x

Gemilang di Piala Dunia 2022, 5 Negara Ini Bakal Meroket di Ranking FIFA Ada Wakil Asia

Jumat, 9 Desember 2022 21:25 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

INDOSPORT.COM - Sejumlah negara mengalami kenaikan peringkat yang siginifikan lantaran tampil apik di Piala Dunia 2022.

Sebanyak 8 negara telah memastikan diri akan tampil pada perempatfinal Piala Dunia 2022. Mereka adalah Brasil, Belanda, Argentina.

Kroasia, Maroko, Portugal, Inggris dan Prancis. Kroasia vs Brasil akan jadi laga pertama perempat final Piala Dunia 2022.

Kedua tim akan berhadapan di Stadion Education City, Qatar, Jumat (09/12/22) malam WIB. Brasil masih diunggulkan untuk meraih kemenangan, menyusul performa mereka yang sangat impresif sejak babak penyisihan grup.

Tetapi bukan berarti Kroasia dianggap remeh, karena mereka juga pernah melangkah hingg partai final pada edisi 2018 lalu di Rusia.

Baca Juga

Selain negara-negara unggulan, kiprah menarik dari tim-tim non-unggulan juga patut disimak di ajang empat tahunan ini.

Sebab tidak sedikit yang membuat kejutan, meski akhirnya memang harus tersingkir. Salah satunya adalah Maroko.

Baca Juga

Siapa yang menyangka kalau wakil Afrika ini bisa melangkah hingga babak perempat final. Tim besutan Walid Regragui bahkan menyingkirkan negara-negara besar.

Di antaranya adalah Belgia dan Spanyol. Belgia mereka kalahkan dengan skor meyakinkan 2-0 di laga penentuan babak penyisihan grup F.

Sedangkan Spanyol mereka kalahkan melalui adu penalti di babak 16 besar dengan skor 3-0, setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal dan tambahan waktu.

Performa impresif Maroko tentu akan berdampak positif buat merea di ranking FIFA yang bakal meroket naik.

Ranking FIFA terbaru sendiri memang belum dirilis, karena Piala Dunia 2022 belum usai. Meski demikian beberapa perubahan sudah bisa diprediksi.

Lantas, negara-negara mana saja yang bakal mengalami kenaikan signifikan di ranking FIFA usai gemilang di Piala Dunia 2022?

Baca Juga

1. Polandia

Pemain Jepang Maya Yoshida terlihat sedih setelah adu penalti Jepang harus tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/John Sibley)

Polandia mampu menembus partai 16 besar Piala Dunia 2022. Tergabung di Grup C bersama Argentina, Meksiko dan Arab Saudi, Polandia lolos dengan status runner-up grup.

Namun langkahnya terhenti karena di babak 16 besar mereka kalah dari Argentina dengan skor 2-0. 

Kendati demikian, Polandia tetap mendapat hasil positif dengan naik 4 posisi.

Mereka meraup 11,31 poin artinya naik empat posisi dari peringkat saat ini 26 ke 22 dunia.

Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang kiprahnya di Piala Dunia 2022 banyak diperbincangkan.

Baca Juga

Bagaimana tidak, tergabung di Grup neraka E bersama Jerman, Spanyol dan Kosta Rika, mereka mampu lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Di fase gugur bertemu Kroasia. Jepang nyaris lolos ke perempatfinal andai tidak kalah melalui adu penalti.

Baca Juga

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 di waktu normal dan tambahan waktu.

Setelah mengarungi empat laga di Piala Dunia 2022, skuad Samurai Biru meraup 33,57 poin.

Skuad asuhan Hajime Moriyasu ini pun naik empat posisi dari peringkat 24 ke 20 dunia.

Baca Juga

2. Maroko

Pelatih Australia Graham Arnold, Harry Souttar dan Kye Rowles terlihat sedih setelah pertandingan Australia harus tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Selanjutnya ada Maroko. Mereka saat ini jadi satu-satunya tim kuda hitam yang masih bertahan di Piala Dunia 2022.

Akan bertanding melawan Portugal di babak 8 besar. Berkat performa positifnya ini, Maroko akan mengalami kenaikan signifikan di ranking FIFA.

Maroko naik delapan posisi dari tangga 22 ke 14 dunia. Maroko meraup 75,22 poin di Piala Dunia 2022! Poin itu masih terus bertambah jika Maroko melaju jauh di Piala Dunia 2022.

Kamerun

Langkah Kamerun memang hanya sampai di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Tetapi performa mereka cukup baik dengan mengalahkan Brasil 1-0.

Berkat kemenangan itu, mendongkrak posisi mereka di ranking FIFA dari posisi 43 dunia ke 33 dunia dengan raihan 27,85 poin.

Australia

Australia tercatat mengalami kenaikan ranking FIFA paling drastis. Skuad asuhan Graham Arnold ini naik 11 posisi, tepatnya dari tangga 38 ke 27 dunia!

Kemenangan 1-0 atas Denmark yang menempati peringkat 10 dunia, menjadi alasan melonjaknya peringkat perwakilan Asia ini. Meski terhenti di 16 besar Piala Dunia 2022, Australia masih sanggup meraup 45,38 poin.

KamerunAustraliaJepangPiala DuniaMarokoPolandiaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini