x

2 Alasan Ini Bikin Brasil Pantas Juara Piala Dunia 2022

Kamis, 13 Oktober 2022 14:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut dua alasan mengapa Brasil dapat menjuarai Piala Dunia 2022 yang bakal dilangsungkan di Qatar pada November mendatang.

INDOSPORT.COM – Berikut dua alasan mengapa Brasil dapat menjuarai Piala Dunia 2022 yang bakal dilangsungkan di Qatar pada November mendatang.

Semua pasti tahu bahwa Brasil merupakan negara yang selalu memproduksi pesepak bola bertalenta.

Baca Juga

Ya, Brasil sendiri memang kental dengan budaya sepak bolanya. Maka dari itu, tidaklah heran banyak orang yang menyukai olahraga tersebut di sana.

Bahkan, Brasil bisa menciptakan pemain luar biasa setiap generasinya, antara lain Pele, Ronaldo, Ronaldinho, dan terakhir Neymar.

Di kancah Amerika Selatan, Brasil bisa dibilang adalah tim yang paling mendominasi di sana bersama Argentina.

Baca Juga

Terlebih lagi, Brasil selalu menjadi negara yang difavoritkan untuk bisa menjuarai Piala Dunia di setiap ajangnya meskipun akhir-akhir ini mereka tidak menjuarainya.

Di Piala Dunia 2014, bertindak sebagai tuan rumah juga tidak menguntungkan Brasil apalagi Selecao justru dipermalukan di kandang sendiri oleh Jerman dengan skor 7-1.

Di Piala Dunia 2018, langkah Brasil terhenti di perempat final setelah disingkirkan Belgia 1-2 yang diisi pemain dengan generasi emasnya.

Baca Juga

Meski demikian, ada dua alasan mengapa Brasil dapat menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar pada bulan November nanti.


1. 1. Kedalaman Skuad yang Bagus

Neymar (kanan) dan Raphinha melakukan selebrasi usai mencetak gol di laga Brasil vs Tunisia (28/09/22). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Brasil bisa dibilang memiliki kedalaman skuad yang bagus di Piala Dunia 2022 nanti. Hal ini jelas menjadi modal apik untuk bisa menjuarai pagelaran tersebut.

Di sektor kiper, Brasil jelas mempunyai Alisson dan Ederson yang begitu tangguh dalam menjaga gawang klub mereka masing-masing, Liverpool dan Manchester City.

Baca Juga

Di sektor bek, Selecao memiliki Thiago Silva yang ciamik bersama Chelsea, Eder Militao yang bermain bersama Real Madrid, dan Marquinhos yang mengabdi untuk Paris Saint-Germain. Tite bisa merotasi para pemain tersebut sesuai strategi yang diingininya.

Di lini tengah, Brasil juga mempunyai Casemiro yang kualitasnya tidak diragukan lagi sebagai salah satu gelandang terbaik dan Fabinho juga tampil bersinar bersama Liverpool.

Fred juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Kendatipun terkadang ia membuat blunder, kontribusnya dalam mematahkan aliran bola lawan juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Di sektor lini serang, Brasil jelas sangat berlimpah. Sebut saja Neymar, Vinicius Junior, Antony, dan Raphinha. Nama-nama tersebut adalah barisan pemain luar biasa yang bisa mengisi pos penyerang sayap.

Sementara untuk ujung tombak, Tite bisa memilih antara Roberto Firmino atau Gabriel Jesus. Kedua pemain tersebut tengah on fire bersama Liverpool dan Arsenal. Tentunya, sang pelatih bisa merotasi kedua pemain itu.

Seandainya badai cedera mendera Brasil, Tite masih memiliki cadangan pemain lainnya untuk bermain sebagai starter besok.


2. 2. Performa Jeblok Negara Rival

Kylian Mbappe mencoba keluar dari kawalan lawan di laga Prancis vs Denmark (04/06/22). (Foto:REUTERS/Christian Hartmann)

Sejumlah negara kuat lain juga tengah mengalami performa yang jeblok menjelang dimulainya Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Sebut saja Prancis dan Inggris. Les Bleus adalah juara bertahan Piala Dunia 2018 lalu setelah berhasil mengalahkan Kroasia 4-2.

Baca Juga

Prancis sendiri sejatinya juga bisa dibilang memiliki kedalaman skuad yang bagus dan pemain yang berkualitas untuk bermain di Piala Dunia 2022 nanti.

Namun, tentu ada beberapa pemain yang sudah lapuk dimakan usia sehingga performanya tidak sehebat empat tahun lalu.

Selain itu, badai cedera juga sempat melanda skuad asuhan Didier Deschamps sehingga tak heran apabila Prancis kurang bertaji di UEFA Nations League yang bisa dibilang sebagai ajang geladi bersih jelang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Di sisi lain, Inggris pun juga bisa dibilang sebagai salah satu negara yang difavoritkan bisa mengangkat trofi Piala Dunia 2022 nanti.

Piala Dunia 2018 silam, The Three Lions berhasil finis di peringkat keempat setelah dibekuk Belgia di perebutan posisi ketiga.

Selain itu, tim besutan Gareth Southgate ini merupakan runner-up Euro 2020 lalu yang mana Inggris dikalahkan Italia melalui adu penalti.

Baca Juga

Hal ini jelas menimbukan persepsi bahwa Inggris bakal jadi lawan berat di Piala Dunia 2022 nanti. Namun, hal tersebut tak sepenuhnya benar juga.

Pasalnya, di enam laga terakhir, Harry Kane cs tidak meraup satu pun tripoin di Nations League kala berhadapan dengan Italia, Hungaria, dan Jerman.

Ya, dari enam laga tersebut, Inggris hanya mendapatkan tiga kali hasil imbang dan tiga kali kalah yang membuat The Three Lions terdegradasi dari Liga A ke Liga B.

Terlebih, The Three Lions juga fakir gol dalam lima laga terakhir yang mana mereka hanya mencetak satu gol saja sebelum imbang 3-3 kontra Jerman di laga pemungkas.

Dengan demikian, Brasil bisa saja menjuarai Piala Dunia 2022 nantinya karena memiliki kedalaman skuad yang bagus dan performa jeblok negara lain.

NeymarBrasilPiala Dunia 2022TiteTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini