x

Banyak Rekrut Pemain Bintang, 3 Klub Liga 1 dengan Status Los Galatico Sejauh Ini

Selasa, 17 Mei 2022 13:45 WIB
Editor: Juni Adi
Arema fc perkenalkan kloter pertama dari empat pemain baru musim ini. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

INDOSPORT.COM -  Sebanyak tiga klub Liga 1 banyak mendatangkan pemain bintang pada bursa transfer kali ini, sehingga mereka dijuluki sebagai tiim Los Galaticos.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, dalam beberapa bulan lagi akan segera dimulai tepatnya 27 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 musim depan. 

"Liga 1 mudah-mudahan 27 Juli sudah Kick off," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di sela-sela acara HUT PSSI di Stadion GBK beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, sebelum kompetisi Liga 1 bergulir, PSSI berencana akan lebih dulu menggelar turnamen pramusim.

Baca Juga

Di mana seperti tahun-tahun sebelumnya, turnamen pramusim menjadi ajang pemanasan setiap klub sebelum bertarung di kompetisi sesungguhnya.

Namun sebelum menyongsong pramusim, klub-klub peserta Liga 1 saat ini tengah disibukan dengan agenda jual beli pemain di bursa transfer.

Banyak klub yang sudah bergerak cepat untuk mengamankan pemain incarannya. Beberapa di antaranya bahkan tidak segan merekrut pemain-pemain bintang dengan kekuatan finanasial, demi bisa bersaing merebut gelar.

Baca Juga

Biasanya tim tersebut dijuluki sebagai tim Los Galacticos. Sebuah julukan untuk klub raksasa Real Madrid, yang bermakna sebuah galaxy penuh bintang. 

Klub Liga 1 mana saja yang sejauh ini mendapat predikat Los Galactico karena banyaknya merekrut pemain bintang?


1. Arema FC

Skuat Arema FC mulai latihan. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

Arema FC menjadi salah satu tim paling sibuk di bursa transfer Liga 1 kali ini. Bagaimana tidak, baru selesai kompetisi musim lalu, mereka sudah bergerak mencari pemain baru.

Di bawah pimpinan Presiden Klub, Gilang Widya Pramana alias Juragan 99, Arema FC bergeliat mendatangkan banyak pemain berlabel bintang.

Baca Juga

Langkah awal sudah dilakukan dengan mendatangkan Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola dan Rendika Rama. Empat pemain tersebut sudah diperkenalkan kepada awak media beberapa waktu lalu.

Tak lama berselang, tim berjuluk Singo Edan itu kembali memperkenalkan rekrutan pemain kloter kedua yang juga diisi banyak pemain bintang.

Ada tiga nama pemain baru yang diperkenalkan. Mereka adalah Hanis Sagara, Ilham Udin Armayn dan Hasim Kipuw.

Baca Juga

Belum puas, Arema FC kembali mencari pemain baru jelang libur lebaran. Kloter ketiga mereka perkenalkan, di antaranya ada Irsyad Maulana dan Syaeful Anwar.

Setelah mendatangkan 9 pemain anyar, Arema FC dikabarkan bakal menggelar karpet merah kedatangan pemain baru lagi.

Penambahan pemain anyar ini diyakini bakal menjadi kekuatan baru Arema Fc menyongsong Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Manajer tim Arema FC, Ali Rifki memberi sinyal bakal mendatangkan pemain muda berbakat atau wonderkid ke tim berjuluk Singo Edan ini, bersama striker asing baru dalam perkenalan pemain kloter keempat.

Gilang Widya Pramana menegaskan kali ini mereka membuat persiapan yang lebih matang. Kebutuhan pelatih akan komposisi tim yang tangguh tengah dipenuhi.

Dana juga disiapkan untuk mengarungi kompetisi satu musim ke depan. Tentunya, target juara yang dibebankan manajemen di musim ini.

“Kami gerak cepat sesuai dengan keinginan Aremania. Ketika tim lain sedang santai, kami menyiapkan rencana. Dimulai dari dipertahankannya pelatih Eduardo Almeida," tuturnya,

"Lalu kami penuhi tim. Sekarang kami punya tekad lebih dan keyakinan musim ini Arema FC bisa juara,” tegas pengusaha bus pariwisata itu.


2. Persis Solo

Beto Goncalves melakukan selebrasi usai membobol gawang Sriwijaya FC

Tak hanya Arema FC yang jor-joran di bursa transfer Liga 1 dalam merekrut pemain, tim promosi musim depan Persis Solo juga melakukan hal serupa.

Jelang bergulirnya Liga 1 2022, Persis Solo turut memanaskan di bursa transfer dengan merekrut sejumlah pemain tenar.

Baca Juga

Bahkan, di antara rekrutan anyar Persis Solo, ada pemain lokal berlabel Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Persis Solo baru saja mendatangkan mantan striker Persebaya Surabaya, Samsul Arif. Kemudian disusul kiper muda M Riyandi.

Setelahnya, dua pemain baru kembali diresmikan. Mereka yakni Sutanto Tan dan Gialuca Pandeynuwu. Selain itu, ada juga bek naturalisasi kawakan Fabiano Beltrame.

Baca Juga

Dan juga ada Alfath Fathier yang pernah jadi andalan Timnas Indonesia era Luis Mila dan Madura United.

Sementara untuk lini depan nama-nama tenar lain adalah Irfan Bachdim, Ferdinand Sinaga, Irfan Jauhari dan rumor terbaru akan ada Marko Simic.

Persib Bandung

Terakhir ada Persib Bandung. Tim kebanggaan Bobotoh ini juga cukup aktif dalam merekrut pemain, dengan langkah yang sangat baik.

Baca Juga

Sebagai langkah awal, mereka bergerak senyap mendatangkan dua penggawa andalan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Beberapa waktu berselang, Persib Bandung kembali mengumumkan rekrutan barunya yakni David Rumakiek dan Ciro Alves.

Nama-nama di atas sudah cukup mentereng kiprahnya. Belum lagi Persib sudah mempunyai skuad yang mumpuni, seperti Ezra Walian, Marc Klok, Teja Paku Alam hingga David da Silva.

Kendati sudah mendatangkan beberapa pemain baru, namun manajemen Maung Bandung mengisyaratkan akan menambah pemain baru lagi.

Pencarian pemain untuk slot asing Asia dan pemain lokal masih dilakukan. Apalagi Persib juga sudah kehilangan dua pemainnya yaitu Ardi Maulana dan Saiful.

Robert Alberts menegaskan, calon pemain yang akan menggantikan posisi Saiful dan Ardi Maulana kemungkinan besar berasal dari Jawa Barat.

"Jadi kami masih akan mencari dua pemain lokal lagi dan kami memprioritaskan pemain Diklat atau untuk pemain dari kawasan Jawa Barat," ungkap Robert Alberts.

Kebijakan Persib merekrut banyak pemain bintang tidak lepas dari jadwal padat yang akan mereka hadapi musim depan, dimana salah satunya berkiprah di level Asia, Piala AFC.

Maka dari itu kedalaman skuad yang seimbang menjadi hal wajib untuk Persib agar bisa melakukan rotasi pemain dengan baik.

Bursa TransferPSSILiga IndonesiaLiga 1TRIVIABerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini