x

Liverpool Siap Dijual FSG, Ini 5 Calon Bos Baru The Reds

Rabu, 9 November 2022 15:27 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Reaksi Darwin Nunez di laga Liverpool vs Leeds United (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group (FSG), dilaporkan ingin segera menjual klub Liga Inggris (Premier League) itu. Dengan begitu, Liverpool siap menerima pinangan dari owner barunya nanti.

Sebelumnya, FSG membeli Liverpool dari George Gillett dan Tom Hicks pada Oktober 2010. Perusahaan Amerika Serikat milik John W. Henry ini membeli klub ini hingga 300 juta poundsterling.

Baca Juga

Kini setelah 12 tahun kepemilikannya, FSG siap melepas Liverpool kepada calon pemilik barunya. Namun, belum ada investor yang benar-benar serius ingin membelinya.

Dilansir dari Sportskeeda, setidaknya terdapat lima pihak yang mampu membeli Liverpool. Dengan kekuatan keuangannya, kelima pihak ini berpotensi jadi pemilik klub selanjutnya.

Berikut lima calon pembeli potensial dari Liverpool.

Baca Juga

Norway Sovereign Fund 

Norway Sovereign Fund dianggap sebagai pihak yang paling berpotensi memiliki Liverpool selanjutnya ketimbang dari pihak Timur Tengah.

Pasalnya, Liverpool memiliki basis penggemar yang besar di Skandivania. Norwegia juga negara yang dikenal etis dalam urusan politiknya.

Baca Juga

Mantan striker Liverpool, Stan Colleymore, menyebut bahwa Norwegia lebih masuk akal ketimbang dari pihak Timur Tengah.

"Saya pikir jika Liverpool dan FSG pintar, daripada mereka menjualnya ke Saudi, lebih baik carilah negara yang memiliki kedaulatan dan politik yang baik," kata Stan dalam kolom CaughtOffside.


1. Bahrain Sovereign Wealth Fund

Liverpool vs Napoli di Liga Champions.

Di tahun 2021, ada pihak dari Timur Tengah yang menawarkan 3 miliar poundsterling untuk membeli Liverpool. Tetapi, FSG menolaknya.

Ada klaim bahwa Keluarga Kerajaan Bahrain adalah pihak dari Timur Tengah tersebut. Bahrain Sovereign Wealth Fund Mumtalakat kini mengelola aset senilai 18 miliar dolar.

Baca Juga

Mumtalakat memegang saham mayoritas di McLaren Group dan tim Formula One-nya. Klub Ligue 2 Paris FC juga berada di bawah manajemen Mumtalakat.

Mukesh Ambani 

Seorang miliarder asal India, Mukesh Ambani, tentu memiliki dana cukup besar untuk membeli Liverpool. Dia memiliki kekayaan bersih 91,9 miliar dolar.

Baca Juga

Akan tetapi, FSG menolak pendekatan dari ketua dan direktur pelaksana Reliance Industries Ltd. tersebut setelah beberapa kali mencobanya.

Sejauh ini, Ambani sendiri sudah memiliki tim kriket di Liga Utama India, Mumbai Indians. Jadi, bukan hal baru bagi Ambani untuk berbisnis di dunia olahraga.

Sir Jim Ratcliffe

Sir Jim Ratcliffe adalah orang terkaya di Inggris. Dengan begitu, bukan hal sulit jika dia ingin membeli Liverpool.

Sebelumnya, Jim telah lebih dulu menawarkan untuk membeli Chelsea saat Roman Abramovich menjualnya. Namun, pada akhirnya Chelsea jadi milik Todd Boehly.

Baca Juga

Jim sendiri sebenarnya juga telah memiliki klub bola, yakni Nice (Prancis) dan Lausanne-Sport (Swiss). Jim juga memiliki tim bersepeda Ineos Grenadiers.

Namun, Jim adalah pecinta sejati Manchester United dan berniat membeli Man United dari kepemilikan Glazer. Sayangnya, Glazer tak ingin menjualnya.


2. Dubai Royal Family

Duel antara Harvey Elliott dengan Jesse Lingard dan Neco Williams dalam laga Liga Inggris antara Nottingham Forest vs Liverpool

Keluarga Kerajaan Dubai telah lama tertarik pada Liverpool dan mencoba membelinya pada 2006. Tetapi, Tom Hicks dan George Gillett berhasil mengalahkannya.

Sebenarnya, banyak fans Liverpool yang menentang dan menganggap Dubai adalah salah satu negara paling tidak demokratis di dunia.

Baca Juga

Tetapi jika Keluarga Kerajaan Dubai bisa memiliki The Reds, pihak klub takkan kesulitan dalam pembelian pemain dan bisa menyaingi keuangan dari Manchester City.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini