x

Hasil UEFA Nations League 2022, Spanyol vs Portugal: Cristiano Ronaldo Cadangan, Derby Iberia Imbang

Jumat, 3 Juni 2022 04:09 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo saat membela Timnas Portugal

INDOSPORT.COM – Timnas Spanyol dan Portugal berbagi poin usai bermain imbang 1-1 dalam laga grup A2 UEFA Nations League 2022 pada hari Jumat (03/06/22).

Laga grup A2 UEFA Nations League 2022 mempertemukan Timnas Spanyol vs Timnas Portugal di Stadion Benito Villamarin pada hari Jumat (03/06/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam laga ini, Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol tak mau mengambil risiko dengan menurunkan beberapa pemain terbaik.

Sebut saja bek Villarreal, Pau Torres dan dua pilar Barcelona, Gavi dan Ferran Torres.

Sementara itu, pelatih Portugal, Fernando Santos mencoba formula baru di lini depan dengan menjajal trio Bernardo Silva, Andre Silva, dan pemain AC Milan, Rafael Leao.

Baca Juga

Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo duduk di bangku cadangan pada laga kali ini dan baru turun di babak kedua.

Timnas Spanyol mencetak gol lebih dulu pada menit ke-25 oleh eks Juventus, Alvaro Morata, sementara timnas Portugal baru mampu membalas melalui Ricardo Horta pada menit ke-82.

Berikut rangkuman jalannya pertandingan, seperti disarikan INDOSPORT dari laman resmi UEFA.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo sendiri tak dapat turun dalam laga kali ini karena masalah pada panggul yang membuatnya diistirahatkan sementara oleh pelatih Portugal, Fernando Santos.

Untuk menggedor pertahanan Spanyol, Seleccao das Quinas mengandalkan pemain terbaik Liga Italia, musim 2021/2022, Rafael Leao yang turun di sayap kanan.


1. Portugal Tertekan oleh Spanyol

Pedri, pemain Timnas Spanyol.

Meskipun demikian, justru gawang Portugal yang pada laga ini dikawal kiper FC Porto, Diego Costa lebih banyak mendapat tekanan dari Spanyol dengan komando pelatih Luis Enrique.

Portugal sempat mendapat peluang emas yang kemudian gagal diselesaikan oleh penyerang AC Milan, Rafael Leao.

Baca Juga

Spanyol yang pada pertandigan UEFA Nations League kali ini dikomandoi Gavi sebagai jenderal lapangan tengah mencoba melancarkan umpan-umpan yang kemudian membuahkan gol pertama.

Penyerang Barcelona, Ferran Torres mampu membuat ruang usai menerima umpan dari Gavi yang kemudian diteruskan kepada Alvaro Morata.

Alvaro Morata mampu mencetak gol pertama untuk timnas Spanyol usai tembakannya tak mampu dibendung kiper Portugal, Diego Costa.

Baca Juga

Portugal baru bisa tampil lebih percaya diri ketika memasuki babak kedua dengan tekanan mampu dilancarkan oleh Andre Silva dan Rafael Leao di lini depan.

Gagal mencetak gol hingga nyaris pertengahan babak kedua, Portugal kemudian menyiapkan Cristiano Ronaldo untuk turun dalam pertandingan ini.

Di sisi lain, Spanyol pun berusaha untuk menambah keunggulan dengan peluang yang dihasilkan oleh Jordi Alba dan Alvaro Morata.

Baca Juga

Portugal kemudian baru dapat menyamakan kedudukan 10 menit jelang pertandingan melawan timnas Spanyol usai melalui usaha Ricardo Horta.

Gol ini tercipta diawali dari pergerakan bek sayap Manchester City, Joao Cancelo yang membuat penyerang Sporting Braga, Ricardo Horta lepas dari kawalan dan menjebol gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.


2. Susunan pemain Spanyol vs Portugal

Rafael Leao merayakan golnya di Laga AC Milan vs Atalanta (REUTERS/Daniele Mascolo)

Spanyol yang tak mau laga berkahir imbang mencoba menekan dengan membuat satu peluang besar melalui Jordi Alba.

Namun, peluang Alba ini gagal menjebol gawang Portugal yang dikawal Diego Costa, sehingga pertandingan usai dengan skor 1-1.

Dengan hasil ini, timnas Spanyol dan Portugal berada di posisi kedua dan ketiga grup A2 di bawah Republik Ceko yang mampu memenangi laga perdana UEFA Nations League 2022 atas Swiss.

Susunan pemain Spanyol vs Portugal

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Azpilicueta, Llorente, Pau Torres, Alba; Soler, Busquets, Gavi; Ferran Torres, Morata, Sarabia

Portugal (4-3-3): Diego Costa; Cancelo, Pepe, Danilo. Guerreiro; Fernandes, Moutinho, Otavio; Rafael Leao, Andre Silva, Bernardo Silva

PortugalBola InternasionalTim Nasional SpanyolUEFA Nations League

Berita Terkini