x

Lewandowski ke Barcelona, Dominasi Benzema di Liga Spanyol Bakal Terancam?

Senin, 18 Juli 2022 21:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi Robert Lewandowski pasca mencetak Hattrick di laga Bayern Munchen vs RB Salzburg (09/03/22). (Foto: REUTERS/Andreas Gebert)

INDOSPORT.COM – Kedatangan Robert Lewandowski ke Barcelona mungkin bisa mengancam dominasi penyerang Real Madrid, Karim Benzema, di kompetisi Liga Spanyol (LaLiga Spanyol) musim depan.

Seperti diketahui, Robert Lewandowski memutuskan meninggalkan Bayern Munchen dan gabung ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022.

Baca Juga

Barcelona sebelumnya mencapai kesepakatan dengan Bayern Munchen soal transfer Lewandowski setelah melalui negosiasi alot selama berminggu-minggu.

Raksasa Liga Spanyol tersebut bersedia menebus klausul pelepasan Lewandowski sebesar 50 juta euro atau setara Rp kepada Bayern Munchen.

Awalnya, Bayern memang tak mau melepas Lewandowski. Pasalnya, sang pemain masih terikat kontrak setahun lagi di Munchen dan memintanya menghormatinya.

Baca Juga

Namun, Lewandowski telah membulatkan tekad untuk pergi meskipun dia sempat ikut tur pramusim klub Bavarian ke Amerika Serikat.

Namun, mantan pemain Lech Poznan dan Borussia Dortmund ini akhirnya kembali ke Eropa karena akhirnya bisa pindah ke Spanyol untuk membela Barcelona.

Lewandowski memiliki rapor mentereng di Bayern Munchen. Dia mencatat 344 gol dan menyumbang belasan trofi, termasuk 8 gelar Bundesliga dan 1 gelar Liga Champions.

Baca Juga

Musim lalu saja, Lewandowski mampu mencatat 50 gol dan 7 assist dalam 46 penampilannya di semua kompetisi untuk Bayern Munchen.

Dengan dia berseragam Barcelona musim depan, bisakah Lewandowski mempertahankan torehannya di Bayern Munchen tersebut saat bermain di Liga Spanyol.


1. Torehan Benzema dan Lewandowski

Momen Karim Benzema saat mencetak gol lewat tendangan penalti di laga Real Madrid vs Manchester City

Jika bisa, maka ini akan menjadi ancaman bagi Karim Benzema yang musim lalu menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi kasta tertinggi Liga Spanyol, LaLiga.

Ya. Penggawa Real Madrid tersebut tampil dalam 32 laga, satu di antaranya sebagai pengganti di sepanjang musim 2021/2022.

Baca Juga

Dalam 2600 menit bermain di kompetisi liga dia mampu mencetak 27 gol, dan total 44 gol dari 46 penampilannya di semua ajang.

Tak hanya tajam dalam membobol gawang lawan, Benzema juga menyumbang 15 assist di semua kompetisi musim lalu. Catatan ini menjadikannya sebagai pencetak assist terbanyak di skuad Real Madrid.

Menegok kembali torehan kedua pemain tersebut dalam lima musim terakhir, seperti di lansir dari data Transfermarkt, Benzema memang terlihat mengalami peningkatan performa secara signifikan.

Baca Juga

Benzema pada musim 2017-2018 mencatat 12 gol dari 47 kali tampil, disusul musim berikutnya 30 gol dalam 53 kali tampil (2018/19), 27 gol dalam 48 kali tampil (2019/20), dan 30 gol dalam 46 kali tampil (2020/21).

Benzema disebut-sebut sebagai penyerang terbaik di dunia di 2022 setelah menjadi juara Liga Champions dan Liga Spanyol bersama Madrid musim lalu.

Sementara Lewandowski terlihat sangat konsisten mencetak 40 gol lebih dalam satu musim untuk Bayern Munchen. Pada musim 2017-18 dia mencatat 41 gol, 40 gol (2018/19), 55 gol (2019/20), dan 48 gol (2020/21).

Torehan ini menjadikan Benzema dan Lewandowski digadang-gadang bakal bersaing untuk merebut gelar pemain terbaik dunia The Best FIFA dan Ballon d'Or tahun ini.

Baca Juga

Dengan melihat perbandingan torehan tersebut, kedatangan Lewandowski ini tentunya bakal meramaikan lagi persaingan El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona.

El Clasico dalam dua musim terakhir kehilangan magnetnya menyusul kepergian Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam beberapa tahun terakhir.


2. Robert Lewandowski Merasa Masih Kuat Meski Mulai Menua

Selebrasi Robert Lewandowski pasca mencetak Hattrick di laga Bayern Munchen vs RB Salzburg (09/03/22). (Foto: REUTERS/Andreas Gebert)

Lewandowski mengaku tetap yakin bisa bersaing dengan penyerang gaek Barcelona lainnya, Pierre-Emerick Aubameyang.

“Saya tahu, saya akan berusia 34 tahun segera, tetapi saya merasa kuat secara fisik dan mental,” ujar Lewandowski dalam wawancaranya bersama Bild.

"Barcelona melihat hal ini dengan jalan yang benar dan mereka punya masalah pada musim 2021/2022 silam, tetapi ini adalah klub dengan potensi yang besar.”

“Barcelona berada di jalan yang benar untuk menjadi klub top dan tujuan saya di Barcelona sudah jelas, untuk memenangi gelar bersama mereka,” kata Lewandowski.

Baca selengkapnya: Robert Lewandowski Merasa Masih Kuat Meski Mulai Menua

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolKarim BenzemaRobert LewandowskiEl ClasicoLiga Spanyol

Berita Terkini