x

2 Tugas Besar Jorg Schmadtke di Liverpool, Rekam Jejaknya Bikin Tersenyum

Kamis, 1 Juni 2023 18:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, belum lama ini kedatangan direktur olahraga baru, Jorg Schmadtke. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, belum lama ini kedatangan direktur olahraga baru, Jorg Schmadtke.

Ia didapuk menjadi direktur olahraga untuk menggantikan posisi Julian Ward yang hengkang dari Liverpool setelah bekerja selama satu musim.

Jorg Schmadtke ditunjuk Liverpool untuk membantu klub dalam merekrut pemain yang tepat di bursa transfer.

“Liverpool FC mengonfirmasi Jorg Schmadtke telah ditunjuk sebagai direktur olahraga klub yang baru,” demikian bunyi pernyataan klub, Selasa (30/05/23).

Bersama sosok yang satu ini, Liverpool akan menghadapi tantangan yang lebih besar musim depan, termasuk mendatangkan pemain baru.

Baca Juga

Namun raksasa Liga Inggris dari Merseyside ini dihadapkan pada dua isu yang harus ditangani ketika berselancar di bursa transfer mendatang.

Yang pertama adalah menyanggupi jumlah kuota pemain homegrown yang telah ditetapkan. Situasi mereka pun menjadi pelik setelah kepergian dua pemainnya dari Inggris.

Baca Juga

Mereka adalah James Milner dan Alex Oxlade-Chamberlain. Bahkan, Caoimhin Kelleher bisa menyusul kemudian.

Terlepas dari ketiganya, Liverpool saat ini masih punya Curtis Jones, Joe Gomez, Jordan Henderson, Harvey Elliott, dan Trent Alexander-Arnold.

Sementara itu, Nath Phillips dan Rhys Williams merantau ke klub lain sebagai pinjaman. 

Baca Juga

1. Melihat Rekam Jejak Jorg Schmadtke

Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, belum lama ini kedatangan direktur olahraga baru, Jorg Schmadtke. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

Selain isu pemain lokal, Liverpool di bursa transfer musim depan kemungkinan besar akan merekrut pemain dengan rataan usia yang lebih muda.

Seperti diwartakan Liverpool Echo, rata-rata usia 37 pemain di starting line up The Reds adalah 27,2 tahun.

Nah, dengan gaya permainan Jurgen Klopp, Liverpool pun dituntut memiliki skuad yang ‘segar’, yang mana bisa diwujudkan dengan perekrutan pemain muda.

Rekam jejak Jorg Schmadtke pun bisa dibilang menunjang misi ini, mengingat pada masa lampau ia cukup sering merekrut para bintang muda.

Jika fokus pada perekrutan permanen, saat di FC Koln rataan usia pemain yang direkrutnya adalah 23,3 tahun antara 2013 sampai dengan 2017.

Baca Juga

Dari 36 pemain, hanya tujuh alias 19 persennya yang sudah menginjak usia 20 tahunan akhir (di atas 26).

Beberapa pemain yang sempat direkrutnya kala itu adalah Joao Queiros, Tim Handwerker, dan Chris Fuhrich.

Kemudian jika bicaa soal pemain termahal yang didatangkan, dari lima nama hanya satu yang berusia di atas 24 tahun. Ia adalah Anthony Modeste.

Baca Juga

Beralih ke Wolfsburg. Bersama klub Bundesliga Jerman yang satu ini, Jorg Schmadtke merekrut 32 pemain dengan usia rata-rata 22,7 tahun.

Sejak tahun 2019 hingga awal 2023 ini, Wolfsburg bahkan hanya mendatangkan dua pemain yang berusia lebih dari 26 tahun.

Dengan rekam jejak ini, Liverpool bisa mengharapkan otak cerdas Jorg Schmadtke bakal kembali moncer saat bekerja untuk mereka di bursa transfer mendatang.

Akan tetapi, ia mungkin akan dihadapkan pada tantangan yang baru dan berbe=da, termasuk bermain dengan bujet yang disediakan oleh klub.

Baca Juga

Sumber: Liverpool Echo

 
LiverpoolLiga InggrisOne Football

Berita Terkini