x

3 Hal Menarik yang Buat Laga Finalissima Italia vs Argentina Terasa Spesial

Rabu, 1 Juni 2022 15:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB. Foto: Photo by Claudio Villa/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB.

Finalissima merupakan ajang yang mempertemukan juara Euro dengan kampiun Copa America, yang merupakan agenda CONMEBOL–UEFA Cup of Champions.

Baca Juga

Sebagai informasi, partai Italia vs Argentina nanti malam merupakan edisi ketiga yang digelar setelah 29 tahun lamanya.

Sebelum ini, Finalissima atau yang awalnya dikenal dengan nama Piala Artemio Franchi, terakhir kali digelar pada tahun 1993 dan menelurkan Argentina sebagai juaranya.

Setelah itu, ajang ini ditiadakan dan FIFA selaku badan tertinggi sepak bola kemudian membentuk Piala Konfederasi sebagai gantinya.

Baca Juga

Kini pada tahun 2022, Italia dan Argentina adalah dua timnas terbaik di Eropa dan Amerika Selatan, yang siap bertarung demi menjadi yang terbaik.

Pertemuan Dua Tim Terbaik Eropa dan Amerika Selatan

Timnas Italia, tampil sebagai juara Euro 2020 setelah tampil hebat di turnamen sepak bola negara-negara Eropa empat tahunan tersebut.

Mereka menumpas perlawanan Inggris di final yang diselenggarakan di Wembley lewat drama adu penalti yang menegangkan.

Baca Juga

Tim eksekutor yang berisi lima pemain andalan Roberto Mancini pun mengungguli anak-anak asuh Gareth Southgate 3-2 di tendangan titik putih.

Ini adalah gelar Euro kedua Timnas Italia sepanjang sejarah, setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 1968.


1. Alasan Lain

Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB. Foto: Photo by Claudio Villa/Getty Images.

Timnas Argentina, merupakan kampiun Copa America 2021 usai menekuk tipis Brasi di final dengan skor 1-0.

Angel Di Maria menjadi satu-satunya pencetak gol di pertandingan tersebut dan membawa Argentina juara lagi setelah penantian delapan tahun.

Baca Juga

Gelar tersebut pun menjadikan Argentina sama kuat dengan Uruguay sebagai tim tersukses sepanjang sejarah Copa America.

Masing-masing mereka kini sudah mengantongi gelar juara sebanyak 15 kali, namun Argentina masih di atas angin sebagai runner-up (14 kali, Uruguay 6 kali).

Tidak ayal, pertandingan Italia vs Argentina pada tahun 2022 ini diprediksi berlangsung seru lantaran menghadirkan dua tim terhebat di benua mereka.

Baca Juga

Perpisahan Giorgio Chiellini

Legenda Juventus, Giorgio Chiellini, sudah mengumumkan mundur dari Timnas Itala beberapa waktu lalu.

Ia pun secara tegas menyebut partai kontra Argentina di Finalissima 2022 sebagai laga terakhirnya berseragam Gli Azzurri.

Namun ia mengaku senang bisa mengakhiri masa baktinya bersama Timnas Italia dengan menghadapi salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Lionel Messi.

Baca Juga

“Senang bisa memainkan laga terakhir saya di timnas melawannya,” ucap Giorgio Chiellini kepada UEFA.com seperti diwartakan Sky Sports.

Meski harus menyudahi tugas negara bersama Italia, bek berusia 37 tahun tersebut juga merasa apa yang diperolehnya selama ini sudah lebih dari cukup.

 

2. Panggung Timnas Italia

Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB. Foto: Photo by Claudio Villa/Getty Images.

“Tentu saja, semua lebih hebat daripada yang saya bayangkan. Ketika Anda kecil, Anda bermimpi bisa bermain untuk timnas,” ucapnya lagi.

Giorgio Chiellini pun sangat mensyukuri apa yang telah ia raih selama berseragam Timnas Italia, mulai dari bermain di banyak pertandingan hingga mengangkat trofi sebagai kapten.

Baca Juga

“Saya bahagia dan merasa bangga dengan pencapaian saya selama berkarier,” ucap sosok yang sudah 22 tahun membela Timnas Italia ini.

Ajang Bangkit

Selain itu, pertandingan Finalissima 2022 antara Italia vs Argentina bakal jadi panggung untuk anak-anak asuh Roberto Mancini bangkit dari keterpurukan usai gagal melaju ke Piala Dunia Qatar 2022.

Ya, raja sepak bola Eropa yang gagal ke Piala Dunia, sungguh istilah yang berat didengar siapa pun di Timnas Italia saat ini.

Baca Juga

Bahkan, kegagalan tersebut juga sangat disayangkan oleh Lionel Messi dan pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaroni.

"Mereka adalah juara Eropa dan menang setahun yang lalu. Mereka adalah negara papan atas yang telah melakukan segalanya dengan benar," ucap Scaroni seperti dilasir Football Italia.

Oleh karena itu, ia pun yakin Roberto Mancini akan menyiapkan skuat berisi para pemain hebat untuk menghadapi Argentina di Finalissima 2022.

Baca Juga

Mereka yang akan dipasang, menurut Scaroni, tidak akan jauh berbeda dari yang ada sekarang, terlepas dari kabar perombakan besar-besaran yang akan dilakukan Mancini.

Partai Finalissima 2022 Italia vs Argentina akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Rabu (1/6/22) malam waktu setempat atau Kamis dini hari pukul 01.45 WIB.

ItaliaArgentinaRoberto ManciniGiorgio ChielliniBola InternasionalOne FootballFinalissima 2022

Berita Terkini