x

3 Berkah di Balik Kedatangan Sergino Dest dari Barcelona ke AC Milan

Jumat, 2 September 2022 13:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sergino Dest merapat dari Barcelona ke AC Milan. Foto: Photo by Alex Caparros/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan masih beraktivitas di penghujung bursa transfer musim panas 2022 dengan mendatangkan Sergino Dest dari Barcelona.

Beruntung, jelang penutupan mereka berhasil mengamankan jasa pemain incaran Manchester United dan Villarreal tersebut.

Baca Juga

Dengan begitu, Sergino Dest sah menjadi pemain Amerika Serikat kedua yang berseragam Rossoneri setelah Oguchi Onyewu.

Namun bek berusia 21 tahun tersebut merapat ke AC Milan sebagai pemain pinjaman sampai akhir musim 2022-2023, dengan opsi pembelian senilai 20 juta euro (sekitar Rp296 miliar).

Bukan hanya itu, AC Milan selaku klub peminjam juga akan membayar penuh gaji rekrutannya itu selama bermain pada musim 2022-2023.

Baca Juga

Sebelum mendarat ke Liga Italia, Sergino Dest sudah sempat dikaitkan dengan sejumlah klub di bursa transfer.

Namun alih-alih merapat ke salah satu Manchester United atau Villarreal, ia justru disabet AC Milan sebagai tambahan di sektor bek kanan mereka.

Berkah bagi Sergino Dest

Kepindahan ini pun bisa menjadi berkah dan penyelamat karier sang pemain yang belakangan makin tidak jelas di Barcelona.

Baca Juga

Pasalnya, setelah kurang lebih satu tahun menangani Barcelona, Xavi Hernandez pada akhirnya tidak melihat Sergino Dest di rencana masa depannya bersama tim.

Ketidaksesuaian gaya permainan pun disebut-sebut sebagai pencetus utama tersingkirnya Sergino Dest di skuad Blaugrana.


1. Seperti Apa Sergino Dest di AC Milan

Sergino Dest merapat dari Barcelona ke AC Milan. Foto: Photo by Alex Caparros/Getty Images.

Situasi pun makin runyam bagi Sergino Dest, setelah ia sama sekali tidak dilirik Xavi untuk bermain di tiga pertandingan Barcelona di Liga Spanyol.

Walaupun sang pemain sudah mengutarakan keinganan bertahan, ia tetap tidak berdaya lantaran situasi yang ia hadapi berbanding terbalik dengan keinginan yang ada di hatinya.

Baca Juga

Di tengah kengototan untuk tetap berseragam Barcelona, orang-orang di sekitar Sergio Dest justru berupaya keras mencarikan pelabuhan baru untuknya - hingga sampailah ke AC Milan.

Kepindahan ke San Siro ini sebaiknya dimanfaatkan Sergino Dest sebaik-baiknya. Selain demi tempat yang lebih baik, ia harus mempertahankan menit bermain jelang Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Amerika Serikat di perhelatan akbar empat tahunan tersebut berada di Grup B bersama Iran, Inggris, dan Wales.

Baca Juga

Seperti rekan-rekannya kebanyakan, Sergino Dest tentu ingin mengamankan tempat di skuad USMNT asuhan Gregg Berhalter di Piala Dunia 2022 mendatang.

Di saat situasinya begitu mendesak untuk angkat kaki dari Barcelona, ditambah menit bermain untuk timnas yang terancam, mengapa berkata tidak untuk pinangan AC Milan?

Bagi AC Milan

Selain bagi pemain, kesepakatan di bursa transfer tentu diharapkan membawa untung bagi kedua pihak klub yang bertransaksi.

Baca Juga

Sergino Dest adalah pemain yang biasanya lebih nyaman bermain sebagai bek kanan namun juga bisa beroperasi di sebelah kiri.

Di sisi lain, ia juga pilihan yang tidak kalah menarik di lini serang sehingga bisa diplot sebagai pelapis Alexis Saelemaekers dan Junior Messias apabila penampilan tidak konsisten mereka kumat lagi.

 

2. Bagaimana dengan Barcelona?

Sergino Dest merapat dari Barcelona ke AC Milan. Foto: Photo by Alex Caparros/Getty Images.

Hanya saja, satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan AC Milan dan Stefano Pioli tentang Sergino Dest adalah evaluasi.

Apalagi, sang pemain terbilang cukup jarang dimainkan Xavi, yang lebih memilih Dani Alves, Ronald Araujo, atau Sergi Roberto di Barcelona.

Baca Juga

Akan jadi tantangan besar bagi Stefano Pioli untuk mengulik potensi serta mengevaluasi performa pemain yang satu ini, main untuk Barcelona di Liga Spanyol saja tidak.

Satu-satunya berkah yang didapat AC Milan dari Sergino Dest adalah kemampuannya yang versatile. Ia bisa menjadi pelapis Alessandro Florenzi yang saat ini sedang cedera.

Bagi Barcelona

Ada keuntungan bagi AC Milan, tentu ada pula bagi Barcelona, yang pada akhirnya bisa ‘membuang’ pemain yang tidak mereka inginkan.

Baca Juga

Klub sejatinya sudah menekan Sergino Dest untuk angkat kaki dari Camp Nou sejak awal musim panas ini.

Akan tetapi, kondisi finansial Barcelona yang sulit, meski masih sempat belanja pemain, membuat tekanan terhadap Sergino Dest semakin kencang.

Ada urgensi berupa pengurangan anggaran gaji pemain yang harus dilakukan sang raksasa Spanyol itu demi menaati aturan yang diterapkan otoritas liga.

Baca Juga

Melepas Sergino Dest, kini Barcelona harus memikirkan risiko yang mungkin akan dihadapi mengingat ia satu-satunya bek kanan alami di skuad.

Beruntung, mereka masih memliki Sergi Roberto, walaupun berposisi asli gelandang, lalu ada pula duo bek tengah yang sempat bermain di kanan musim ini, Ronald Araujo dan Jules Kounde.

Bursa TransferBarcelonaAC MilanBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainSergino DestOne Football

Berita Terkini