x

3 Alasan Newcastle United Bisa Runtuhkan Status Quo The Big Six Liga Inggris Pasca Piala Dunia 2022

Rabu, 21 Desember 2022 16:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Newcastle United, Kieran Trippier usai mencetak gol ke gawang Aston Villa. Foto: REUTERS/Scott Heppell EDITORIAL USE ONLY

INDOSPORT.COM – Newcastle United diyakini bisa meruntuhkan status quo The Big 6 di Liga Inggris (Premier League) musim 2022/2023 pasca Piala Dunia 2022. Mengapa demikian?

Pasca berakhirnya Piala Dunia 2022, hampir seluruh lima liga teratas Eropa menjalani masa rehat, kecuali Liga Inggris atau Premier League.

Kompetisi kasta teratas di Inggris tersebut hanya membutuhkan waktu delapan hari saja pasca gelaran Piala Dunia 2022 untuk meneruskan kompetisi yang tertunda.

Diketahui, kompetisi paling elit sejagat ini akan melanjutkan pertandingan dan menjalani pekan ke-17 nya dimulai pada Senin (26/12/22).

Kembalinya pentas Liga Inggris 2022/23 pun membuat banyak pihak mulai menerka-nerka tim mana yang akan finis di empat besar di akhir musim.

Baca Juga

Banyak yang meyakini bahwa tim-tim The Big 6 seperti Manchester City, Liverpool, Arsenal, Manchester United, Chelsea, dan Tottenham Hostpur yang akan bersaing di papan atas.

Keyakinan ini lahir dari kemampuan, kedalaman skuad, hingga materi pemain dari keenam tim tersebut yang unggul atas 14 tim lainnya.

Baca Juga

Meski keenam tim atau The Big 6 itu diyakini bisa duduk di papan atas dan menempati empat besar, statusnya bisa saja tergusur di musim ini.

Status quo The Big 6 itu bisa saja runtuh oleh satu tim saja, yakni Newcastle United yang musim ini mampu tampil ciamik hingga duduk di peringkat ke-3.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Newcastle United bisa meruntuhkan status quo The Big 6 di Liga Inggris musim ini dan finis di empat besar pasca Piala Dunia 2022 usai. Apa saja alasannya?

Baca Juga

1. Penampilan The Magpies

Bruno Guimaraes dan Sven Botman, pemain Newcastle United. Foto: REUTERS/Lee Smith

1. Banyak Pemain Siap Tempur

Dibanding tim The Big 6 yang banyak mengirim pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2022, Newcastle United justru minim mengirim pemain.

Tercatat tim berjuluk The Magpies ini hanya mengirimkan lima pemain saja, berbeda dengan tim The Big 6 yang mengirimkan pemain hingga belasan pemain.

Karena banyak pemainnya yang tak berangkat ke Piala Dunia 2022, Newcastle pun punya skuad yang siap tempur ketimbang para tim The Big 6 lainnya.

Alhasil, saat Liga Inggris 2022/23 kembali bergulir, Newcastle bisa langsung tancap gas karena para pemain utamanya tersedia.

Eddie How selaku pelatih pun bisa mengoptimalkan permainan anak asuhnya karena ketersediaan pemain yang rehat sepanjang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Tren Positif

Sebelum Piala Dunia 2022 bergulir, Newcastle United menjadi salah satu tim yang mendapati hasil positif di Liga Inggris 2022/23.

Dalam 15 laga yang telah dimainkan, Newcastle mampu memenangkan delapan laga, imbang sebanyak enam kali, dan kalah sekali.

Baca Juga

Bahkan sebelum Liga Inggris memasuki masa rehat karena Piala Dunia 2022 mampu meraih lima kemenangan beruntun, salah satunya atas Chelsea.

Karena tren positif dan banyaknya pemain yang beristirahat selama Piala Dunia 2022, Newcastle pun diprediksi bisa melanjutkan kiprahnya ini saat Liga Inggris kembali bergulir.

Apalagi dua laga lanjutan Newcastle di Liga Inggris 2022/23 adalah tim-tim yang bisa dengan mudah dikalahkan, seperti Leicester City dan Leeds United.

Baca Juga

2. Transfer Cerdas di Januari

Gol tunggal pemain Newcastle United, Joe Willock ke gawang Chelsea di pekan ke-16 Liga Inggris Reuters/Lee Smith

3. Transfer Tepat Sasaran

Sama seperti klub lainnya, Newcastle United pun berencana beraktivitas dan menyibukkan diri sepanjang bursa transfer Januari 2023.

Momen bursa transfer musim dingin 2023 ini akan dimanfaatkan untuk menambal beberapa sektor yang dibutuhkan Newcastle.

Baca Juga

Salah satunya adalah lini serang. Dikabarkan bahwa Newcastle tengah mendekati Memphis Depay dari Barcelona dan Mykhaylo Mudryk dari Shakhtar Donetsk.

Newcastle membutuhkan dua pemain ini untuk menambah daya gedornya yang membutuhkan suntikan kekuatan untuk menjebol gawang lawan.

Baca Juga

Jika keduanya bergabung, maka Newcastle pun bisa saja menendang keluar tim-tim The Big 6 dari posisi empat besar di Liga Inggris 2022/23.

Newcastle UnitedEddie HoweLiga InggrisOne Football

Berita Terkini