x

Timnas U-22 Juara SEA Games 2023, Erick Thohir: Alhamdulillah, Ini Titik Awal

Rabu, 17 Mei 2023 03:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Acara pelepasan Timnas Indonesia U-22 ke SEA Games 2023 Kamboja oleh Ketum PSSI Erick Thohir di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/04/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Skuad Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di final yang berlangsung Selasa (16/05/23) malam di Stadion Olimpiade Phnom Penh.

Pertandingan berlangsung dramatis dan menguras energi. Indonesia sempat unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Ramadhan Sananta ('21 dan 45+4).

Tapi, Thailand berhasil samakan kedudukan jadi 2-2 di babak kedua lewat aksi Anan Yodsangwal ('65) dan Yotsakorn Burapha ('90+8).

Setelah melalui perpanjangan waktu 2x15 menit, Timnas U-23 kemudian berbalik unggul 5-2 setelah Irfan Jauhari ('92), Fajar Fathurrahman ('106) dan Beckham Putra ('120) mencetak gol tambahan.

Hasil itu membuat Indonesia akhiri puasa gelar SEA Games cabor sepak bola selama 32 tahun. Terakhir, tim Merah Putih raih emas pada SEA Games 1991 di Filipina.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun mengucap syukur atas prestasi yang diraih Timnas U-22. Dia persembahkan medali emas tersebut untuk masyarakat Indonesia yang telah lama menunggu. 

"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini," ujarnya.

Baca Juga

"Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuh Erick seusai laga final SEA Games 2023.

Pria yang juga Menteri BUMN itu mengacungkan jempol untuk kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat Timnas U-22. Pmain, pelatih, hingga staf beserta ofisial telah mengerahkan semua kemampuan.

Apalagi, laga final disertai drama kericuhan dari kedua kudu akibat tensi panas di dalam lapangan. Bahkan, wasit harus keluarkan satu kartu merah untuk Indonesia dan tiga lainnya untuk Thailand.

Baca Juga

1. Titik Kebangkitan Timnas Indonesia

Acara pelepasan Timnas Indonesia U-22 ke SEA Games 2023 Kamboja oleh Ketum PSSI Erick Thohir di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/04/23). (Foto: PSSI)

Menurut Erick Thohir, kemenangan atas Thailand adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick Thohir.

Seusai laga, Erick Thohir pun langsung melapor ke Presiden RI, Joko Widodo Dia berterima kasih pada Presiden yang secara total mendukung penuh timnas sejak awal.

"Terima kasih bapak Presiden. Ini adalah misi yang memang sejak awal pak Presiden sangat serius mendorong agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Alhamdulillah akhirnya misi dan penantian juara terwujud hari ini," ucapnya.

Erick mengaku terharu melihat bagaimana para pemain jatuh bangun dan tak mengenal lelah sepanjang laga. Menurutnya keteguhan mental pemain adalah alasan medali emas bisa diraih.

Baca Juga

"Ini adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Hari ini kita satu, mulai dari penonton di stadion hingga seluruh rakyat pelosok Indonesia yang menyaksikan di layar kaca menyatu bersama pemain di atas lapangan. Satu doa, satu harapan, dan satu kebahagiaan," tuturnya.

Baca Juga

Bagi Ketum PSSI, hasil di SEA Games 2023 adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk mencapai prestasi lebih tinggi. Targetnya adalah bisa berbicara banyak di Asia dan dunia.

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja," ujar Erick Thohir.

"Tapi Kamboja adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," tuntasnya. 

Baca Juga
PSSIErick ThohirSEA GamesThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini