x

Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand Malah Jadi Musafir

Sabtu, 3 September 2022 11:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tergabung dalam satu grup bersama Timas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand justru terancam tidak bisa menggunakan Stadion Rajamangala untuk laga kandang.

INDOSPORT.COM – Tergabung dalam satu grup bersama Timas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand justru terancam tidak bisa menggunakan Stadion Rajamangala untuk pertandingan kandang.

Setelah sukses menjuarai Piala AFF 2020 dengan mengalahkan Timnas Indonesia secara agregat 6-2, Thailand kembali menantang gelar yang sama pada edisi 2022.

Baca Juga

Thailand yang berada di pot 1 tergabung dengan Timnas Indonesia di Grup A setelah dilakukan drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Selain Timnas Indonesia, pasukan Gajah Perang juga satu grup dengan Filipina, Kamboja, serta pemenang babak playoff.

Adapun babak Playoff akan mempertemukan dua tim dengan peringkat FIFA terendah di Asia Tenggara, yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Berdasarkan jadwal yang dirilis Piala AFF 2022 baru-baru ini, Thailand akan mengawali kompetisi dengan bertandang ke markas Brunei atau Timor Leste pada 20 Desember 2022.

Sementara laga kandang perdana Thailand di Piala AFF 2022 dijadwalkan pada 26 Desember. Thailand akan menghadappi Filipina di Rajamangala Stadium.

Sayangnya, Thailand berpotensi bakal menggunakan stadion cadangan untuk laga kandang babak penyisihan grup karena Rajamangala Stadium dipakai untuk konser di waktu yang sama.

Baca Juga

Rajamangala Stadium dijadwalkan akan menggeelar dua konser kelas dunia, yakni Justin Bieber Justice World Tourr pada 6 November dan MAROON 5 World Tour 2022 pada 10 Desember.

Jadwal dua konser akbar dua musisi hebat tersebut hanya berjarak kurang sebulan dari laga kandang Thailand, sehingga tidak ada waktu cukup untuk memulihkan kondisi rumput.


1. Respon Thailand soal Drawing Piala AFF 2022

Timnas Thailand Piala AFF.

Tergabung dalam Grup A bersama Timnas Indonesia, Thailand yang saat ini dikenal sebagai salah satu tim unggulan Asia Tenggara pun memberikan respon yang mengejutkan.

Menyusul hasil drawing tersebut, Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand, Letnan Jenderal Somyot Poompanmoung, mengungkapkan bahwa Thailand akan menebarkan ancaman dan tak akan menganggap enteng lawannya di Grup A.

Meski berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF edisi lalu, Somyot beranggapan bahwa setiap negara memiliki kesempatan untuk menang. 

“Setiap lini itu penting. Karena sepak bola di era ini, setiap negara telah berkembang,” kata Somyot, dikutip dari Thairath.

“Jangan remehkan negara mana yang lemah, karena setiap negara berhak menang. Atau bisa saja menjadi juara kalau punya peluang bagus,” imbuhnya.
 

Baca Selengkapnya: Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand Beri Respons Mengejutkan


2. Stadion Rajamangala Dipakai Konser Justin Bieber dan Maroon 5

Rajamangala National Stadium, Stadion kebanggaan Timnas Thailand yang akan dipakai konser Justin Bieber dan Maroon 5 Jelang Piala AFF 2022

“Peluang Timnas Thailand bermain di kandang sendiri di Rajamangala pada laga pertama sangat sulit diterima. Karena lapangan membutuhkan waktu untuk memulihkan rumput setelah pertunjukan,” ujar Suphaphong, selaku Sekjen FA Thailand, dilansir dari Siam Sport.

“Konser berakhir di tanggal 10 Desember, pertandingan dimainkan di 26 Desember, jadi kesempatan untuk mengembalikan lapangan ke kondisi 100 persen adalah sulit,” tambahnya.

Baca Juga

FA Thailand mengatakan bahwa pihaknya tengah berusaha mencarikan stadion cadangan. Sebab, Timnas Thailand harus tampil di lapangan dengan kondisi rumput yang prima.

Namun hingga kini, pihak FA Thailand belum menemukan stadion mana yang akan dijadikan venue pertandingan kandang Timnas Thailand di Piala AFF 2022.

“Anda harus lihat banyak elemen, selesai konser, Anda harus membersihkan dan memulihkan lapangan, ini bukan wewenang kami, jadi tidak perlu berebutan,” lanjut pria yang akrab disapa Big Joe tersebut.

Baca Juga

“Oleh karena itu, perlu dicari lapangan cadangan. Menurut menurut peraturan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), negara harus memiliki setidaknya 2 lapangan bermain,” pungkasnya.

FA Thailand sendiri sejatinya mengantongi satu opsi venue yakni Tjammasat Stadium. Stadion yang berlokasi di Pathum Thani ini hanya memiliki kapasitas 25 ribu.

Kendalanya, lokasi Thammasat Stadium cukup jauh dari Bangkok, yakni 39,5 km atau sejam perjalanan darat. Oleh karenanya, FAT masih bekerja keras mencarikan venue yang tidak merugikan skuat Timnas.

Baca Juga

“Dari hasil pembicaraan, pelatih Mano Polking tidak mau menggunakan venue yang harus menempuh jarak jauh. Sebab, setelah pertandingan akan lebih sedikit waktu untuk istirahat,” tegas Suphaphong.

Thailand sendiri dijadwalkan menghadapi Timnas Indonesia pada 29 Desember 2022 di Jakarta International Stadium.

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandStadion RajamangalaBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini