x

Goncalo Inacio, Bek Muda Portugal Calon Penerus Virgil van Dijk dkk di Liverpool

Minggu, 7 Mei 2023 15:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Goncalo Inacio, bek muda Sporting Lisbon yang belum lama ini dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Ya, Liverpool dalam beberapa waktu terakhir memang lebih santer dikabarkan ingin mendatangkan pemain baru di posisi gelandang.

Oleh sebab itu, mencuatnya nama Goncalo Inacio pun membuat publik bertanya-tanya, apakah mungkin posisi bek tengah Liverpool akan mengalami perombakan?

Seperti diketahui, Jurgen Klopp sejauh ini masih memiliki bek yang bisa diandalkan, terutama Virgil van Dijk yang sudah menjadi tembok kokoh pertahanan tim untuk sekian lama.

Namun menurut laporan Le Parisien yang diwartakan laman liverpool.com, The Reds kabarnya sudah membuka pembicaraan dengan pihak Goncalo Inacio.

Baca Juga

Mereka berniat mendatangkannya di bursa transfer musim panas mendatang. Selain Liverpool, klub-klub Liga Inggris lain konon juga berminat terhadap sang pemain.

O Jogo mewartakan, bahwa Manchester United dan Newcastle United tertarik mendatangkan pemain muda Portugal ini ke skuad mereka.

Baca Juga

Masih dalam pemberitaan yang sama, The Red Devils dan The Magpies juga dikabarkan telah menjalin kontak dengan agen Goncalo Inacio, Miguel Pinho.

Akan tetapi, belum ada langkah konkret yang diambil untuk membahas negosiasi lebih lanjut dengan pihak klub, dalam hal ini adalah Sporting Lisbon.

Jika benar demikian, artinya Liverpool harus bersaing dengan dua rivalnya tersebut jika benar-benar ingin memboyong Goncalo Inacio ke Liga Inggris.

Baca Juga

1. Goncalo Inacio Bisa Jadi Masa Depan Liverpool

Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Sebelum ini, raksasa sepak bola Merseyside tersebut sempat dikaitkan dengan sejumlah bek seperti Antonio Silva (Benfica) dan Perr Schuurs (Torino).

Lalu ada pula Josko Gravdiol (RB Leipzig) dan Jurrien Timber (Ajax). Hanya saja, rumor yang menyeret nama mereka ini sudah hilang dimakan waktu.

Kini yang ada hanyalah Goncalo Inacio, bek muda yang masih berusia 21 tahun, yang entah kapan ia bisa merapat ke Liverpool nantinya.

Sejauh ini, Liverpool masih punya sejumlah bek tengah yang mungkin saja tetap dipertahankan Jurgen Klopp untuk beberapa waktu ke depan.

Virgil van Dijk, masih terikat kontrak hingga 2025 dan kecil kemungkinan ia bakal angkat kaki sebelum masa baktinya habis dua tahun lagi.

Baca Juga

Lalu partnernya yakni Ibrahima Konate pun sama. Seperti Virgil van Dijk, bek yang satu ini juga tidak akan pergi ke mana-mana musim panas nanti.

Nasib yang sedikit berbeda mungkin dialami Joe Gomez yang perlahan-lahan mulai kehilangan menit bermain di skuad Jurgen Klopp.

Baca Juga

Sementara itu, Nathaniel Phillips juga tidak mengantongi rekam jejak mentereng saat bermain di tim utama.

Joel Matip mungkin sedikit lebih baik lantaran bisa menjadi pilihan ketiga setelah Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate.

Akan tetapi, ia punya satu masalah yaitu kontrak yang akan berakhir dalam kurun waktu kurang lebih 12 bulan.

Baca Juga
 

2. Siapa Goncalo Inacio?

Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Dari situasi empat bek tengah Liverpool di atas, Goncalo Inacio nampaknya bukan pilihan yang buruk jika Jurgen Klopp ingin menambahkannya ke skuad.

Bicara soal profil, Goncalo Inacio dideskripsikan laman foottheball.com sebagai bek tengah yang lihai dalam membawa bola baik dengan kaki kanan maupun kirinya.

Selain itu, ia juga luar biasa dalam membaca ruang di sekitar lawan saat membawa bola, dan memiliki fisik sempurna untuk menjadi bek tengah yang gesit.

Saat sedang menguasai bola, ia tipe pemain yang akan terus mengawasi dan memindai area sekelilingnya untuk menemukan umpan terbaik.

Kemudian saat diberi kesempatan dan kebebasan, ia mampu membedah garis lawan dengan umpan progresif dan memilih rekan setimnya yang berada lebih di depan.

Goncalo Bernardo Inacio lahir di Almada, Portugal, pada 25 Agustus 2001 dan memulai kariernya di klub sepak bola lokal setempat.

Ia kemudian bergabung dengan Sporting Lisbon saat berusia 11 tahun dan mentas ke tim utama pada 2020 lalu.

Terlepas dari itu, Goncalo Inacio telah mengumpulkan cukup banyak pengalaman bersama Timnas Portugal.

Ia telah bermain untuk berbagai tim usia mereka mulai dari U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21, hingga akhirnya dipanggil ke level senior pada 2023.

Momen debutnya diberikan oleh Roberto Martinez pada Maret 2023 di pertandingan kualifikasi Euro 2024 menghadapi Liechtenstein.

Sumber: liverpool.com, foottheball.com

Bursa TransferLiverpoolSporting LisbonVirgil van DijkBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainOne Football

Berita Terkini