x

Liga Inggris: Aksi Coach Kepa, 1 Instruksinya Bawa Chelsea Menang Dramatis Atas West Ham

Minggu, 4 September 2022 18:25 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Kepa Arrizabalaga mengamankan serangan sekaligus tendangan dari pemain Plymouth Argyle Ryan Hardie pada laga di Stamford Bridge, Minggu (06/02/22). FOTO: Reuters/Paul Childs

INDOSPORT.COM – Ada andil dari kiper cadangan, Kepa Arrizabalaga kala Chelsea menang dramatis dari West Ham United di pekan ke-5 Liga Inggris (Premier League) pada Sabtu (3/9/22).

Chelsea kembali ke jalur kemenangan manakala berhasil membekuk tamunya, West Ham United di Stamford Bridge pada Sabtu (3/9/22) malam WIB.

Baca Juga

The Blues sejatinya tertinggal dari The Hammers yang mampu unggul lebih dulu melalui aksi Michail Antonio pada menit ke-62.

Namun demikian, Ben Chillwell kemudian mampu menyamakan kedudukan di menit ke-76 sebelum gelandang timnas Jerman, Kai Havertz membawa Chelsea unggul 2-1 di menit ke-88.

Tapi West Ham United juga bisa menyamakan kedudukan sejatinya 2-2, melalui gol Maxwell Cornet.

Baca Juga

Namun, VAR membatalkan gol itu karena Jarrod Bowen dianggap melakukan pelanggaran kepada Mendy saat proses terciptanya gol itu. Skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan Chelsea.

Hasil ini untuk sementara waktu membawa Chelsea berada di peringkat ke-5 klasemen Liga Inggris musim 2022-2023.

Sementara, West Ham United sendiri berada di peringkat ke-18 klasemen sementara dengan raihan 4 poin dari 6 pertandingan.

Baca Juga

Namun demikian, ada aksi menarik yang ditunjukkan oleh Chelsea dalam pertandingan kontra West Ham United malam tadi.

Chelsea memang melakukan beberapa rotasi pemain pada pertandingan kali ini mengingat tengah pekan nanti mereka akan turun untuk pertama kalinya di Liga Champions 2022-2023.


1. Aksi Coach Kepa Bawa Kemenangan Chelsea

Kepa Arrizabalaga merayakan keberhasilan mementahkan penalti di laga Chelsea vs Plymouth (05/02/22). (Foto:Reuters/Paul Childs)

Beberapa pemain, seperti Matteo Kovacic dan Christian Pulisic nampak turun pada pertandingan kali ini untuk mengganti beberapa pemain reguler.

Namun demikian, lantaran Chelsea terus-menerus buntu hingga jelang akhir pertandingan, Thomas Tuchel selaku pelatih kemudian menurunkan Kai Havertz.

Baca Juga

Sosok inilah yang menjadi elemen penting dari kemenangan Chelsea di pertandingan Liga Inggris. Akan tetapi, di balik kegemilangan Havertz, ternyata ada peran Kepa Arrizabalaga.

Menilik beberapa video yang tersebar di media sosial Twitter, sebelum Havertz masuk lapangan nampak sang pemain berbicara dengan kiper cadangan Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Kepa yang duduk di bangku cadangan nampak memberikan sedikit instruksi terkait dengan bagaimana Havertz bermain di laga Chelsea kontra West Ham United.

Baca Juga

Eks Athletic Bilbao ini nampak menggerakkan tangan seolah bertindak seperti pelatih yang tengah membahas taktik bersama pemain yang akan turun dari bangku cadangan.

Instruksi Kepa ini agaknya berhasil mengingat Kai Havertz mampu tampil moncer dan mencetak gol ke gawang West Ham United.

Kepa Arrizabalaga didatangkan oleh Chelsea dengan harga 71 juta pound (sekitar Rp1,2 triliun) dari Athletic Bilbao pada 2018. Sebuah rekor dunia bagi The Blues saat itu.


2. Posisi Kepa di Chelsea Tergeser Edouard Mendy

Kepa Arrizabalaga (kanan) melakukan selebrasi bersama Jorginho setelah menyelamatkan tendangan penalty pada laga di Stamford Bridge, Minggu (06/02/22). FOTO: REUTERS/Tony Obrien

Kiper Spanyol itu awalnya memang mampu membuktikan dirinya sebagai kiper pilihan pertama Chelsea selama dua musim pertamanya di klub.

Total, dia telah memainkan 123 penampilan di semua kompetisi untuk klub, mencatatkan 47 clean sheet. Dia juga membantu klub memenangkan Liga Europa, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub.

Namun, sejak kedatangan Edouard Mendy dari Rennes pada tahun 2020 posisi Kepa Arrizabalaga  sebagai penjaga gawang no.1 Chelsea mulai bergeser.

Baca Selengkapmya: Hasil Liga Inggris Chelsea vs West Ham United: Gol Telat Kai Havertz Selamatkan The Blues

ChelseaWest Ham UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisKepa ArrizabalagaBerita Liga InggrisKai Havertz

Berita Terkini