x

3 Legenda yang Mampu Tampil di 5 Edisi Piala Dunia, Messi dan Ronaldo Nyusul?

Sabtu, 1 Oktober 2022 19:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo saat bermain untuk Timnas Portugal. Foto: Carlos Rodrigues/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jelang Piala Dunia 2022 Qatar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin bisa mencetak rekor unik di level tim nasional.

Mereka berpeluang menyusul tiga legenda sepak bola yang sampai detik ini sudah mencatatkan lima penampilan di ajang Piala Dunia.

Baca Juga

Meski masing-masing sudah akan menginjak usia kepala 4, baik La Pulga maupun CR7 masih punya kans meraih gelar juara bersama timnas masing-masing.

Terutama bagi Lionel Messi, yang notabene tidak banyak mencicipi trofi besar selama berseragam Timnas Argentina.

Pencapaian terbaiknya bersama La Albiceleste adalah edisi 2014, di mana mereka kalah tipis dari Jerman di final.

Baca Juga

Mario Gotze berhasil mengubur dalam-dalam hasrat Lionel Messi dkk untuk mengangkat trofi Piala Dunia yang saat itu sudah berada di depan mata.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo sepanjang kariernya bersama Timnas Portugal, juga belum pernah memenangkan Piala Dunia.

Prestasi terbaiknya adalah memenangkan Euro dan UEFA Nations League, sehingga satu tambahan trofi Piala Dunia tentu bakal sangat berarti baginya sebelum pensiun.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo saat ini berusia 37 tahun.

Misi kedua pemain tersebut pun sebentar lagi bakal mereka bawa ke Piala Dunia 2022 Qatar, yang mana akan jadi penampilan kelima mereka di kompetisi akbar empat tahunan tersebut.


1. Mereka yang Sudah Lima Kali Tampil di Piala Dunia

Profil tiga pemain yang telah tampil di lima edisi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Bukan tidak mungkin, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan menasbihkan diri sebagai pemain masa kini yang telah tampil di lima gelaran Piala Dunia.

Jika demikian, tentu saja tidak dapat dipungkiri bahwa keduanya memang memiliki ‘umur panjang’ di ajang ini - yang bakal sulit disamai oleh para juniornya.

Baca Juga

Akan tetapi, jauh sebelum Messi dan Ronaldo, sudah ada tiga pemain yang mencatatkan lima kali penampilan di Piala Dunia sepanjang sejarah.

Mereka adalah Antonio Carbajal, Lothar Matthaus, dan Rafael Marquez. Seperti apa sepak terjang tiga tokoh hebat ini? Berikut ulasannya.

Antonio Carbajal

Melakukan debut internasionalnya di Stadion Maracana di Rio de Janeiro pada 24 Juni 1950. Ia pun dinobatkan sebagai pemain pertama yang tampil di empat edisi Piala Dunia saat berlaga di Chile 1962.

Baca Juga

Di edisi ini pula, untuk pertama kalinya ia berhasil membawa Meksiko meraih kemenangan pertama mereka di pertandingan Piala Dunia.

Momen bersejarah tersebut terjadi saat Meksiko menumpas perlawanan Ceko dengan skor 3-1 di putaran pertama.

Telah tampil di empat edisi Piala Dunia, Antonio Carbajal ternyata masih dianugerahi karier panjang, untuk mencatatkan partisipasi kelimanya di kompetisi ini.

Baca Juga

Ya, empat tahun kemudian ia masih bermain di Piala Dunia 1966. Namun sayangnya, Meksiko lagi-lagi gagal melaju jauh. Langkah mereka terhenti sebelum bisa memasuki putaran gugur.

Nah, selain Antonio Carbajal, masih ada dua legenda lagi yang juga mencatatkan lima penampilan di Piala Dunia yakni Lothar Matthaus dan Rafael Marquez.

 

2. Dua Sosok Lainnya

Profil tiga pemain yang telah tampil di lima edisi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Lothar Matthaus

Menjadi pemain kedua yang tampil di lima edisi Piala Dunia yakni 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998). Bahkan, ia juga beberapa kali bermain di Euro dan membawa Jerman juara pada 1980.

Lothar Matthaus dianggap sebagai salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Ia dikenal karena umpannya yang tajam, peka terhadap posisi, tekel yang tepat waktu, serta tembakan yang kuat.

Baca Juga

Biasanya, sosok kelahiran Jerman Barat ini bermain sebagai gelandang box-to-box, namun jelang akhir karier ia juga bermain sebagai sweeper.

Dari lima penampilannya di Piala Dunia, Lothar Matthaus berhasil membawa pulang satu gelar juara bersama Timnas Jerman Barat di edisi 1990.

Saat itu, Jerman Barat menumbangkan Argentina dengan skor tipis 1-0 di final yang diselenggarakan di Stadion Olimpico, Roma.

Baca Juga

Bertindak sebagai kapten, ia membawa Jerman Barat tampil sebagai pemenang malam itu berkat satu gol penalti dari Andreas Brehme.

Rafael Marquez

Jika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bisa mencatatkan penampilan Piala Dunia kelima mereka di edisi 2022, Rafael Marquez terakhir kali tampil di Rusia pada 2018 lalu - alias baru-baru saja.

Sejauh ini ia sudah berpartisipasi di edisi 2002, 2006, 2010, 2014, dan 2018. Akan tetapi, dari lima kali penampilan tersebut tidak ada satu pun gelar juara yang berhasil diraihnya bersama Timnas Meksiko.

Baca Juga

Daftar Spesial

Selain tiga legenda di atas, Gianluigi Buffon juga dipanggil untuk bermain di lima edisi Piala Dunia, tapi ia tidak dimainkan pada 1998.

Kemudian ada Guillermo Ochoa yang bisa mencatatkan Piala Dunia kelimanya di Qatar 2022, namun sejauh ini ia hanya berpartisipasi di dua edisi saja.

Cristiano RonaldoLionel MessiPiala DuniaPiala Dunia 2022One Football

Berita Terkini