x

Kualitas Levi Colwill, Wonderkid Chelsea yang Bakal Diciduk Liverpool dan Man City

Jumat, 19 Mei 2023 16:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Duo raksasa Liga Inggris, Liverpool dan Manchester City, berusaha memanfaatkan kondisi Chelsea untuk memboyong wonderkidnya, Levi Colwill.

INDOSPORT.COM – Duo raksasa Liga Inggris, Liverpool dan Manchester City, berusaha memanfaatkan kondisi Chelsea untuk memboyong wonderkidnya, Levi Colwill.

Dilaporkan oleh Manchester Evening News dan The Hard Tackle, kedua tim raksasa itu tengah melihat kondisi tim asal London itu yang tengah diancam untuk menjual bintang-bintangnya

Kondisi yang dialami Chelsea ini dikarenakan aksi belanja besar-besaran sepanjang tahun 2022 hingga 2023 ini yang menghabiskan lebih dari Rp5 triliun.

Demi mematuhi Financial Fair Play (FFP), klub berjuluk The Blues itu berencana melepas pemain-pemainnya agar bisa mendapat pemasukan dari penjualan pemain.

Dari sekian banyak pemain yang akan dilego, ada beberapa pemain akademi, mengingat hasil penjualan para jebolan akademi ini akan bernilai 100 persen di buku keuangan klub.

Baca Juga

Hal ini membuat Liverpool dan Manchester City melirik jebolan akademi Chelsea yang saat ini tengah dipinjamkan ke Brighton, yakni Levi Colwill.

Pemain berusia 20 tahun itu tengah naik daun selama masa peminjaman di Brighton, dan mendapat sematan sebagai bintang masa depan.

Baca Juga

Dengan status itu, Liverpool dan Man City pun akan mencoba membujuknya untuk meninggalkan Chelsea pada musim panas 2023 nanti.

Dikabarkan kedua klub itu bahkan mau menebus Colwill dari Chelsea dengan harga 40 juta poundsterling atau setara Rp741 miliar.

Dengan angka sebesar itu untuk pemain yang baru berusia 20 tahun, apa yang membuat Liverpool dan Manchester City ingin memboyong Levi Colwill dari Chelsea?

Baca Juga

1. Butuh Pengganti

Duel Levi Colwill (kiri) dengan Alex Iwobi (kanan) di laga Everton vs Brighton (04/01/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Baik Liverpool dan Manchester City tengah membutuhkan tambahan kekuatan di sektor pertahanannya dalam menyambut musim depan.

Liverpool membutuhkan bek baru yang memiliki tipikal seperti Virgil van Dijk, seiring menuanya bek andalannya tersebut.

Selain karena mulai menua, performa Van Dijk di musim ini mengalami penurunan yang signifikan, sehingga hal ini memaksa Liverpool mencari penggantinya.

Hal serupa juga tengah dialami oleh Man City, yang akan melego salah satu beknya yakni Aymeric Laporte pada musim panas 2023 nanti.

Keputusan melego Laporte tak lepas dari keinginan sang pemain angkat kaki karena jarang mendapat menit bermain yang mumpuni.

Baca Juga

Dengan bakal perginya Laporte, Man City membutuhkan pemain pengganti yakni pemain muda, untuk dikembangkan lebih jauh.

Baik Liverpool dan Man City punya kemiripan, yakni Van Dijk dan Laporte merupakan bek tengah yang punya peran sebagai Ball Playing Defender bagi masing-masing timnya.

Baca Juga

Saat ini, sulit mencari bek dengn tipe seperti itu, yang selain andal dalam mendistribusikan bola, tapi juga andal dalam membaca permainan.

Namun Liverpool dan Man City menyadari bahwa di Liga Inggris adalah pemain dengan tipe permainan seperti itu pada diri Levi Colwill.

Melihat ketertarikan keduanya, seperti apa kualitas yang dimiliki Levi Colwill? Apa Chelsea akan bersedia melepas wonderkidnya itu ke rival?

Baca Juga

2. Kualitas Levi Colwill

Pemain Chelsea yang tengah dipinjamkan ke Brighton, Levi Colwill. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Bukan tanpa alasan Liverpool dan Man City melihat Levi Colwill bisa menjadi penerus Virgil van Dijk dan Aymeric Laporte musim depan.

Melihat catatannya, Colwill punya kemampuan apik saat menguasai bola dan membangun serangan dari belakang selama bermain bagi Brighton.

Dalam 88,3 kali percobaan operan per waktu 90 menit, pemain yang sempat dipinjamkan ke Huddersfield itu memiliki akurasi operan sebesar 88,4 persen.

Bahkan, 5,29 dari operan suksesnya itu merupakan operan Progressive yang mampu melewati Pressing lawan atau Breaking the Lines.

Pada laga Arsenal vs Brighton, Colwill menunjukkan kemampuannya melepaskan operan itu yang berkali-kali membantu timnya membangun serangan dengan cepat.

Tak hanya andal dalam melepaskan operan, Colwill punya kemampuan bertahan yang baik, terutama dalam duel-duel udara.

Tercatat, ia mampu memenangi 3,4 duel udara per 90 menit yang membuatnya sulit untuk dikalahkan dalam situasi Set Pieces atau saat menerima umpan silang.

Colwill bukan bertipe bek agresif, melainkan tipe bek yang tenang dan mengedepankan pembacaan permainan untuk bertahan.

Dengan kualitas seperti itu, wajar jika Liverpool dan Man City tertarik membajaknya dan berani membayar mahal untuk mengamankan jasanya dari Chelsea.

Akan tetapi, ada kabar bahwa Chelsea enggan melepasnya dan akan segera memasukkannya ke tim utama untuk bersaing dengan bek-bek The Blues lainnya.

Bursa TransferLiverpoolChelseaManchester CityIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini