x

Bedah Kualitas Malo Gusto, Bek 19 Tahun yang Bisa Dibajak Erik ten Hag ke Manchester United

Kamis, 15 September 2022 18:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Malo Gusto (kanan), bek 19 tahun milik Olympique Lyonnais yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Stephane Mahe.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Malo Gusto, bek muda berusia 19 tahun yang bisa dibajak Erik ten Hag ke klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Di bursa transfer musim panas lalu, Manchester United termasuk klub yang aktif mengisi keranjang belanjanya dengan pemain-pemain anyar.

Baca Juga

Sebut saja Antony, Casemiro,Tyrell Malacia, dan yang lainnya. Rumor tentang Malo Gusto sejatinya bukan baru kali ini mencuat.

Namanya sudah dikaitkan dengan Manchester United sejak Agustus lalu. Bahkan, sejumlah media sempat menyebut sang raksasa Liga Inggris harus bersaing dengan Barcelona untuk mendapatkannya.

Pasalnya, Erik ten Hag mungkin ingin mencari tambahan amunisi baru di posisi bek kanan menyusul performa Aaron Wan-Bissaka yang ternyata di bawah ekspektasi.

Baca Juga

Manchester United dan Barcelona disebut-sebut sebagai calon kandidat kuat yang bisa mebmboyong Malo Gusto dari klubnya saat ini, Olympique Lyonnais (Lyon).

Akan tetapi, raksasa Liga Prancis tersebut kabarnya sedikit keberatan melepaskan salah satu pemain berharganya tersebut.

Berdasarkan laporan L’Equipe, sang pemain lebih cenderung memperpanjang kontraknya bersama Lyon alih-alih hengkang ke klub lain.

Baca Juga

Bergabung ke Lyon pada 2021, bek muda asal Prancis tersebut masih memiliki kontrak sampai dengan 30 Juni 2024.

Jika merapat ke Manchester United, Malo Gusto akan berkompetisi dengan Diogo Dalot di saat Aaron Wan-Bissaka nyaris tidak masuk hitungan Erik ten Hag di pecking order-nya.


1. Bedah Kualitas Malo Gusto

Malo Gusto (kanan), bek 19 tahun milik Olympique Lyonnais yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Stephane Mahe.

Malo Gusto mengalami masa breakhrough-nya dengan Lyon musim lalu, di mana ia berhasil mencetak lima assist dari 30 pertandingan Ligue 1 Liga Prancis.

Selain keterlibatannya untuk urusan mencetak gol, pemain yang kini berusia 19 tahun tersebut juga tampil bagus secara defensif.

Baca Juga

Bukan hanya itu. Malo Gusti pun menarik perhatian Manchester United dengan kemampuan crossing dan permainan bertahannya.

Selama ini, Erik ten Hag juga dikenal luas sebagai pemain yang sukses mengembangkan talenta muda menjadi bintang di tim senior.

Bukan tidak mungkin, bek kelahiran Decines-Charpieu tersebut bisa berkembang pesat di tangan Erik ten Hag di Manchester United kelak.

Baca Juga

Seperti Diogo Dalot, Malo Gusto adalah bek kanan muda yang punya orientasi menyerang. Bahkan, dengan usianya yang masih muda, ia sudah bisa bersaing dengan sejumlah pemain kawak di Benua Biru.

Berdasarkan catatan Fbref, dari lima liga top Eropa, hanya maestro lini tengah Paris Saint-Germain yakni Marco Verratti (675) yang memiliki sentuhan lebih banyak daripada Malo Gusto (648).

Pemain Timnas Prancis U-21 ini juga bersaing dengan Diogo Dalot dan sejumlah pemain lainnya di liga-liga Eropa yang jago untuk urusan mengirim umpan silang ke kotak penalti.

Baca Juga

Selain mengantongi profil sebagai bek yang berorientasi menyerang, Malo Gusto nampaknya akan membuat Erik ten Hag makin kesengsem dengan kecepatan dan kemampuannya membawa bola.

Di Ligue 1 Liga Prancis 2022-2023, Malo Gusto saat ini mencatkan satu assist dari tujuh pertandingan, angka yang sama dengan statistik Digo Dalot untuk Manchester United di semua kompetisi.

 

2. Sekilas tentang Malo Gusto

Malo Gusto (kanan), bek 19 tahun milik Olympique Lyonnais yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Stephane Mahe.

Malo Gusto lahir di Decines-Charpieu, Prancis, pada 19 Mei 2003. Awalnya, ia sempat bermain rugby seperti yang diminta sang ayah.

Akan tetapi, hatinya kemudian berlabuh ke sepak bola dan mulai mengejar mimpinya menjadi pemain profesional dengan menimba ilmu di sebuah klub bernama AS Villefontaine.

Baca Juga

Setelah mencari pengalaman selama kurang lebih tiga tahun di sana, ia kemudian bergabung dengan  Bourgoin-Jallieu sebelum bergabung dengan akademi Lyon pada 2016.

Di sana, ia bermain di tim U-14, lalu memanjat naik melalui tim B yang bermain di liga kasta keempat Prancis.

Selain itu, ia juga menunjukkan penampilan yang gemilang di UEFA Youth League dan beberapa kali tampil di Ligue 1 Liga Prancis.

Baca Juga

Eksistensinya sebagai salah satu prospek paling berbakat di Lyon pun makin menanjak setelah Peter Bosz merapat ke klub.

Erik ten Hag pun bisa dibilang mengantongi kesempatan besar untuk membajak Malo Gusto dari Lyon, klub yang sudah memesarkan nama sang pemain.

Meski bermain di Liga Europa, Manchester United masih unggul ketimbang Lyon yang sama sekali tidak bermain di kompetisi Benua Biru musim ini.

Baca Juga

Sepak Terjang di Timnas

Malo Gusto mengawali kariernya bersama Timnas Prancis U-16 sebagai seorang gelandang. Namun saat beranjak ke U-17 dan U-18 ia mulai bermain sebagai fullback.

Saat ini, ia tercatat sebagai pemain di Timnas Prancis U-21 yang melakukan debut pada Oktober 2021 di pertandingan melawan Ukraina di kualifikasi Euro 2020. 

Bursa TransferManchester UnitedOlympique LyonBerita Bursa TransferErik ten HagOne Football

Berita Terkini