan Liga Champions musim ini.

Namun, Real Madrid punya kans lebih baik dalam memenangi Liga Spanyol karena hanya tinggal butuh 1 poin dari 5 laga sisa. Sementara itu, Manchester City masih harus bersaing ketat dengan Liverpool di Liga Inggris.

Selain itu, baik Manchestet City maupun Real Madrid juga memiliki tren performa yang serupa dengan merebut 2 kemenangan dan 1 kekalahan dalam 3 laga terakhir di semua kompetisi.

Baca Juga

Usai dikalahkan Liverpool di Piala FA, City bangkit dengan menghajar Brighton dan Watford di liga.

Sementara itu Madrid yang kalah tipis dari Chelsea di leg kedua 8 besar Liga Champions, bangkit lewat kemenangan atas Sevilla dan Osasuna di liga.


1. Ada Legenda Liverpool

Steve McManaman (Tengah) bersama perwakilan La Liga Rodrigo Gallego Abad (kiri) dan Ivan Codina (kanan) menghadiri konferenai pers di Hotel Gran Melia Jakarta, Rabu (05/09/18).

Manchester City dan Real Madrid sendiri terbilang cukup rajin bertemu dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat sejak pertama kali berduel pada September 2012, kedua tim kini sudah saling berhadapan 6 kali.

Namun, beradasarkan rekor pertemuan, kekuatan kedua tim cukup imbang dengan sama-sama meraih 2 kemenangan, 2 seri, dan 2 kekalahan, dengan pertemuan terakhir terjadi 2 tahun lalu di 16 besar Liga Champions.

Baca Juga

Di sisi lain, kedekatan kedua tim juga terlihat di bursa transfer. Tercatat, sejauh ini ada 3 pemain yang pernah diboyong langsung Manchester City dari Real Madrid.

Sayangnya, ketiga pemain eks Real Madrid tersebut terbilang gagal bersinar saat berseragam Manchester City.

Siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Steve McManaman

Steve McManaman menjadi pemain pertama dalam sejarah yang didatangkan Manchester City dari Real Madrid. Pemain asal Inggris ini diboyong The Citizens pada musim panas 2003.

McManaman sendiri sejatinya lebih dikenal berkat kariernya bersama Liverpool. Ia tercatat membela The Reds dari 1990 hingga 1999 dengan total 364 penampilan selama 9 musim dan menghadirkan 1 trofi Piala FA dan 1 Piala Liga Inggris.

Aksi gemilangnya bersama Liverpool pun menarik perhatian Real Madrid yang kemudian mendatangkannya di musim panas 1999. Bersama Madrid, ia menjadi andalan di 3 musim pertama sebelum menit bermainnya menurun di musim keempat hingga dilepas ke Manchester City.

Baca Juga

Sudah berusia 31 tahun ketika itu, McManaman mencatatkan total 30 penampilan di musim perdananya bersama City, di mana mereka hanya finis di posisi 16 di Liga Inggris.

Memasuki musim kedua, menit bermain Steve McManaman semakin turun hingga akhirnya ia dilepas gratis di akhir musim. Selama 2 musim di City, sang winger hanya mencatatkan 44 penampilan tanpa mencetak 1 gol pun.

 

2. Gagal di Madrid dan City, Dibuang ke AC Milan

Mantan pemain Manchester City, De Souza Robinho

Robinho

Tampil gemilang bersama Santos dengan 81 gol dari 180 laga, Robinho didatangkan Real Madrid pada musim panas 2005.

Bersama Madrid, ketajamannya sedikit menurun dengan hanya mencetak 35 gol dari 137 penampilan selama 3 musim.

Baca Juga

Namun, hal itu tak mengurangi ketertarikan City yang memboyongnya pada September 2008 dengan biaya 43 euro yang menjadi pembelian termahal The Citizens ketika itu.

Di musim pertamanya, kinerja Robinho cukup baik dengan torehan 15 gol dari 41 pertandingan di semua kompetisi. Namun, di musim kedua ia kalah bersaing sehingga hanya tampil 12 kali dan mencetak 1 gol di paruh pertama musim.

Robinho akhirnya dipinjamkan ke klub lamanya, Santos, pada Januari 2020 dan akhirnya dijual ke AC Milan pada musim panas, tanpa sempat mempersembahkan 1 gelar pun untuk City.

Baca Juga

Danilo

Bek kanan asal Brasil, Danilo, menjadi pemain terbaru yang diboyong Manchester City dari Real Madrid. Ia didatangkan pada Juli 2017 dengan biaya 30 juta euro.

Sebelum pindah ke City, Danilo lebih banyak berperan sebagai pemain pelapis di Real Madrid. Meski demikian, ia berhasil memenangi sejumlah gelar termasuk 2 Liga Champions dan 1 Liga Spanyol, selama 2 musim membela Los Blancos.

Bersama City, Danilo sempat menjadi pilihan utama di sektor bek kanan dengan catatan 38 penampilan di musim pertamanya.

Baca Juga

Namun, memasuki musim kedua menit bermainnya menurun drastis dengan hanya menjadi 22 penampilan, akibat cedera dan kebijakan rotasi yang diterapkan Pep Guardiola.

Danilo pada akhirnya hanya bertahan 2 musim sebelum dijual ke Juventus. Meski demikian, ia sukses memenangi 5 gelar dalam periode tersebut yakni 2 Liga Inggris, 2 Piala Liga, dan 1 Piala FA.

Real MadridManchester CityLiga ChampionsRobinhoDaniloSteve McManamanTRIVIABerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini