x

5 Pemain yang Diboyong Chelsea dari Barcelona dan Sukses Besar, Aubameyang dan De Jong Selanjutnya?

Kamis, 4 Agustus 2022 18:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol keempat mereka bersama rekan setim di LaLiga. Foto: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM – Berikut lima rekrutan terakhir Chelsea yang diboyong dari Barcelona dan berakhir sukses. Akankah berlanjut ke Pierre-Emerick Aubameyang dan Frenkie de Jong?

Chelsea saat ini tengah gencar dilaporkan menggerogoti Barcelona dengan mengincar dua pemainnya, yakni Pierre-Emerick Aubameyang dan Frenkie de Jong.

Baca Juga

Laporan terbaru mengatakan Chelsea tertarik menjadikan Aubameyang rekrutan terbarunya seiring kebutuhan akan penyerang murni.

The Blues sendiri telah ditinggalkan Romelu Lukaku. Belum lagi dengan kabar bahwa Timo Werner juga berencana angkat kaki ke RB Leipzig.

Sehingga, Aubameyang menjadi salah satu opsi selain penyerang RB Salzburg, Benjamin Sesko, untuk didatangkan di musim panas ini.

Baca Juga

Sedangkan nama Frenkie de Jong memang telah lama dikaitkan dengan Chelsea. Bahkan rumornya, pemain berkebangsaan Belanda itu bersedia bergabung The Blues.

Selain Chelsea, De Jong juga diminati oleh Manchester United. Namun, The Blues dirasa sebagai pelabuhan yang ia pilih karena satu dua alasan.

Barcelona pun disebut-sebut tak akan menghalangi keduanya angkat kaki dari Camp Nou. Kebetulan Blaugrana tengah membutuhkan dana segar dan membutuhkan pemain hengkang agar bisa mendaftarkan pemain baru.

Baca Juga

Jika pun keduanya pun sepakat angkat kaki dan berlabuh ke Chelsea, maka The Blues diyakini bakal untung besar dari kedatangan keduanya.

Sebab sejarah mencatat, Chelsea selalu sukses besar saat mendatangkan pemain-pemain dari Barcelona. Siapa sajakah pemain tersebut?


1. Pemain yang Sukses Usai Direkrut Chelsea dari Barcelona

Oriol Romeu kala berseragam Chelsea.

1. Juliano Belletti

Juliano Belletti merupakan bek kanan berkebangsaan Brasil yang direkrut Chelsea dari Barcelona pada musim panas 2007.

Ia didatangkan Chelsea dari Barcelona dengan mahar hanya 5 juta euro saja. Meski begitu, dirinya memberi dampak apik pada permainan The Blues.

Baca Juga

Pahlawan Barcelona di Liga Champions 2005/06 ini, tercatat membela Chelsea selama tiga musim dengan mencatatkan 94 penampilan dengan sumbangsih 5 gol dan 6 assist.

Dalam 94 penampilan tersebut, Belletti mampu mengantarkan Chelsea menjuarai berbagai ajang, yakni Liga Inggris 2009/10, Piala FA 2008/09 dan 2009/10, dan Community Shield 2009.

2. Deco

Setahun setelah mendatangkan Belletti, Chelsea kembali memboyong pemain Barcelona di musim panas 2008 dengan mendatangkan Deco.

Gelandang berkebangsaan Portugal itu didatangkan Chelsea dengan harga 10 juta euro saat usianya menginjak 30 tahun.

Baca Juga

Kedatangan Deco melengkapi skuad mewah Chelsea, terutama di lini tengah yang kala itu memiliki Frank Lampard, Michael Ballack, dan Michael Essien.

Deco sendiri bermain untuk Chelsea selama dua musim, mencatatkan 58 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 5 assist. Catatan itu dibarengi dengan 1 gelar Liga Inggris, 2 gelar Piala FA, dan 1 gelar Community Shield.

3. Oriol Romeu

Berbeda dengan Belletii dan Deco, Chelsea mendatangkan Oriol Romeu dari tim akademi Barcelona pada musim panas 2011.

Saat itu, Romeu didatangkan dengan harga hanya 4,6 juta euro. Meski murah dan didatangkan di usia muda, ia menjadi andalan Chelsea di bawah arahan Andre Villas-Boas.

Baca Juga

Romeu sendiri tercatat sebagai penggawa Chelsea selama empat musim, di mana ia beraa di tim utama selama dua musim dan dua musim terakhir dipinjamkan ke berbagai klub.

Meski begitu, Romeu juga mengecap sukses di Chelsea dengan mencatatkan 33 penampilan dan menyumbang dua trofi, yakni Liga Champions dan Piala FA.


2. Sukses Besar

Fabregas ucap salam perpisahan kepada seluruh pendukung Chelsea

4. Cesc Fabregas

Usai lama tak memboyong pemain dari Barcelona, Chelsea kemudian melanjutkan kebiasannya itu dengan mendatangkan Cesc Fabregas pada musim panas 2014.

Fabregas datang dengan harga 33 juta euro. Kedatangannya saat itu dipenuhi kontroversi, mengingat sejarahnya bersama rival sekota Chelsea, Arsenal.

Baca Juga

Meski penuh kontroversi, Fabregas memberi sumbangan besar terhadap kesuksesan Chelsea, dengan dua gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala Liga Inggris, dan 1 gelar Liga Europa.

Fabregas bermain bagi Chelsea selama 4,5 musim dengan mencatatkan 198 penampilan dan menyumbangkan 22 gol serta 57 assist.

5. Pedro Rodriguez

Setahun setelah kedatangan Fabregas, Chelsea kembali memboyong pemain Barcelona pada musim panas 2015 dengan mendatangkan Pedro Rodriguez.

Pedro datang dengan harga 27 juta euro. Saat itu, Chelsea berhasil mengalahkan Manchester United yang juga meminati jasanya.

Baca Juga

Bersama Chelsea, Pedro mengecap sukses dan melengkapi torehannya di sepak bola, dengan menjuarai 1 gelar Liga Inggris, 1 gelar Liga Europa, dan 1 gelar Piala FA.

Pedro sendiri bertahan di Chelsea selama 5 musim dengan mencatatkan 206 penampilan dan menyumbangkan 43 gol serta 28 assist.

Bursa TransferChelseaBarcelonaPierre-Emerick AubameyangFrenkie de Jong

Berita Terkini