x

Southgate Dituntut Mundur, 3 Pelatih yang Bisa Direkrut Timnas Inggris agar Juara Piala Dunia

Minggu, 25 September 2022 10:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 pelatih yang bisa direkrut Timnas Inggris jelang Piala Dunia 2022 seiring munculnya tuntutan agar Gareth Southgate mundur.

Nama Gareth Southgate tengah menjadi bulan-bulanan usai dirinya membawa Timnas Inggris tampil buruk di ajang UEFA Nations League 2022.

Baca Juga

Teranyar, pelatih berusia 52 tahun ini gagal membawa Timnas Inggris bertahan di kompetisi itu, usai dipecundangi oleh Italia, Sabtu (24/09/22) WIB.

Dalam laga ke-5 grup 3 Liga A, The Three Lions harus menelan kekalahan 0-1 dan gagal membalaskan dendamnya atas Italia.

Kekalahan ini otomatis membuat Timnas Inggris harus terdegradasi dari Liga A UEFA Nations League dan turun kasta ke Liga B musim depan.

Baca Juga

Atas raihan buruk jelang Piala Dunia 2022 ini, Southgate pun dituntut mundur. Apalagi dirinya telah membuat kesalahan dalam penunjukkan pemain.

Southgate telah mendapat kritik karena memanggil Harry Maguire dan Luke Shaw yang jarang tampil di klub dan mengabaikan Jadon Sancho yang tengah moncer.

Karena Timnas Inggris bertekad bisa menjuarai Piala Dunia 2022, para pendukungnya pun menuntut agar Southgate mundur atau dipecat oleh Football Association (FA).

Baca Juga

Andaikan Southgate mundur atau dipecat, FA pun harus segera mencari penggantinya dalam waktu cepat, mengingat Piala Dunia akan bergulir dalam hitungan hari.

Karenanya, berikut 3 pelatih top yang tengah menganggur dan bisa direkrut Timnas Inggris agar bisa menjuarai Piala Dunia 2022.


1. Mantan Juara Piala Dunia

Mantan pelatih Jerman Joachim Low.

1. Joachim Low

Jika Southgate mundur atau dipecat, FA bisa mencoba menghubungi pelatih kenamaan asal Jerman pada diri Joachim Low untuk Piala Dunia 2022.

Joachim Low sendiri tengah menganggur usai dirinya mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Jerman pasca gelaran Euro 2020.

Sejak pengunduran dirinya tersebut, pelatih berusia 62 tahun itu belum mendapat tawaran apapun untuk melatih baik di level klub maupun level tim nasional.

Baca Juga

Joachim Low bisa menjadi opsi paling pas bagi Timnas Inggris yang ingin menjuarai Piala Dunia. Sebab, eks pelatih VfB Stuttgart ini punya kiprah mentereng di ajang empat tahunan itu.

Joachim Low pernah membawa Timnas Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Selain itu, ia punya catatan apik dengan meraih 125 kemenangan dari 198 pertandingan sebagai pelatih Der Panzer.

2. Carlos Dunga

Jika Timnas Inggris mencari pelatih berpengalaman dengan CV mentereng di level tim nasional, masih ada nama Carlos Dunga yang bisa menjadi opsi brilian.

Pelatih kenamaan Brasil ini saat ini tengah menganggur. Dunga bisa menjadi opsi yang tepat bagi The Three Lions untuk menjadi juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Pasalnya, ia punya kiprah mentereng kala masih melatih Brasil, di mana ia membawa Selecao meraih gelar juara Copa America dan Piala Konfederasi.

Meski tak berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia, Dunga tercatat pernah meraih gelar tersebut kala masih bermain.

Alhasil, pengalamannya di ajang empat tahunan itu tak bisa dikesampingkan begitu saja. Apalagi selama melatih tim Samba, dirinya mampu meraih 60 kemenangan dari 85 laga.


2. Ada Spesialis Turnamen

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel kala berselebrasi di laga kontra Real Madrid (13/04/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

3. Thomas Tuchel

Piala Dunia sendiri merupakan sebuah ajang yang bersifat turnamen. Sehingga, dibutuhkan pelatih yang memang andal dalam menerapkan taktik demi taktik di setiap laga.

Saat ini, pelatih spesialis turnamen yang tersedia dan tengah menganggur adalah Thomas Tuchel. Ia bisa dikatakan ‘Raja’ dari ajang-ajang yang berformat turnamen.

Baca Juga

Sematan itu didapatkannya kala membawa Chelsea berhasil menjadi juara Liga Champions. Bahkan, selama 18 bulan melatih di Inggris, ia mampu membawa The Blues ke 3 final kancah domestik.

Memang Tuchel belum pernah melatih tim nasional. Akan tetapi, pengalamannya di level turnamen akan menguntungkan Timnas Inggris jika merekrutnya untuk Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga

Apalagi Tuchel mengenal gaya bermain Inggris dan para pemain di dalamnya seiring pengalaman yang ia miliki bersama Chelsea di Liga Inggris.

Joachim LowCarlos DungaPiala Dunia 2022Gareth SouthgateThomas TuchelTimnas InggrisBola InternasionalOne Football

Berita Terkini