x

Adu Kiper Timmas Indonesia vs Thailand Jelang Duel Piala AFF 2022, Siapa Lebih Hebat?

Rabu, 28 Desember 2022 14:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM – Jelang duel Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand, dua kiper andalan tim saling beradu kekuatan di dalam menjaga gawang mereka di turnamen ini.

Timnas Indonesia akan menjamu Thailand pada lanjutan Grup A  Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/22) pukul 16.30 WIB.

Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung alot mengingat Indonesia dan Thailand sama-sama memperebutkan posisi puncak klasemen Grup A turnamen Asia Tenggara ini.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua dengan tabungan 6 poin hasil kemenangan dua laga, tetapi kalah dalam selisih gol dari Thailand yang berada di puncak dengan poin sama.

Selain itu, pertandingan ini akan menjadi adu kekuatan lini depan antara Indonesia dengan Thailand yang sejauh ini sudah menggelontorkan banyak gol dalam dua pertandingan perdana.

Baca Juga

Thailand yang diperkuat Teerasil Dangda mencetak sembilan gol, masing-masing lima gol ke gawang Brunei Darussalam dan empat gol ke gawang Filipina.

Ada pun, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan sudah mengasilkan sembilan gol, masing-masing dua gol namun kebobolan satu saat melawan Kamboja dan tujuh gol ke gawang Brunei Darussalam.

Baca Juga

Ketajaman lini serangan masing-masing tim tersebut jelas bakal merepotkan kiper Timnas Indonesia yakni Nadeo Argawinata dan kiper Thailand Kittipong Phoothawchuek.

Nadeo dan Kittipong sendiri dipercaya sejak awal mengawal gawang Indonesia dan Thailand di Piala AFF 2022. Mereka kemungkinan juga akan beradu saat kedua tim bertemu di GBK lusa.

Oleh karenanya, INDOSPORT tertarik mengulas kekuatan dan ketangguhan Nadeo dan Kiittipong menjelang pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand:

Baca Juga

1. Nadeo Argawinata – Timnas Indonesia

Kiper Timnas U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019.

Nadeo Argawinata tampil untuk kedua kalinya bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF.

Pada edisi sebelumnya, dia ikut membantu skuad Garuda mencapai final sebelum harus puas menjadi runner-up usai dikalahkan Thailand.

Pada edisi Piala AFF 2022, Shin Te-yong kembali mempercayakan kiper Bali United tersebut menjaga mistar gawang Timnas Indonesia.

Nadeo Argawinata selalu menjadi starter dalam dua pertandingan pertama Piala AFF 2022, yakni saat melawan Kamboja dan Brunei Darussalam.

Namun, gawangnya sekali kebobolan oleh pemain Kamboja di laga pembuka. Adalah sareth Krya yang mendapatkan assist dari Seut Baraing yang mampu membobol gawang Nadeo.

Baca Juga

Meski kebobolan sekali di laga tersebut, Nadeo Argawinata juga sempat melakukan sekali penyelamatan dari dua tembakan Kamboja yang mengarah ke gawangnya.

Nadeo membayar kesalahannya di laga perdana dengan mampu menjaga cleansheet saat Timnas Indonesia melumat Brunei Darussalam dengan 7 gol tanpa balas.

Meski Indonesia tampil dominan di laga kedua, namun gawang Nadeo beberapa kali sempat mendapatkan ancaman dari para pemain Brune Darussalam.

Baca Juga

Nadeo bahkan harus melakukan empat kali penyelamatan dari empat tembakan mengarah ke gawang dari delapan percobaan yang dilakukan Brunei Darussalam.

Terlepas dari penampilannya di Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata dianggap salah satu kiper terbaik di kompetisi Liga 1 bersama klubnya Bali United.

Pada musim Liga 1 2022-2023, kiper jangkung 187 cm tersebut suah kebobolan 11 gol dan mencatat empat kali cleansheet dari 10 pertandingan.

Total bermain di Piala AFF 2022: 2 pertandingan, 90 menit

Cleansheet: 1

Baca Juga

2. Kittipong Phoothawchuek: Timnas Thailand

Logo sepakbola Thailand.

Kittipong Phoothawchuek merupakan penjaga gawang andalan klub kasta teratas Thai League, BG Pathum United. Sama seperti Nadeo, dia juga dipercaya Thailand tampil sejak laga perdana di Piala AFF 2022.

Namun bedanya, Piala AFF 2022 menjadi ajang debut bagi kiper berusia 33 tahun tersebut untuk Thailand di kompetisi antartim se-Asia Tenggara tersebut.

Kehadiran Kittipong Phoothawchuek semakin membuktikan bahwa kekuatan lokal timnas Thailand tidak boleh diremehkan begitu saja.

Sebab, dia sudah mampu mencatat 2 cleansheet dari dua pertandingan perdana Gajah Perang di ajang ini

Saat Thailand melumat Brunei dengan skor 0-5, Kittipong Phoothawchuek bisa dikatakan tidak banyak mengeluarkan keringat alias lebih banyak menyanggur.

Baca Juga

Pasalnya, Thailand lebih banyak menguasai bola dan hampir sebagian besar bola itu mengarah ke gawang Brunei Darussalam yang dikawal Haimie Abdullah Nyaring.

Kittipong Phoothawchuek tercatat hanya sekali melakukan penyelamatan dari satu-satunya tembakan tepat sasaran yang dilakukan Brunei Darussalam.

Sedangkan saat menghadapi Filipina, Kittipong Phoothawchuek sedikit dipaksa bekerja keras. Sebab, Filipina bermain cukup ngotot saat lakukan counter attack demi membobol gawang Thailand.

Baca Juga

Namun, Kittipong Phoothawchuek mampu melakukan dua kali penyelamatan dua tembakan Filipina yang mengarah ke gawang Thailand.

Di level klub, Kittipong Phoothawchuek sama seperti Nadeo juga mencatatkan empat cleansheet di kompetisi Thai League bersama BG Pathum United.

Bedanya, Kittipong Phoothawchuek telah kebobolan 18 kali dari 15 penampilannya di kompetisi tersebut sejauh musim ini.

Total bermain di Piala AFF 2022: 2 pertandingan, 90 menit

Cleansheet: 2

Baca Juga
ThailandTimnas IndonesiaNadeo ArgawinataBola InternasionalTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini