x

Debut dan Langsung Kartu Merah, Kedatangan Joao Felix Malah Bikin Chelsea Rugi Bandar

Sabtu, 14 Januari 2023 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Joao Felix menodai debutnya sebagai pemain baru Chelsea dengan sanksi kartu merah. Situasi ini membuat The Blues juga mengalami kerugian secara finansial. Foto: Action Images via Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM – Joao Felix menodai debutnya sebagai pemain baru Chelsea dengan sanksi kartu merah. Situasi ini membuat The Blues juga mengalami kerugian secara finansial.

Joao Felix didatangkan Chelsea pada bursa transfer Januari 2023 dengan skema pinjaman dari Atletico Madrid.

Tak butuh waktu lama, penyerang asal Portugal itu menjalani debutnya sebagai pemain anyar Chelsea dalam laga lanjutan Liga Inggris melawan Fulham, Jumat (13/1/23).

Berlangsung di Stadion Craven Cottage, pasukan Graham Potter justru mendapatkan hasil mengejutkan dengan skor akhir 2-1 untuk kemenangan Fulham.

Kekalahan ini membuat Chelsea kian jauh dari zona Liga Champuons karena mereka terpaut 10 poin dari Manchester United yang berada di posisi keempat pada klasemen Liga Inggris.

Baca Juga

Sialnya, Chelsea juga mendapat pukulan lain dari pertandingan ini. Joao Felix yang notabene pemain baru The Blues mendapatkan kartu merah di laga debutnya.

Kartu merah yang didapatkan setelah dia melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Fulham Kenny Tete. Imbasnya, Joao Felix harus melewatkan tiga pertandingan Chelsea ke depan.

Baca Juga

Melansir Four Four Two, kartu merah yang didapat penyerang asal Portuhal ini tidak hanya merugikan The Blues dilapangan memainkan juga membuat klub London Barat itu kehilangan jutaan pounds.

Dipahami. Chelsea mengeluarkan biaya sebesar 9 juta pound atau sekitar Rp168 miliar saat meminjam Joao Felix dari Atletico Madrid dengan durasi enam bulan.

Sesuai kesepakatan, Chelsea juga dibebankan memenuhi selusuh gaji sang pemain di Atletico Madrid yang mencapai 250.000 pound (Rp4,6 miliar) per pekannya.

Baca Juga

1. Rincian Kerugian Chelsea

Joao Felix di laga Liga Inggris Fulham vs Chelsea (13/01/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

Dihitung-hitung, Chelsea akan menghabiskan biaya 6 juta pounds atau Rp110 miliar untuk membayar gaji Felix selama enam bulan.

Dengan hanya duduk di tribun selama empat pekan saja, Joao Felix sudah memakan gaji buta sebesar 1 juta pounds atau Rp18,4 miliar di Chelsea.

Selain itu, Joao Felix juga dikenai denda sebesar 1,8 juta pounds karena absen dalam tiga pertandingan. Artinya, kartu merah Joao Felix membuat Chelsea merugi 2,8 juta pounds (Rp51,7 miliar).

Chelsea sendiri seharusnya mengontrak Joao Felix untuk 21 pertandingan tersisa Liga Inggris, yang mana setiap pertandingan akan bernilai 428.500 pounds (Rp7,9 miliar) dari biaya pinjaman 9 juta pounds.

Namun, Joao Felix hanya akan memainkan 17 pertandingan setelah dikurangi skorsing tiga laga dari kartu merah yang dia terima.

Baca Juga

Meski mengalami kerugian apabila dihitung dari jumlah pertandingan tersisa Liga Inggris, Chelsea masih bisa mengeruk keuntungan jika memainkan Felix di ajang Liga Champions.

Chelsea memang masih akan menjalani kompetisi Liga Champions, di mana mereka akan menghadapi Borussia Dortmund di babak  16 besar dan sejumlah laga lain jika tim lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga

Joao Felix sendiri sejatinya tampil mengesankan di menit-menit awal saat menghadapi Fulham sebelum diusir oleh wasit pada menit ke-58.

Penyerang berusia 23 tahun tersebut akan absen di tiga pertandingan Chelsea di kancah Liga Inggris, yakni saat melawan Crystal Palace pada Sabtu (14/1/23) malam nanti, Liverpool (21 Januari) dan Fulham (4 Februari).

Atletico MadridChelseaLiga InggrisJoao FelixBerita Liga Inggris

Berita Terkini