☰
x

3 Pemain yang Dirumorkan Sebagai Kandidat Pengganti Ryo Matsumura di Persis Solo

Kamis, 27 April 2023 13:33 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Winger Persis Solo, Ryo Matsumura berusaha melewati kawalan bek Persita, Muhammad Toha. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ada tiga pemain yang dirumorkan mendekat ke Persis Solo setelah lepasnya Ryo Matsumura. Tiga nama ini memiliki posisi yang sama dengan winger Jepang.

Persis Solo harus merelakan kepergian Ryo yang musim ini mencetak sebelas gol dan enam assist. Manajemen Persis Solo merasa sulit untuk memenuhi permintaan gaji yang diajukan agen Ryo.

Sejauh ini, rumor menyebut Ryo akan ke Persija Jakarta. Manajemen tim Macan Kemayoran disebut-sebut mau memenuhi permintaan gaji Ryo dan tinggal bernegosiasi dengan BG Pathum United.

Sementara dari kubu Persis Solo, sejauh ini belum ada nama yang diumumkan sebagai pilar baru. Satu slot pemain asing baru diisi Alexis Messidoro yang mendapat perpanjangan kontrak dua musim.

Hanya ada rumor-rumor tentang kandidat sosok yang menggantikan Ryo Matsumura. Dari rekapan data INDOSPORT.com, ada tiga pemain yang sangat mungkin jadi pilihan Persis Solo.

Baca Juga

Nama terdepan adalah Moussa Sidibe. Namun, peluang dari Kenzo Nambu dan Kento Nagasaki juga cukup terbuka. Berikut ini penjelasan dan profil ketiga pemain tersebut.

1. Moussa Sidibe

Moussa Sidibe menjadi sosok terdepan yang dirumorkan sebagai pengganti Ryo Matsumura. Moussa kini berstatus pemain Johor Darul Takzim (JDT), namun sedang dipinjamkan ke klub Thai 1 League,  Ratchaburi.

Baca Juga

Bagi publik Solo, Moussa bukan wajah asing meski belum pernah main di Indonesia. Moussa tampil gemilang ketika Persis Solo menjalani uji coba melawan JDT di Johor pada pertengahan November 2022 lalu.

Cara kerjanya hampir mirip dengan Alexis Messidoro dan Ryo Matsumura. Moussa punya kecepatan, umpan satu-dua dan berkarakter menyerang.

Sebelum membela JDT, ia menapaki karier di Spanyol. Ia membela tim-tim kasta kedua dan ketiga Liga Spanyol, seperti Costa Brava, FC Andorra, Ponferradina dan Cordoba.

Baca Juga

Bersama Ratchaburi, Moussa tampil dalam 8 pertandingan di Thai 1 League dan 2 kali di League Cup. Catatan itu lebih banyak ketimbang saat main di tim utama JDT hanya bermain tiga kali.

Thai 1 League sendiri akan berakhir pada bulan Mei. Makanya, ada kemungkinan Moussa langsung terbang ke Indonesia setelah menyelesaikan musim bersama Ratchaburi.


1. 2. Kenzo Nambu

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Stadion Gelora B.J. Habibie (Lompoe), Jumat (17/03/23). (Foto: Instagram@psm_makassar)

Kenzo Nambu tampil sangar pada musim perdananya di Indonesia. Ia mencetak sembilan gol dan dua assist untuk membawa PSM Makassar jadi juara pada kompetisi Liga 1 2022-2023.

Performa menawan ini membuat Kenzo Nambu mendapat tawaran dari beberapa klub Liga 1. Ada rumor yang menyebut Persis Solo sempat melirik Kenzo usai Ryo Matsumura memutuskan untuk hengkang ke klub lain.

Baca Juga

Namun, Kenzo merupakan tipikal yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Ryo. Kenzo bukan tipe pemain yang terus berlari membawa bola. Ia merupakan tipe finisher.

Hal itu dibuktikan dengan 39 sepakan yang dilancarkan dalam 31 penampilan. Dari 39 tembakan itu, 21 tembakan di antaranya menemui sasaran. Satu dari sembilan gol Kenzo musim ini dicetak ke gawang Persis Solo.

Baca Juga

Kemungkinan Kenzo menjadi bagian klub lain, termasuk Persis Solo, masih terbuka karena nego kontrak dengan PSM Makassar berjalan alot.

Kenzo disebut-sebut masih berpikir ulang tentang masa depannya, apalagi beberapa klub memberikan tawaran berupa kenaikan gaji dibandingkan musim lalu.

Baca Juga

2. 3. Kento Nagasaki

Pemain asal Thailand, Kento Nagasaki.

Kento Nagasaki merupakan salah satu pemain Jepang yang kenyang pengalaman berkarier di Asia Tenggara.

Pemain yang berkembang sebagai pemain di Shizuoka Sangyo University ini cukup lama menjadi bagian dari Albirex Niigata yang berkarier di Singapura.

Setelah dari Singapura, Kento yang berposisi sebagai gelandang serang mulai bermain di Thailand pada musim 2018-2019. Ia menjadi salah satu pemain yang cukup bersinar di Thai League 2 atau sama dengan Ryo Matsumura.

Pada musim ini, Kento menjadi bagian dari tim Uthai Thani. Dia sudah bermain 33 kali dengan catatan lima gol. Karakter bermain yang dimiliki Kento sangat mirip dengan peran yang dijalankan Ryo di Persis Solo pada musim lalu.

Sejauh ini, memang belum ada sinyal yang mengarah ke Kento. Namun, bila belajar dari kehadiran "dadakan" Ryo pada musim lalu, bukan tak mungkin Persis Solo sudah mulai melirik Liga Thailand, baik di kompetisi Thai 1 league maupun Thai 2 League.

Dari catatan Transfermarkt, kontrak Kento akan berakhir pada 31 Mei 2023. Kento bisa menjadi opsi Persis Solo dengan kontrak penuh.

Persis SoloLiga 1Ryo Matsumura

Berita Terkini