x

Bukan Man United, Liverpool Jadi Tim Paling Diuntungkan oleh VAR di Liga Inggris

Kamis, 1 Juni 2023 13:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Bukan Manchester United, Liverpool jadi tim yang paling untungkan oleh Video Assistant Referee (VAR) di Liga Inggris (Premier League).

INDOSPORT.COM – Bukan Manchester United, Liverpool jadi tim yang paling untungkan oleh Video Assistant Referee (VAR) di Liga Inggris (Premier League).

Raksasa Liga Inggris, Liverpool, adalah salah satu tim raksasa yang tampil carut marut pada musim 2022/2023 ini.

Bagaimana tidak? The Reds awalnya tidak mampu memenangi tiga laga perdana di Liga Inggris setelah ditahan imbang oleh Fulham serta Crystal Palace dan tumbang dari Manchester United.

Tak heran apabila pasukan Jurgen Klopp saat itu sampai menghuni papan bawah di klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Namun, Liverpool perlahan mulai bangkit walaupun inkonsistensi masih menghantui mereka di beberapa laga Liga Inggris.

Baca Juga

Bapuknya Diogo Jota cs bisa dibilang karena menurunnya performa pemain utama mereka, seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Andy Robertson, dan Trent Alexander-Arnold.

Tak heran apabila Liverpool acapkali menemani Chelsea di papan tengah karena rentetan buruk yang membuat mereka gagal mengamankan poin penuh.

Baca Juga

Perbedaannya dengan The Blues, anak asuh Jurgen Klopp ini mampu bangkit mejelang berakhirnya Liga Inggris yang membuat mereka bisa melesat di peringkat kelima klasemen.

Tentu saja bisa mengamankan posisi lima klasemen untuk tampil di Liga Europa adalah pencapaian yang cukup oke bagi Liverpool mengingat mereka biasanya tertahan di antara posisi enam sampai delapan.

Walapun demikian, Liverpool ternyata menjadi tim yang paling diuntungkan oleh VAR di Liga Inggris musim 2022/2023 ini, bukan Manchester United.

Baca Juga

1. Liverpool Jadi Tim Raksasa dengan Keuntungan VAR Terbanyak

Selebrasi pemain Liverpool.

Liverpool disebut sebagai satu dari tiga klub Liga Inggris yang mendapatkan keuntungan terbanyak dari keputusan VAR sepanjang musim 2022/2023 ini.

Sejak 2019, Liga Inggris sudah memakai teknologi canggih ini untuk agar dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat.

Setelah musim berakhir, ESPN membuat jumlah keputusan yang menguntungkan dan merugikan klub masing-masing di Liga Inggris dengan menampilan tabel skor bersih VAR.

Liverpool sendiri berada di peringkat kedua dalam daftar tersebut bersama Fulham dengan skor bersih lima keuntungan dan hanya kalah dari Brentford di puncak.

Sementara itu, rival Liverpool, Newcastle United dan Manchester United, mengakhiri musim ini dengan skor bersih nol.

Baca Juga

Sang kampiun Liga Inggris musim ini, Manchester City, bahkan mempunya skor bersih minus empat yang berarti The Citizens kurang diuntungkan.

Maka dari itu, tak heran apabila Liverpool sendiri sempat diejek ‘LiVARpool’ karena banyak keputusan VAR yang lebih menguntungkan mereka.

Baca Juga

Di sisi lain, Manchester United memang terbukti sedikit kurang diuntungkan oleh VAR sejak berlaku pada 2019 lalu.

Sebelum VAR diberlakukan di Liga Inggris, Manchester United menjadi salah satu klub terbanyak yang mendapatkan hadiah penalti dari wasit sehingga banyak netizen yang menyebut mereka ‘menggosok voucher penalti’.

Setelah VAR ada di Liga Inggris, Manchester United tampak kini malah begitu jarang mendapatkan hadiah penalti dari wasit sehingga Setan Merah sudah tak lagi dielu-elukan suka menggosok voucher penalti.

Baca Juga

Sumber: ESPN

LiverpoolLiga InggrisVideo Assistant Referees (VAR)Berita Liga Inggris

Berita Terkini