x

5 Pemain Usia 30+ Tahun yang Masih Laku Keras, Eks Man United ke Bayern Munchen

Jumat, 13 Januari 2023 13:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Daley Blind.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola sudah memasuki usia 30+ tahun disebut sudah uzur. Namun para pemain ini masih laku keras, termasuk eks Manchester United. 

Melewati usia 30 tahun, memang menjadi tantangan tersendiri untuk para pemain jika sedang mencari klub baru. Karena usia sudah tidak lagi muda. 

Baca Juga

Fenomena ini bisa kita lihat dalam diri striker asal Rusia Artem Dzyuba yang kontraknya selesai bersama Zenit St. Petersburg di akhir musim 2021/2022 kemarin. 

Dia sempat gabung dengan klub Turki Adana Demirspor, namun pada awal November, kontraknya diputus secara kesepakatan bersama. 

Begitu juga dengan striker Rusia lainnya, yakni Alan Dzagoev yang kontraknya berakhir dengan CSKA Moscow harus rela menurunkan level dengan gabung Rubin Kazan di kasta kedua. 

Baca Juga

Penyerang top sekaliber Diego Costa bahkan pernah berstatus tanpa klub sebanyak dua kali. Yang pertama ketika kontraknya berakhir dengan Atletico Madrid pada Januari 2021. 

Dia sempat pulang ke Brasil untuk gabung bersama Atletico Mineiro pada Agustus 2021 yang kontraknya berakhir pada Januari 2022. 

Striker yang terkenal bengis ini harus menunggu 9 bulan lamanya sebelum direkrut Watford pada September 2022 kemarin. 

Baca Juga

Namun kesulitan yang dialami para pemain di atas, tidak terjadi pada 5 pemain yang berusia 30 tahun ke atas, yang masih laku keras. 

Bahkan beberapa di antaranya yang sempat main di klub-klub gurem, berhasil kembali ke level tertinggi dengan gabung klub top. Berikut rangkuman 5 pemain veteran yang laku keras. 


1. 5. Mislav Orsic

Dejan Lovren dari Kroasia terlihat sedih usai pertandingan saat Kroasia tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Mislav Orsic merupakan nama asing karena memang belum pernah main di liga-liga top Eropa. Namun kejutan terjadi dalam hidupnya ketika memasuki usia 30 tahun. 

Pada bursa transfer Januari 2023, dia pindah ke Southampton, yang bukan klub besar di Liga Inggris, jelas langkah ini adalah kenaikan karirnya. 

Baca Juga

Southampton merekrut Orsic dari Dinamo Zagreb untuk menambah opsi di lini serang sayap kiri. Menarik untuk melihat penampilan Orsic di sisa musim 2022/2023 ini. 

4. Dejan Lovren

Selanjutnya mungkin salah satu mantan bek senior yang sempat diandalkan Liverpool, yakni Dejan Lovren. Bek berkebangsaan Kroasia ini baru saja gabung Olympique Lyon di bursa transfer musim dingin Januari 2023.

Namun dia bergabung bukan langsung dari Liverpool, melainkan dari Zenit st Petersburg. Dia meninggalkan Liverpool pada musim 2020 ke klub Rusia tersebut.  

Baca Juga

Dua tahun di Rusia, dia akhirnya kembali ke Prancis membela Olympique Lyon, klub yang pernah dibelanya pada medio 2010-2013.  

Bersama The Reds, Lovren sendiri mengantongi sebanyak 185 penampilan di semua kompetisi. Dia masih menjadi bagian dari skuat Liverpool yang menjuarai Liga Inggris 2019 dan Liga Champions 2020.

3. Guillermo Ochoa

Guillermo Ochoa merupakan kiper veteran yang dikenal tampil luar biasa setiap membela Meksiko di level tim nasional. 

Baca Juga

Ochoa sudah merantau ke berbagai klub Eropa, di liga-liga top seperti Liga Prancis, Liga Spanyol hingga Liga Belgia. Namun status klubnya hanyalah papan bawah dan tengah. 

Pada tahun 2019 dengan usia 34 tahun, dia sempat pulang ke klub pertamanya di Meksiko. Namun, Januari 2023 dengan usia hampir 40, dia menerima pinangan Salernitana di Liga Italia. 


2. 2. Daley Blind

Paulo Dybala kesulitan untuk melewati hadangan Daley Blind.

Mantan pemain Manchester United, Daley Blind resmi bergabung dengan klub Liga Jerman, Bayern Munchen di bursa transfer Januari 2023 secara gratis.

Sebelumnya, Daley Blind merupakan pemain Ajax Amsterdam dengan catatan lebih dari 100 pertandingan di Liga Belanda sejak kembali dari Stadion Old Trafford pada 2018 lalu. 

Hanya saja, bek timnas Belanda ini resmi menyepakati pemutusan kontrak bersama dengan Ajax Amsterdam yang gagal total di fase grup Liga Champions.

Baca Juga

1. Geronimo Rulli

Geronimo Rulli merupakan kiper Argentina yang tidak pernah dimainkan di Piala Dunia 2022, karena kalah saing dari Emiliano Martinez. 

Kendati begitu, dia tidak kehilangan daya tariknya. Pada Januari 2023 ini, Ajax Amsterdam meresmikan dirinya sebagai kiper anyar. 

Rulli tampaknya akan dijadikan kiper utama Ajax Amsterdam, karena kiper-kiper yang ada di skuat asuhan Alfred Schreuder sudah memasuki usia 40 tahunan.

Manchester UnitedLiverpoolDejan LovrenBayern MunchenDaley BlindGuillermo OchoaBola Internasional

Berita Terkini