x

Liga 1: Belum Sebulan Melatih PSM, Pelatih Portugal Sudah 'Dikerjai' Wasit

Jumat, 3 Juni 2022 13:55 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mulai mendapat kesan buruk dari kinerja wasit Indonesia meski baru melakoni dua laga uji coba pramusim.

Sejak menggelar latihan perdana menyambut musim baru pada 11 Mei lalu, Pasukan Ramang telah menggelar empat uji coba untuk menyusun kerangka skuat.

Baca Juga

Ada pun dua uji coba awal berlangsung di Bosowa Sport Center, Makassar, melawan klub Liga 3, yakni Persim Maros (4-0) dan OTP 37 FC (1-1).

Sementara dua laga uji coba selanjutnya diadakan di markas lawan, yakni Stadion Jatidiri milik PSIS Semarang, dan Indomilk Arena, kandang dari Persita Tangerang.

Menghadapi sesama kontestan Liga 1 2022-2023, hasil yang diraih PSM Makassar terbilang kurang memuaskan setelah digebuk 1-2 oleh Laskar Mahesa Jenar dan imbang 1-1 kontra Pendekar Cisadane.

Baca Juga

Sejatinya, Bernardo Tavares tak ingin ambil pusing dengan hasil akhir pada empat uji coba pramusim Liga 1 2022-2023 tersebut. Sebab dirinya fokus untuk mengembangkan skuat PSM Makassar.

Namun, juru taktik asal Portugal ini justru menemukan kesan negatif, khususnya dalam laga uji coba pamungkas kontra Persita Tangerang di Indomilk Arena, Rabu (1/6/22) sore.

“Saya tak menyangka akan berbicara seperti ini tapi berhubung performa Everton dipertanyakan, maka saya harus mengatakannya,” ungkap Tavares.

Baca Juga

“Pada babak pertama tadi, wasit melihat jelas bek Persita Tangerang yang bernomor punggung 50 menghadang Everton yang berlari ke dalam kotak penalti,” paparnya.

Momen tersebut rupanya membuat Bernardo Tavares dongkol karena Everton Nascimento de Mendonce bisa saja menjebol gawang Pendekar Cisadane dan sekaligus menjadi gol perdananya untuk PSM Makassar.


1. Tuding Wasit Bermain Mata

Striker asing anyar klub Liga 1 PSM Makassar, Everton Nascimento de Mendonca, dijegal dua pemain Persita Tangerang dalam uji coba pramusim di Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (01/06/22).

Lebih lanjut, Bernardo Tavares menuding kalau wasit Mustafa Umarela telah bermain mata agar Persita Tangerang terhindar dari kekalahan melawan PSM Makassar.

“Saya paham apa yang dipikirkan wasit mengingat kami telah unggul 1-0 dan bermain di markas mereka, sehingga tak ingin membuat skor semakin besar,” tutur pelatih berlisensi UEFA Pro ini.

Baca Juga

“Tapi tak ada masalah dan saya juga enggan terlalu membahasnya karena terkadang kinerja wasit tak bagus, begitu pula pemain dan pelatih. Ya inilah sepak bola,” tutup Tavares.

Baca Juga

Pasca beruji coba kontra PSIS Semarang dan Persita Tangerang, Bernardo Tavares meliburkan skuat PSM Makassar selama dua hari sebelum kembali berlatih untuk menyambut Liga 1 2022-2023 dan Piala AFC 2022.

Persita TangerangPSM MakassarWasitLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballBernardo Tavares

Berita Terkini