x

Deretan Rekor Mencengangkan yang Tercipta di Final Piala FA Chelsea vs Liverpool

Minggu, 15 Mei 2022 09:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
James Milner dan Jordan Henderson di final Piala FA 2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

INDOSPORT.COM - Partai final Piala FA antara Chelsea vs Liverpool, Sabtu (14/05/22) malam WIB berakhir sangat dramatis.

Kedua tim yang sama-sama bermain buntu dalam 2x45 menit waktu normal, harus menguras tenaga ekstra demi terciptanya sebuah gol.

Baca Juga

Baik The Blues maupun The Reds tidak bisa memanfaatkan kesempatan mereka dengan maksimal untuk menjebol gawang satu sama lain.

Bahkan, The Reds yang terlihat ngegas sepanjang pertandingan sempat ‘dikerjai’ tiang gawang The Blues yang mementalkan bola mereka bak terkena jampi-jampi.

Pertandingan yang ternyata harus dilanjut dengan perpanjangan waktu pun membuat Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel harus memutar otak dengan sebaik-baiknya agar bisa memecah kebuntuan para pemain mereka.

Baca Juga

Jurgen Klopp pun melakukan perubahan dengan memasukkan Joel Matip menggantikan Virgil van Dijk, disusul Roberto Firmino yang menggantikan Luis Diaz.

Sementara itu, Thomas Tuchel juga memasang Cesar Azpilicueta dan Ruben Loftus-Cheek saat 15 menit kedua babak perpanjangan waktu.

Akan tetapi, tidak ada satu pun gol yang tercipta hingga permainan berlanjut ke adu penalti. Sayangnya, Chelsea tertinggal setelah eksekusi Cesar Azpilicueta sebagai algojo kedua membentur tiang gawang.

Baca Juga

Namun, kedudukan menjadi imbang 4-4 setelah eksekutor kelima Liverpool, Sadio Mane, digagalkan Edouard Mendy.

The Blues kembali di ujung tanduk setelah Mason Mount yang jadi algojo ketujuh bisa digagalkan Alisson Becker.


1. Jordan Henderson Luar Biasa

James Milner dan Jordan Henderson di final Piala FA 2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

Liverpool akhirnya memenangi trofi Piala FA musim ini dan menjaga asa quadruple, setelah Kostas Tsimikas menundukkan Edouard Mendy untuk mengubah skor menjadi 6-5.

Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa pertandingan final Piala FA antara Chelsea vs Liverpool tadi malam memang menguras fisik dan juga mental.

Baca Juga

Akan tetapi, di sisi lain penonton mendapat suguhan pertandingan yang panas dan menegangkan. Bahkan, sederet rekor dan catatan hebat pun tercipta setelah Liverpool memenangkan gelar Piala FA 2022.

Dirangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan fakta, berikut sejumlah rekor dan catatan tersebut.

Jordan Henderson

Dari bocah Sunderland menjadi pahlawan Liverpool, mungkin julukan yang tepat untuk pemain yang satu ini.

Baca Juga

Ditunjuk sebagai kapten menggantikan Steven Gerrard, Jordan Henderson mendapat berkah luar biasa yang bahkan tidak pernah Stevie G raih sepanjang kariernya bersama Liverpool.

Apalagi kalau bukan mengangkat trofi Liga Inggris yang sudah mereka idam-idamkan selama kurang lebih tiga dekade.

Kini, Jordan Henderson pun menjelma sebagai kapten pertama Liverpool sepanjang sejarah yang mengangkat enam trofi berbeda.

Baca Juga

Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, Piala Liga Inggris, dan Piala FA sudah berhasil digondolnya sebagai seorang leader.

Raihan Jordan Henderson ini pun sama seperti milik Jurgen Klopp yang sudah mengoleksi enam gelar berbeda bersama Liverpool.

 

2. Rekor, Catatan, dan Fakta Lain

James Milner dan Jordan Henderson di final Piala FA 2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

Jurgen Klopp

Ya, pelatih asal Jerman tersebut memang sukses besar bersama Liverpool, klub yang masih akan jadi rumahnya hingga tahun 2026 mendatang.

Dedikasinya yang cukup panjang untuk Liverpool-lah yang membawanya pada kejayaan meraih banyak trofi. Bahkan, sampai menyamai catatan milik Sir Alex Ferguson.

Baca Juga

Jurgen Klopp adalah manajer kedua di Inggris setelah Sir Alex yang berhasil menyumbang trofi Premier League, Piala Liga, Piala FA, dan Liga Champions bersama klub yang sama.

Adu Penalti

Berlangsung seru dan menegangkan, partai semalam merupakan final Piala FA ketiga sepanjang sejarah yang dilangsungkan sampai babak adu penalti.

Sebelumnya, Liverpool juga harus melakoni momen mendebarkan tersebut saat berlaga di final edisi 2006 melawan West Ham United.

Baca Juga

Sementara yang satunya lagi, terjadi di partai final Arsenal vs Manchester United pada edisi 2005 silam.

Thiago Silva

Thiago Silva menjadi pemain outfield tertua yang berada di lapangan saat laga final Piala FA, dengan usia 37 tahun 234 hari.

Menurut data dari OptaJoe, bek asal Brasil tersebut memecahkan rekor milik Stanley Matthews (38 tahun) yang bermain untuk Blackpool di final 1953.

Baca Juga

Para Kiper

Seperti diwartakan laman Planet Football, Alisson Becker dan Edouard Mendy menjadi kiper yang berhasil menjaga clean sheet di final Liga Champions dan Piala FA setelah Ray Clemence (Liverpool).

Mason Mount

Kalah di partai puncak Piala FA 2022, Mason Mount mencatatkan rekor minus dan nasib buruk di Wembley. Ia sudah kalah lima kali di final yang digelar di stadion ini baik bersama Chelsea maupun Timnas Inggris.

LiverpoolChelseaPiala FALiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini