x

5 Pelatih yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Rabu, 12 Oktober 2022 14:39 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Performa Liverpool di Liga Inggris (Premier League) musim 2022-2023 tidak konsisten. Posisi Jurgen Klopp sebagai pelatih pun mulai terancam.

Padahal, kebangkitan Liverpool juga berkat kerja keras dari kepelatihan Klopp. Namun kali ini, Liverpool seakan kehilangan kekuatannya.

Baca Juga

Bahkan, The Reds hanya menempati peringkat 10 dengan 10 poin di Liga Inggris musim ini. Mereka tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen saat ini, Arsenal.

Maka dari itu, berikut lima pelatih lain yang bisa gantikan Jurgen Klopp untuk masa depan.

Pep Lijnders

Pep merupakan asisten pelatih Klopp. Maka dari itu, Pep sudah paham seluk-beluk dan karakteristik para pemain Liverpool.

Baca Juga

Sebelumnya, Pep memang tidak punya pengalaman melatih klub di lima liga teratas. Jika ke depannya Pep yang diangkat, maka Liverpool punya resiko besar.

Nantinya, pria 39 tahun ini bisa saja melakukan perombakan di dalam tubuh Liverpool karena Pep tidak ingin meneruskan apa yang diwariskan Klopp.

Baca Juga

Mauricio Pochettino

Pochettino memang telah dipecat dari Paris Saint-Germain pada Juli kemarin. Ini adalah ganjarannya yang gagal di Liga Champions dan Piala Prancis.

Selama karier kepelatihannya, Pochettino tidak pernah memenangi satu trofi pun bersama Southampton (Januari 2013 - Juni 2014) dan Tottenham Hotspur (Juli 2014 - November 2019).

Raihan tertingginya di Spurs hanyalah mengantarkan timnya mencapai final Liga Champions 2018-2019.


1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane di laga Barcelona vs Real Madrid

Sejak berpisah dari Real Madrid pada Juni 2021, Zidane tidak lagi melatih klub mana pun. Kini, dia hanya menjadi investor di klub kasta kedua liga Prancis.

Dilansir dari Daily Mail, Zidane sebenarnya ingin melatih Timnas Prancis. Namun, saat ini Prancis masih dilatih rekan se-timnasnya dulu, Didier Deschamps.

Baca Juga

Jika Zidane benar menangani Liverpool, maka ini peluang besar The Reds untuk kembali ke masa kejayaannya.

Pasalnya, Zidane adalah pelatih cerdik dan menjadi satu-satunya pelatih yang mampu meraih hat-trick gelar Liga Champions saat masih melatih Real Madrid.

Steven Gerrard

Para penggemar Liverpool tentu tak asing lagi dengan Gerrard karena dia adalah legenda The Reds. 

Baca Juga

Maka dari itu, tak heran bila dirinya jadi calon favorit untuk menggantikan Klopp di masa depan.

Sebelumnya, Gerrard telah melatih Liverpool U-18 dan pada Juni 2018 - November 2021, pria 42 tahun ini melatih Rangers, klub liga utama Skotlandia.

Kini, Gerrard kembali ke tanah Inggris dan didapuk sebagai pelatih Aston Villa dengan kontrak hingga Juni 2025 nanti.

Thomas Tuchel

Tuchel adalah pelatih terakhir yang menganggur. Dia baru saja dipecat dari Chelsea pada awal September kemarin.

Pemecatan Tuchel mungkin jadi paling dipertanyakan karena dia berhasil meraih sejumlah trofi, termasuk gelar Liga Champions.

Baca Juga

Namun, pelatih 49 tahun ini dipecat karena tidak menolak mendatangkan pemain-pemain incaran Todd Boehly, pemilik Chelsea yang baru.

Dalam rekam jejaknya, Tuchel telah meraih gelar lainnya bersama klub lain, seperti Borussia Dortmund dan PSG.


2. Ini Alasan Jurgen Klopp Sempat Berniat Angkat Kaki dari Liverpool

Jurgen Klopp saat laga Liga Champions antara Liverpool vs Ajax Amsterdam

Sempat memiliki niatan untuk hengkang dari raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool. Ternyata ini alasan dari Jurgen Klopp.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sempat dirumorkan hengkang dari Liverpool, setelah tujuh tahun melatih tim yang bermarkas di Anfield tersebut.

Namun, akhirnya Jurgen Klopp menambah masa baktinya di Liverpool, dengan menandatangani kontrak tambahan selema dua tahun.

Melansir dari Express, hal yang membuat Klopp memiliki niatan untuk angkat kaki dari Anfield, karena pihak klub menjual beberapa pemain andalannya.

Hal tersebut sama seperti yang dilakukan oleh dua tim yang pernah dilatih oleh Jurgen Klopp sebelumnya yakni, FSV Mainzdan Borussia Dortmund.

Baca selengkapnya
LiverpoolZinedine ZidaneJurgen KloppMauricio PochettinoLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini