x

5 Pemain Muda Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Rabu, 21 Desember 2022 13:35 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Rodrygo Goes, pemain West Ham United. Foto: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT - Sepak bola tidak henti-hentinya menghasilkan talenta muda terbaik. Bahkan, beberapa dari mereka justru memiliki nilai transfer yang sangat fantastis.

Baru-baru ini, Real Madrid mengamankan wonderkid asal Brasil, Endrick, yang baru berusia 16 tahun. Tetapi, dia baru akan bergabung pada 2024 saat usianya sudah 18 tahun.

Baca Juga

Dengan harga 72 juta euro, Endrick adalah pemain 16 tahun termahal dalam sejarah sepak bola. Tetapi, pemain Palmeiras ini bukanlah pemain muda termahal di dunia.

Berikut rekrutan lima pemain muda termahal di sepak bola dunia.

Baca Juga

Rodrygo - 45 juta euro

Brasil adalah gudangnya penghasil talenta sepak bola berbakat, salah satunya Rodrygo. Real Madrid mendatangkannya dari Santos FC pada Juli 2019 dengan mahar 45 juta euro.

Baca Juga

Sayangnya, nominal tersebut masih dirasa kurang jika dibandingkan dengan rekan setimnya yang sama-sama berasal dari Brasil, Vinicius Junior.

Dengan harga yang lebih murah, Vinicius terbukti lebih sukses ketimbang Rodrygo. Namun, keduanya tetap aset masa depan Madrid.


1. Anthony Martial

Anthony Martial, pemain baru Sevilla FC. Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo

Di AS Monaco, klub asal Prancis, Anthony Martial menunjukkan bakat istimewanya sehingga Manchester United tidak ingin melewati momen berharga ini.

Dia pun dibeli Man United seharga 60 juta euro untuk striker yang saat itu berusia 19 tahun pada September 2015 lalu. Nilai tinggi tersebut rupanya tidak bisa dibalaskan Martial.

Baca Juga

Pasalnya, sang striker harus berjuang untuk membuktikan kualitasnya. Selain kurang mendapat menit bermain, dia juga sering berada di ruang medis ketimbang di lapangan.

Matthijs de Ligt - 85,5 juta euro

Nama Matthijs de Ligt mulai dikenal dunia saat berhasil membawa Ajax Amsterdam mencapai semifinal Liga Champions 2018-2019.

Baca Juga

Setelahnya, bek muda sekaligus kapten Ajax ini pun akhirnya direkrut Juventus pada Juli 2019 senilai 85,5 juta euro di usianya yang ke-19 tahun.

De Ligt sendiri adalah bek pertama yang memenangi penghargaan Golden Boy. Kini, bek asal Belanda ini telah dilepas permanen ke Bayern Munchen, klub raksasa Jerman.


2. Joao Felix - 127,2 juta euro

Penyerang Portugal, Joao Felix (kiri) saat berduel dengan pemain Uruguay, Guillermo Varela dalam pertandingan kedua Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach_.

Joao Felix adalah aset berharga Benfica. Di klub raksasa Portugal ini, dia tampil luar biasa sehingga menarik minat klub Eropa lainnya.

Benar saja, pada Juli 2019 Atletico Madrid secara mengejutkan merekrutnya seharga 127,7 juta euro. Sebuah nominal yang sangat tinggi untuk pemain yang saat itu masih 19 tahun.

Baca Juga

Kedatangan Felix ke klub asal Spanyol ini adalah untuk menambal posisi yang ditinggalkan Antoine Griezmann yang saat itu dibeli Barcelona.

Sayangnya, kedatangan Felix ke Wanda Metropolitano kurang sesuai ekspektasi. Performanya pun belum konsisten.

Kylian Mbappe - 180 juta euro

Nama besar Kylian Mbappe dimulai saat dirinya tampil begitu menjanjikan di AS Monaco. Dia lalu dipinjamkan ke Paris Saint-Germain selama semusim.

Di PSG, kehebatannya semakin terlihat sehingga dia dipermanenkannya pada Juli 2018 dengan harga sangat fantastis, yakni 180 juta euro.

Di klub raksasa Prancis ini, nama Mbappe semakin dikenal dunia lewat banyaknya gol yang ia lesatkan. Hingga musim 2022-2023 ini, dia terus konsisten mencetak gol.

Baca Juga

Namanya semakin bersinar kala membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 saat dirinya masih berusia 19 tahun.

Empat tahun berselang, Mbappe nyaris meraih trofi Piala Dunia keduanya andai saja Prancis tidak kalah dalam babak adu penalti dengan Argentina di final Piala Dunia 2022 pekan kemarin.

Bola InternasionalKylian MbappeTRIVIARodrygo Goes

Berita Terkini