x

Resep Ampuh ala Sir Alex Ferguson agar Erik ten Hag Sukses di Manchester United

Kamis, 28 April 2022 17:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Erik ten Hag hanya tinggal menunggu waktu memulai tugas barunya sebagai juru taktik klub Liga Inggris, Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag hanya tinggal menunggu waktu memulai tugas barunya sebagai juru taktik klub Liga Inggris, Manchester United.

Seperti diketahui, pelatih Ajax tersebut sudah diperkenalkan Manchester United secara resmi lewat pengumuman di situs maupun laman media sosial mereka.

Baca Juga

Manchester United merekrut Erik ten Hag dengan durasi kontrak tiga tahun, terhitung hingga Juni 2025. Selain itu, klub juga memberikan opsi perpanjangan satu tahun.

Melansir dari laman klub, direktur sepak bola Manchester United, John Murtough, menjelaskan alasan klubnya memilih Erik ten Hag sebagai suksesor Ralf Rangnick.

Menurutnya, Erik ten Hag sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling sukses di Eropa ketika menangangi klub asal Belanda, Ajax, selama empat tahun terakhir.

Baca Juga

Bahkan, ia berhasil membawa De Godenzonen juara Eredivisie Belanda untuk musim 2018-2019 dan 2020-2021.

Itu saja sudah dikurangi potensi kemenangan mereka pada musim 2019-2020, ketika liga Eredivisie Belanda dihentikan karena pandemi Covid-19.

Ajax yang memimpin klasemen sementara pun harus menggugurkan mimpi mereka meraih titel kala itu. Padahal jika menang, Erik ten Hag akan menyumbang gelar selama tiga kali beruntun.

Baca Juga

Musim ini, ia bersama Ajax pun masih memimpin puncak klasemen sementara Eredivisie dengan 75 poin dan dipepet lumayan ketat oleh PSV Eindhoven di peringkat kedua.

Pelatih yang kini berusia 52 tahun itu juga membawa Ajax ke semifinal Liga Champions 2018-2019, untuk kali pertama sepanjang sejarah sejak 1997.


1. Resep agar Erik ten Hag Sukses di Manchester United

Erik ten Hag hanya tinggal menunggu waktu memulai tugas barunya sebagai juru taktik klub Liga Inggris, Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

Segala magis yang dimilikinya ini pun diharapkan bisa menular ke Manchester United ketika mulai membesut Cristiano Ronaldo dkk musim depan.

Meski begitu, kesuksesan Erik ten Hag tidak serta-merta dapat diraih dengan mengandalkan catatan mentereng di masa lampau saja.

Baca Juga

Harus ada faktor-faktor penunjang dari Manchester United sendiri untuk mendukung segala sepak terjangnya bersama klub ini, sebagaimana diungkapkan oleh Sir Alex Ferguson.

Sebagai salah satu manajer legendaris dan tersukses Manchester United, Fergie tentu paham betul formula yang harus dipakai para penerusnya untuk sukses. Salah satunya adalah kontrol.

“Saya harap dia melakukan tugasnya dengan baik karena klub butuh orang yang bisa mengontrol,” ucap Fergie kepada RTE Racing.

Baca Juga

Ya, kontrol merupakan elemen penting yang sebaiknya dimiliki para pelatih kepala ketika mengurus sebuah tim.

Bahkan, salah satu legenda Manchester United yakni Roy Keane pernah menyoroti bagaimana klub-klub besar seperti Liverpool dan Manchester City memberi kontrol terhadap segala hal kepada sang manajer.

“Seperti Jurgen [Klopp], Pep [Guardiola], dan [Thomas] Tuchel, apa yang pasti Anda inginkan sebagai manajer? Kekuatan dan kontrol,” ucap Roy Keane seperti diwartakan Manchester Evening News.

Baca Juga

Sayangnya di Manchester United saat ini Ralf Rangnick tidak mendapatkannya. Padahal, dukungan penuh klub terhadap manajer yang mereka rekrut pada dasarnya sangatlah penting.

“Mereka harus mendukung dari belakang, memberi kekuatan dan kontrol, termasuk [mengambil] keputusan besar terkait transfer,” kata Roy Keane lagi.

 

2. Erik ten Hag Harus Didukung

Erik ten Hag hanya tinggal menunggu waktu memulai tugas barunya sebagai juru taktik klub Liga Inggris, Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer.

Hanya saja, yang sering terjadi sekarang adalah keinginan maupun rekomendasi pelatih/manajer tidak terlalu digubris para petinggi klub.

Nah, hini pun juga dirasakan betul oleh Roy Keane berdasarkan pengamatannya selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

“Ada orang-orang di atas sana yang membuat keputusan soal perekrutan dan itu membuat banyak berbalik. Manajer harus diberi kesempatan bicara banyak,” jelasnya.

Jadi, resep ampuh yang bisa membantu Erik ten Hag sukses di Manchester United adalah kebebasan dan kepercayaan dari manajemen, serta full control terhadap apa yang ia inginkan untuk timnya.

Karena bagaimanapun juga, ia adalah juru taktik yang meramu tim, memilih pemain A sampai Z yang dianggapnya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Baca Juga

Tentu saja, para petinggi klub punya masalahnya sendiri, yang biasanya lebih beraroma bisnis dan ‘hitung-hitungan’.

Akan tetapi, terlepas dari itu, kepercayaan terhadap manajer adalah harga mati yang sebaiknya tidak dinegosiasikan.

Manchester United sendiri, berikut para suporter setianya, pun layak berharap banyak kepada Erik ten Hag dengan sepak terjangnya yang impresif bersama Ajax.

Baca Juga

Gayanya sejauh ini lebih mengutamakan tekanan penuh agresivitas, serta memainkan sepak bola menyerang.

Selain itu, ia juga seorang pelatih yang bakal dengan senang hati memberi kesempatan para pemain mudanya untuk unjuk gigi.

Manchester UnitedSir Alex FergusonRoy KeaneLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini