x

Bedah Formasi Liverpool dengan Pemain Berdarah Timor-Leste namun Tanpa Salah dan Mane

Minggu, 5 Juni 2022 14:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bakal seperti apa jadinya Liverpool tanpa Mohamed Salah dan Sadio Mane? Foto: Phil Noble/Pool via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Menerawang formasi Liverpool setelah kedatangan pemain berdarah Timor-Leste, Fabio Carvalho, namun ditunggal Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Seperti diketahui, The Reds telah memburu Fabio Carvalho (Fulham) sejak bursa transfer Januari lalu tapi gagal mendaratkannya karena kendala administrasi.

Baca Juga

Namun raksasa Liga Inggris tersebut patut bersyukur lantaran hasrat mereka mendatangkan pemain yang satu ini akhirnya dapat terwujud.

Masih berusia 19 tahun, Fabio Carvalho tentu bisa menjadi aset masa depan Liverpool yang sangat berharga.

Selain muda, ia juga bisa bermain sebagai winger maupun gelandang bertahan. Jelang bergabung ke tim utama, pemain yang mendapat nomor punggung 28 ini akan berpartisipasi di agenda pramusim Liverpool.

Baca Juga

Ajang ini pun jadi kesempatan besar Fabio Carvalho untuk unjuk gigi bersama klub barunya sebelum menghadapi musim 2022-2023.

Meski mendapat amunisi yang sudah diidam-idamkan, Liverpool masih bakal sakit kepala lantaran dua andalannya di lini serang, Mohamed Salah dan Sadio Mane, sedang dikaitkan dengan pintu keluar Anfield.

Kabar tentang masa depan Salah dan Mane belakangan memang santer dibicarakan apalagi setelah kekalahan Liverpool di Liga Champions.

Baca Juga

Bahkan, nama yang kedua belum lama ini membuat heboh publik karena mengatakan dirinya bisa saja angkat kaki dari Liverpool apabila masyarakat Senegal menginginkannya.

Untuk sekarang ini, Mane ramai dikabarkan akan merapat ke raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen.


1. Pertahanan

Bakal seperti apa jadinya Liverpool tanpa Mohamed Salah dan Sadio Mane? Foto: Phil Noble/Pool via Getty Images.

Lantas, bakal seperti apa formasi Liverpool jika nanti Fabio Carvalho dipasang sebagai starter namun di sisi lain Mohamed Salah dan Sadio Mane absen dari line up?

Kiper

Tentu saja posisi ini masih akan dipercayakan kepada Alisson Becker, yang sudah tampil begitu luar biasa sejak pertama bergabung dengan Liverpool.

Baca Juga

Penjaga gawang asal Brasil ini akan menatap masa depan yang lebih cerah bersama The Reds setelah meraih Golden Glove Liga Inggris 2021-2022.

Posisinya pun nampak sulit digusur oleh para cadangan seprti Adrian, Caoimhin Kelleher, dan bahkan Loris Karius.

Belakang

Susunan empat bek yang biasa dipasang Jurgen Klopp pun dipercaya tidak akan banyak berubah ke depannya.

Baca Juga

Virgil van Dijk masih tetap jadi andalan di lini pertahanan Liverpool berpartner dengan bek tengah lain seperti Ibrahima Konate atau Joel Matip.

Siapa pun partner yang akan dipasang bersama Virgil van Dijk nanti, diyakini memiliki plus dan minus masing-masing.

Meski begitu, Joel Matip diyakini banyak pihak, termasuk Jamie Carragher, lebih layak menjadi starter karena pengalamannya yang lebih banyak sekaligus pembawaannya yang tenang.

Baca Juga

Di sisi kanan dan kiri, masih akan dikuasai oleh duo Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson, yang tentunya sudah langganan bermain sejak menit pertama.

Kostas Tsimikas mungkin bisa jadi opsi Jurgen Klopp di sektor bek kiri, meski kansnya untuk menjadi starter jauh lebih tinggi di pertandingan-pertandingan piala seperti FA dan Piala Liga.

 

2. Tanpa Salah dan Mane

Bakal seperti apa jadinya Liverpool tanpa Mohamed Salah dan Sadio Mane? Foto: Phil Noble/Pool via Getty Images.

Fabio Carvalho sebagai Gelandang

Sebagai pemain yang baru datang, Fabio Carvalho pun bisa diplot sebagai deputi Thiago Alcantara di lini tengah Liverpool.

Thiago Alcantara sejatinya tampil cukup lumayan bersama Liverpool selama musim 2021-2022 meski terkadang dianggap angin-anginan dan rawan cedera.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, jika kondisinya musim depan tidak kunjung membaik, posisinya bisa diambil alih oleh sang anak baru.

Jika peran tersebut jatuh ke tangan Fabio Carvalho, nantinya ia bisa bermain bersama dua gelandang Liverpool yang langganan sebagai starter yakni Jordan Henderson dan Fabinho.

Trio Firmansah yang OTW Musnah

Selama beberapa waktu terakhir, Liverpool dikenal sebagai tim dengan kekuatan lini depan bernama trio Firmansah.

Baca Juga

Namun eksistensi Roberto Firmino yang mulai meredup membuat nasib trionya bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane kini berada di ujung tanduk.

Walaupun akan pecah kongsi juga pada akhirnya, trio Firmansah ini mungkin akan bubar sedikit lebih cepat dari perkiraan orang-orang.

Rasanya memang sulit membayangkan Liverpool tanpa Mohamed Salah dan Sadio Mane. Bayangan keduanya bakal cabut secara bersamaan atau sama-sama menghilang nampaknya masih sulit terlintas di benak ini.

Baca Juga

Hanya saja, apabila keduanya hengkang suatu hari nanti, Liverpool beruntung masih memiliki Diogo Jota, pemain yang posisinya bisa sangat fleksibel di lapangan.

Di sisi lain, pemain rumor transfer, Jarrod Bowen (West Ham), bisa menggantikan Mohamed Salah di sisi kanan, sedangkan Luis Diaz bermain di kiri.

LiverpoolMohamed SalahSadio ManeLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini