x

Para Pesepak Bola yang Pensiun di Usia 29 Tahun, Ada David Beckham-nya Jepang

Rabu, 19 Oktober 2022 12:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Hidetoshi Nakata saat masih membela AS Roma. Foto: Michael Steele /Allsport/Gettyimages.

INDOSPORT.COM - Melihat para pemain yang memutuskan pensiun di usia 29 tahun, termasuk eks Liverpool, Jon Flanagan, dan David Beckham-nya Jepang, Hidetoshi Nakata.

Belum lama ini, jagat sepak bola kembali mencatat satu nama yang memutuskan gantung sepatu dari laga-laga kompetitif.

Baca Juga

Jon Flanagan, bek kelahiran 1 Januari 1993, mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional, setelah berstatus tanpa klub dalam beberapa waktu terakhir.

Keputusan pensiun tersebut diungkapkan sang pemain melalui unggahan media sosial, yakni Twitter dan Instagram.

“Setelah pertimbangan yang hati-hati, saya akhirnya membuat keputusan terberat yakni pensiun dari sepak bola,” tulisnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, ia membeberkan kondisi kebugarannya yang telah bermasalah cukup lama. Ya, cedera berkepanjangan memaksa mantan pemain Rangers tersebut gantung sepatu sebelum usia kepala 3.

“Selama 14 bulan terakhir, saya sudah mencoba sebaik mungkin untuk bisa pulih setelah menjalani operasi lutut. Akan tetapi, kesehatan jangka panjang saya lebih penting,

“Jadi menurut nasihat medis, hal terbaik bagi saya saat ini adalah berhenti bertanding,” tulisnya lagi, sembari mendeskripsikan rasa bersyukurnya bisa mencapai titik karier sekarang ini.

Baca Juga

Tidak lupa, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya, termasuk menyertakan suporter di setiap klub yang dibelanya: Liverpool, Rangers, Burnley, dan lain-lain.

Tentu saja, Jon Flanagan bukan pemain sepak bola pertama sepanjang sejarah yang pensiun di usia 29 tahun. 


1. Ada Mantan Kiper Argentina

Mantan kiper Mallorca dan Timnas Argentina, Carlos Roa. Foto: Tony Marshall/EMPICS via Getty Images.

Sejarah sempat mencatat sejumlah pesepak bola yang harus mengakhiri karier profesionalnya saat menginjak usia krusial jelang kepala 3 tersebut.

Siapa saja?

Baca Juga

Carlos Roa

Mantan kiper yang sempat tampil luar biasa saat berpartisipasi di Piala Dunia 1998. Bagaimana tidak? Gawang Timnas Argentina yang ia jaga tidak pernah kebobolan sepanjang fase grup.

Berada di Grup H, La Albiceleste lolos sebagai juara grup dengan kemenangan sempurna di tiga laga, masing-masing melawan Jepang, Kroasia, dan Jamaica.

Sebanyak tujuh gol berhasil disarangkan Diego Simeone dkk, termasuk di pertandingan membabi buta 5-0 melawan Jamaika.

Baca Juga

Dari total tujuh gol tersebut, Carlos Roa mencetak clean sheet dan menutup perjuangan Argentina di fase grup Piala Dunia 1998 dengan selisih gol 7-0.

Selain itu, ia juga berperan penting dalam upaya Argentina lolos ke perempat final melalui drama adu penalti melawan Inggris.

Meski begitu, satu tahun berikutnya ia memilih pensiun dari Timnas Argentina. Laman BR Football menyebut, Carlos Roa ingin lebih fokus mendalami ajaran agama yang dianutnya.

Baca Juga

“Pada 1999, saya memutuskan lebih taat kepada agama saya,” ucapnya seperti pernah diwartakan laman FourFourTwo.

Memastikan komitmen terhadap yang ia anut, selain tidak makan daging, sosok kelahiran 15 Agustus 1969 ini menjalani sejumlah aktivitas di pedesaan seperti membaca dan belajar untuk hidup lebih baik.

 

2. David Beckham Jepang

Hidetoshi Nakata saat masih membela AS Roma. Foto: Michael Steele /Allsport/Gettyimages.

Hidetoshi Nakata

Selanjutnya ada mantan gelandang Jepang, Hidetoshi Nakata. Seperti Jon Flanagan dan Carlos Roa, ia juga pensiun di usia 29 tahun.

Ia memutuskan mundur pada Juli 2006 setelah menghabiskan tujuh musim bermain di Liga Italia dan satu musim di Liga Inggris.

Baca Juga

Sepak terjangnya di kancah sepak bola Italia juga tidak terlalu buruk. Ia pernah mencicipi gelar juara bersama AS Roma (Serie A) dan Parma (Coppa Italia).

Setelah menepi dari lapangan hijau, Hidetoshi Nakata terjun ke dunia modelling dan fesyen, yang mana sudah lama diminatinya sejak masih aktif sebagai pesepak bola.

Bahkan, salah seorang fotografer bernama Andrea Tenerani sempat menyebut eks anggota Timnas Jepang tersebut memiliki postur sempurna bak model, di sisi lain juga sangat terobsesi dengan fesyen.

Baca Juga

Berkat kecenderungannya yang modis inilahs, Hidetoshi Nakata sempat disebut-sebut sebagai David Beckham-nya Jepang.

Sekilas tentang Jon Flanagan

Sebelum memutuskan pensiun di usia 29 tahun, Jon Flanagan meninggalkan Liverpool pada musim panas 2018.

Setelah itu, ia tercatat mewakili Rangers, Charleroi, dan HB Koge, serta sempat dipinjamkan ke dua klub yakni Burnley dan Bolton Wanderers.

Baca Juga

Sepanjang kariernya, sepak terjang Jon Flanagan memang sangat sering diganggu cedera, termasuk absen selama 20 bulan dari lapangan hijau.

Kini di usia 29 tahun, ia pun mengikuti jejak sejumlah seniornya seperti Carlos Roa dan David Beckham asal Jepang, Hidetoshi Nakata.

LiverpoolDavid BeckhamRangers F.C.Hidetoshi NakataBola InternasionalGlasgow RangersOne Football

Berita Terkini