x

Hasil Final Liga Champions 2022: Liverpool Lengah, Gol Vinicius Jr Bawa Real Madrid Juara!

Minggu, 29 Mei 2022 04:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Real Madrid saat mengangkat gelar Liga Champions 2021/22. REUTERS/Lee Smith)(Foto:

INDOSPORT.COM – Berikut merupakan hasil pertandingan final Liga Champions 2022 antara Liverpool vs Real Madrid di Stade de France pada Minggu (29/05/22).

Selepas penundaan selama nyaris 45 menit, Liverpool dan Real Madrid pun memainkan laga final Liga Champions 2022 di Stade de France.

Baca Juga

Liverpool langsung mencoba mengurung pertahanan dengan menempatkan tiga pemain penyerang yang langsung menekan pertahanan Real Madrid yang kali ini diisi oleh duo Eder Militao dan David Alaba.

Blunder nyaris terjadi, ketika kiper Real Madrid, Thibaut Courtois terus ditekan oleh lini depan Liverpool. Beruntung, kiper timnas Belgia ini masih bisa memberikan umpan ke depan.

Peluang pertama Liverpool pun diperoleh manakala Sadio Mane berhasil menusuk pertahanan Real Madrid. Sayangnya, peluang ini gagal karena penyerang Senegal ini terjebak offside.

Baca Juga

Dalam 15 menit pertama, baik Liverpool dan Real Madrid belum menemukan pola terbaiknya dan masih nampak mencari celah pada lawan masing-masing.

Semenit kemudian, satu penyelamatan gemilang mampu dibuat oleh kiper Real Madrid, Thibaut Courtois dengan menggagalkan peluang penyerang Liverpool, Mohamed Salah hasil umpan dari Trent Alexander-Arnold.

Mohamed Salah benar-benar jadi ancaman Real Madrid kali ini usai tembakannya kembali menyulitkan Thibaut Courtois di bawah mistar gawang.

Baca Juga

Liverpool kembali mengancam, ketika tembakan keras Sadio Mane menerpa mistar gawang Real Madrid. Bola muntah kemudian mampu ditangkap oleh Thibaut Courtois pada menit ke-20.

Real Madrid baru bisa keluar dari tekanan ketika usaha pemain sayap asal Brasil, Vinicius Junior dalam melepas umpan masih bisa ditangkap oleh kiper Liverpool, Alisson Becker pada menit ke-24.


1. Babak Kedua

Proses gol Vinicius Jr di final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid (29/05/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Selang 10 menit kemudian, Liverpool kemudian mendapatkan peluang melalui tandukan Mohamed Salah yang lagi-lagi masih bisa dibendung kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

Real Madrid sempat membuat gol pada menit ke-43 ketika peluang Karim Benzema yang kemudian dianulir wasit karena offside.

Baca Juga

Laga babak pertama final Liga Champions 2022 antara Liverpool vs Real Madrid usai dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Liverpool masih mencoba untuk menekan dengan memasang tiga penyerangnya, Luis Diaz, Sadio Mane, dan Mohamed Salah untuk melawan empat bek Real Madrid.

Namun demikian, Real Madrid mencoba untuk mengambil inisiatif untuk keluar dari tekanan dengan mencoba beberapa umpan langsung ke depan.

Baca Juga

Satu peluang pertama dibuat Liverpool pada menit ke-54 melalui umpan Trent Alexander-Arnold yang masih mampu ditepis oleh Thibaut Courtois di mulut gawang Real Madrid.

Petaka kemudian menghampiri Liverpool ketika ruang di sisi kiri mampu dimanfaatkan Federico Valverde untuk memberi umpan.

Vinicius Junior yang berada dalam posisi bebas mampu memanfaatkan umpan menjadi gol pada menit ke-59.

Baca Juga

Tertinggal satu gol, Liverpool kemudian mencoba menekan Real Madrid melalui pergerakan Mohamed Salah.

Sayangnya, tembakan Mohamed Salah masih mampu dibendung oleh kiper Real Madrid, Thibaut Courtois yang pada pertandingan kali ini tampil gemilang.


2. Susunan pemain Liverpool vs Real Madrid

Thibaut Courtois melakukan penyelamatan gemilang di laga Liverpool vs Real Madrid (29/05/22). (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Ancaman kembali hadir dari Liverpool ketika Mohamed Salah mampu lepas dari kawalan di tengah bola umpan Diogo Jota yang bergulir bebas.

Namun, kiper Real Madrid, Thibaut Courtois mampu menyelamatkan bola sepakan salah dengan memasang kakinya tepat di sudut kiri gawang.

Baca Juga

15 menit jelang babak kedua usai, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp berusaha menambah daya gedor dengan menyiapkan penyerang Brasil, Roberto Firmino.

Tekanan Liverpool kemudian membuat Real Madrid berusaha bertahan dengan menumpuk pemain di depan kotak penalti.

Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois kembali jadi juru selamat ketika mampu menyelamatkan peluang emas dari penyerang Liverpool, Mohamed Salah yang sudah berdiri bebas selepas menerima umpan dari lini tengah.

Baca Juga

Jelang akhir laga, justru Real Madrid mampu sedikit keluar dari tekanan dan mencoba menguasai bola dengan tenang.

Namun demikian, Liverpool juga tak hilang akal dengan mencoba menekan melalui kecepatan Sadio Mane.

Hingga pertandingan usai, Real Madrid mampu mempertahankan keunggulan 1-0 atas Liverpool

Susunan pemain Liverpool vs Real Madrid

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold. Konate, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Thiago; Mane, Salah, Diaz

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Alaba, Mendy; Modric, Kroos, Casemiro; Vinicius Jr, Benzema, Valverde

Real MadridLiverpoolLiga ChampionsHasil PertandinganVinicius Junior

Berita Terkini