x

5 Taktik di Luar Nalar Manchester United saat Bungkam Real Sociedad di Liga Europa

Jumat, 4 November 2022 19:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Real Sociedad saat menerima bola tapi diganggu pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM - Berikut lima taktik di luar nalar yang dilakukan oleh Erik ten Hag hingga membuat Manchester United sukses membekuk Real Sociedad di Liga Europa 2022-2023.

Seperti diketahui, Manchester United baru saja berhasil mengalahkan Real Sociedad dengan skor 1-0 dalam duel terakhir Grup E Liga Europa, Jumat (04/11/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Dalam pertandingan yang digelar di Reale Arena tersebut, Manchester United menang berkat gol tunggal yang dicetak oleh Alejandro Garnacho pada menit ke-17.

Meski sukses menang di kandang Real Sociedad, Manchester United tetap gagal lolos otomatis ke babak 16 besar Liga Europa. Pasalnya, Setan Merah hanya mampu finis di posisi kedua Grup E.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo dkk sebenarnya memiliki poin sama dengan rivalnya tersebut. Hanya saja, Setan Merah kalah dalam agresivitas gol.

Dengan hal ini, pasukan Erik ten Hag harus menghadapi tim "buangan" dari Liga Champions di babak play-off demi mendapat tiket ke 16 besar.

Baca Juga

Sementara itu, duel Real Sociedad vs Manchester United pada dini hari WIB tadi berlangsung sangat seru. Ada beberapa hal menarik salah satunya mengenai taktik yang digunakan oleh Erik ten Hag.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima taktik di luar nalar yang digunakan Manchester United untuk membungkam Real Sociedad di Liga Europa.


1. Harry Maguire Berduet dengan Cristiano Ronaldo di Lini Depan

Selebrasi Alejandro Garnacho di laga Real Sociedad vs Manchester United (04/11/22). (Foto: REUTERS/Vincent West)

Dalam duel Real Sociedad vs Manchester United, Harry Maguire terlihat ada di bangku cadangan. Ia baru dimainkan oleh Erik ten Hag pada menit ke-82 menggantikan Garnacho.

Yang mengejutkan, Harry Maguire ternyata tidak dipasang sebagai bek tengah. Ia terlihat langsung berlari di lini depan untuk berduet dengan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Sayang, penampilan Harry Maguire sebagai striker sepertinya gagal membuahkan hasil. Ia terlihat hanya tiga kali menyentuh bola selama delapan menit sebelum laga berakhir.

Bruno Fernandes di Posisi Winger

Selain Harry Maguire, Erik ten Hag juga membuat taktik di luar nalar dengan menjadikan Bruno Fernandes sebagai winger kiri.

Baca Juga

Sayang, penampilan gelandang asal Portugal tersebut terbilang tidak maksimal. Belum diketahui mengapa Bruno Fernandes dijadikan winger, padahal Setan Merah masih memiliki stok seperti Rashford, Elanga hingga Pelistr.

Donny van de Beek Jadi Starter

Ada hal mengejutkan lainnya di laga Real Sociedad menjamu Manchester United. Donny van de Beek terlihat dimainkan sebagai starter oleh Erik ten Hag.

Baca Juga

Hal ini cukup mengejutkan para fans karena Erik ten Hag berani mengambil resiko meski duel melawan Real Sociedad begitu krusial.

Meski Manchester United mampu menang di kandang Real Sociedad, namun performa pemain asal Belanda itu jauh dari kata maksimal.


2. Man United Menggunakan 3 Bek

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: REUTERS/David Klein

Pada babak kedua, ada banyak perubahan yang dibuat oleh Erik Ten Hag. Seperti menggunakan pola tiga bek tengah yang diisi oleh Dalot, Lisandro Martinez, dan Luke Shaw.

Taktik ini cukup beresiko, namun beruntung Casemiro sukses memberi rasa aman di lini tengah. Hanya saja, sisi sayap Setan Merah juga terlihat sering bocor.

Marcus Rashford Jadi Playmaker

Rashford dimasukkan pada menit ke-58 menggantikan Donny van de Beek yang tidak maksimal. Marcus Rashford terlihat bermain untuk peran nomor 10 alias playmaker.

Sayang penampilan Marcus Rashford tidak maksimal karena dirinya tidak terbiasa dengan posisi ini. Kemampuan dribel dan kecepatan yang biasanya menjadi senjatanya sama sekali tidak muncul.

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga EuropaReal SociedadHarry MaguireErik ten HagAlejandro Garnacho Ferreyra

Berita Terkini