x

Garuda Select: Kiper Persija Jakarta Debut di Inggris, Langsung Bikin Save Krusial

Sabtu, 25 Maret 2023 10:13 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Muhammad Hafizh Rizkianur, kiper Persija Jakarta yang lolos seleksi Garuda Select 5.

INDOSPORT.COM - Kiper muda jebolan Akademi Persija Jakarta, Muhammad Hafizh Rizkianur, berhasil mencatatkan debutnya di laga Garuda Select vs Huddersfield.

Bermain di Loughborough University, Inggris, Rabu (22/03/23), skuad Garuda Select berhasil mengandaskan Akademi Huddersfield Town dengan skor telak 6-0.

Awalnya, pelatih memainkan para andalan sebagai starting line up. Matteo Piombino dari Italia masih tidak tergantikan di posisi penjaga gawang Garuda Select.

Hasilnya, Matteo mampu mementahkan serangan para pemain Huddersfield. Skuat Garuda Select juga unggul atas tim Inggris dengan skor 2-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Garuda Select, Des Walker membuat sebuah kejutan besar dengan memainkan Muhammad Hafizh Rizkianur.

Baca Juga

Laga ini menjadi ajang debut bagi Hafizh di Inggris, setelah ia menjalani latihan dengan pelatih kiper Garuda Select, Phil Smith, sejak bulan Desember 2022 lalu.

Hasilnya sesuai dengan harapan, Hafizh Rizkianur mampu menjaga gawang Garuda Select dari kebobolan. Ia juga mencatatkan save krusial pada menit-menit akhir laga.

Baca Juga

Hafizh mengaku lega saat akhirnya bisa mendapat jam terbang di pertandingan resmi Garuda Select, setelah sebelumnya hanya puas bermain di internal game saja.

"Pertama-tama saya bersyukur banget bisa dikasih kesempatan (dalam pertandingan melawan Huddersfield), saya bisa main di pertandingan hari ini," ungkap Hafizh.

"Dan alhamdulillah bisa cleansheet juga tadi, sama mendapatkan satu save," kata pemain jebolan Akademi Persija Jakarta itu.

Baca Juga

1. Ambisi Hafizh Bersama Garuda Select

Skuat Garuda Select 5. Foto: Garuda Select/Mola TV.

Sejak skuat Garuda Select angkatan kelima tiba di Inggris pada bulan Desember 2022 lalu, lalu menjalani tur ke Italia, kemudian kembali ke Inggris, Muhammad Hafizh Rizkianur belum pernah bermain.

Padahal, akun resmi Garuda Select selalu mengunggah cuplikan video latihan Hafizh yang bisa melakukan banyak penyelamatan.

Buah dari kerja keras dan penantian yang sabar, Hafizh akhirnya berhasil mencatat debutnya dalam laga kontra Huddersfield, meski harus masuk dari bangku cadangan.

Kepercayaan dari pelatih ia bayar dengan mencatatkan cleansheet dan save krusial, sehingga Garuda Select menang 6-0 atas Hiddersfield, tanpa sekali pun kebobolan.

Kepercayaan ini pula yang membuat Hafizh semakin percaya diri, ia ingin membuktikan jika ia bisa tampil lebih baik dan layak untuk mendapatkan tempat utama di tim.

Baca Juga

"Rasa pengen main tuh ada banget, kan di sini saya juga butuh namanya jam terbang," ungkap pemain yang menimba ilmu sepak bola di SSB Bintang Junior Selection itu.

"Harapan saya yang pasti semoga aja kedepannya bisa lebih sering dimainin lagi, sama bisa menunjukkan yang terbaik aja," kata Hafizh, sang penggemar Manuel Neuer.

Baca Juga

Sekadar informasi, ada satu fakta menarik dari Hafizh. Ayahnya, Bambang Nurcahyo adalah mantan atlet basket, dan ibunya, Ety Lestari, diketahui adalah mantan atlet voli.

Kakak dari Hafizh, Muhammad Rafi Dwi Cahyo, pernah menjadi kiper Persija Jakarta U-16. Kini, Hafizh juga mengikuti jejak sang kakak, bermain untuk Macan Kemayoran.

Hafizh pernah dinobatkan sebagai man of the match pada Liga Hansaplast TopSkor U-13 2019/2020 lalu, sehingga membuatnya bisa menembus skuat Persija Jakarta U-16.

Baca Juga

Sumber: instagram/programgarudaselect

InggrisPersija JakartaKiperHuddersfield TownBola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini