x

Cari Titisan Roberto Firmino, Liverpool Bisa Kepincut Bintang Muda Ajax Asal Afrika

Jumat, 28 Oktober 2022 13:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Liverpool, Roberto Firmino. Foto: Reuters/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, bisa menjadikan pemain Ajax asal Afrika, Mohammed Kudus, sebagai titisan Roberto Firmino.

Cepat atau lambat, Roberto Firmino pasti akan mengakhiri kisahnya bersama The Reds - entah nanti karena usia maupun hal lain yang bisa memaksanya angkat kaki dari klub sepak bola Merseyside ini.

Baca Juga

Salah satunya, kontrak yang bakal kedaluwarsa tahun depan.

Liverpool sebagai klub yang menaunginya saat ini pun patut mengambil langkah cepat untuk melirik sejumlah calon pengganti yang sepadan.

Tentu saja ini bukan PR mudah bagi Julian Ward dan segenap tim strategi transfer Liverpool, bahkan bagi Jurgen Klopp selaku manajer.

Baca Juga

Pasalnya, Roberto Firmino adalah pemain dengan kemampuan unik. Ia bisa memainkan banyak peran di lapangan sekaligus mengantongi karakteristik hardworking yang patut diapresiasi.

Bobby, sapaan akrabnya, tidak segan-segan bekerja ‘banting tulang’ demi membantu rekan-rekannya yang lain di lapangan.

Oleh sebab itu, saat di puncak kariernya ia berhasil menjelma sebagai pemain andalan Jurgen Klopp di skuad.

Baca Juga

Meski sulit, pengganti Roberto Firmino bukan tidak mungkin ditemukan. Liverpool pun bisa melirik salah satu pemain Ajax yang nyaris saja membuat mereka kalang kabut di Liga Champions musim ini.

Ia adalah Mohammed Kudus. Walau tidak plek ketiplek Roberto Firmino, sosok yang satu ini memiliki karakteristik serupa Bobby yang bisa dimanfaatkan Liverpool.


1. Calon Penerus Roberto Firmino dari Afrika

Mohammed Kudus di laga Liga Champions Liverpool vs Ajax 13 September 2022. Foto: Action Images via Reuters/Ed Sykes.

Seperti diwartakan liverpool.com, Mohammed Kudus adalah pemain yang bisa mengemban banyak peran di lapangan - sepert Roberto Firmino.

Selain itu, ia memiliki keunggulan secara individu dalam duel satu lawan satu - membuatnya sangat cocok bergabung dengan skuad Jurgen Klopp.

Baca Juga

Dari segi kreativitas, ia mungkin belum sehabat Bobby namun di depan gawang ia bisa tampil begitu mematikan.

Masih dalam laporan yang sama, pemain asal Ghana ini terlibat dalam 10 penciptaan gol Ajax, dari 17 pertandingan, dan dari 705 menit bermain saja.

Bicara soal rataan, ia pun mencatatkan 1,27 kontribusi gol per 90 menit - sebuah rapor impresif untuk pemain semuda dirinya.

Baca Juga

Mohammed Kudus saat ini berusia 22 tahun. Ia pun masih memiliki jalan panjang yang membentang di hadapannya.

Jurgen Klopp dan Liverpool pun sudah mengenal dirinya setelah dua kali bermain melawan Ajax di Liga Champions 2022-2023.

Walau gagal membawa Ajax berjaya di dua pertandingan grup yang sudah berlangsung, Mohammed Kudus sempat membuat The Reds ketar-ketir di pertemuan pertama mereka September lalu.

Baca Juga

Golnya pada menit ke-27 membuat Liverpool yang awalnya memimpin berkat Mohamed Salah harus menerima kedudukan seri di babak pertama.

Beruntung, Joel Matip tampil sebagai pahlawan timnya dengan mencetak gol pada menit ke-89, yang memastikan kemenangan Liverpool dengan skor akhir 2-1.

 

2. Mohammed Kudus Punya Talenta Brasil meski dari Ghana

Mohammed Kudus di laga Liga Champions Liverpool vs Ajax 13 September 2022. Foto: Action Images via Reuters/Ed Sykes.

Sebelum berseragam Ajax, Mohammed Kudus memulai karier profesionalnya bersama klub Denmark, FC Nordsjælland, pada tahun 2018 lalu.

Ia mendarat di FC Nordsjælland dari Ghanaian Right to Dream Academy, yang ia pertama kali ia ikuti saat berusia 12 tahun.

Baca Juga

Debut resminya untuk FC Nordsjælland pun terjadi tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke-18, di sebuah pertandingan melawan Brøndby IF.

Pada 16 Juli 2020, ia menandatangani kontrak dengan Ajax seharga 9 juta euro dan bertahan di klub Liga Belanda tersebut sampai detik ini.

Mohammed Kudus sendiri dibesarkan di Nima, sebuah komunitas yang berlokasi di Accra. Selama di Ajax, ia berkembang di bawah asuhan Erik ten Hag hingga Alfred Schreuder.

Baca Juga

Bahkan, penampilannya yang sempat menyita perhatian dalam beberapa waktu terakhir, membuat dirinya disama-samakan dengan legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho.

Ia memiliki talenta ‘mentah’ khas sepak bola Negeri Samba, yang pada akhirnya melambungkan nama Ronaldinho dan pemain-pemain asal Brasil lainnya di kancah Eropa.

Tidak heran jika Mohammed Kudus juga mengantongi karakteristik serupa Roberto Firmino - meski ia sendiri bukan berasal dari Brasil.

Baca Juga

Di Timnas Ghana sendiri, Mohammed Kudus sudah mentas ke tim senior usai bermain di tim level usia, termasuk U-17 dan U-20.

Jadi bagaimana, minatkah Liverpool?

Sumber: liverpool.com

LiverpoolLiga Primer InggrisRoberto FirminoLiga InggrisBerita Liga InggrisMohammed KudusOne Football

Berita Terkini