x

Masuk Radar Liverpool? Brandan Craig, Remaja U-20 yang Bisa Bikin FSG Semringah

Jumat, 2 Juni 2023 16:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Brandan Craig, pemain U-20 yang bisa merapat ke Liverpool. Foto: Instagram@brandan.craig2.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool tidak luput dikaitkan dengan pemain muda di bursa transfer, Brandan Craig, yang bisa membuat FSG semringah.

Terlepas dari berbagai pemberitaan yang menyebut klub akan mendatangkan Alexis Mac Alllister dan pemain-pemain familier lainnya, Liverpool juga punya nama lain untuk dipertimbangkan.

Ia adalah Brandan Craig, pemain berusia 19 tahun yang saat ini bermain untuk Timnas Amerika Serikat U-20.

Pemain kelahiran 7 April 2004 ini tercatat sebagai anggota skuad Philadelphia Union yang bermain untuk Major League Soccer (MLS).

Ya, Amerika Serikat memang bukan destinasi favorit klub-klub besar dunia untuk membidik pemain baru di bursa transfer.

Baca Juga

Namun Liverpool mungkin berbeda. Owner mereka yakni Fenway Sports Group (FSG) memiliki basis utama di Negeri Paman Sam, bahkan memegang kepemilikan klub bisbol Boston Red Sox.

Sepanjang perjalanan bersama FSG, Liverpool telah melalui banyak hal, termasuk bongkar pasang pemain di bursa transfer.

Baca Juga

Hanya saja, tidak banyak pemain dari sepak bola Amerika Serikat yang mendarat ke sana. Raksasa asal Merseyside ini hanya pernah memboyong bibit muda di level akademi.

Mereka adalah Marc Pelosi, Lennon Brooks, dan Keyrol Figueroa, yang sampai saat ini masih menimba ilmu di tim junior.

Setelah tidak satu pun pemain Timnas Amerika Serikat USMNT yang direkrut di level senior, kemudian muncullah nama Brandan Craig.

Baca Juga

1. Siapa Brandan Craig?

Brandan Craig, pemain U-20 yang bisa merapat ke Liverpool. Foto: Instagram@brandan.craig2.

Adalah liverpool.com yang menyebut nama Brandan Craig sebagai salah satu pemain muda yang bisa dipertimbangkan Jurgen Klopp di bursa transfer.

Selain usianya yang masih U-20, kehadirannya bisa menambah warna tersendiri di Liga Inggris, yang saat ini sudah memiliki pemain USMNT senior, Christian Pulisic.

Lantas, siapa Brandan Craig ini, dan skill seperti apa yang ia miliki? Di sisi lain, FSG pun bisa semringah jika pemain asal AS yang merapat ke skuad.

Bernama lengkap Brandan Andrew Craig. Ia lahir di Philadelphia, Pennsylvania, dan memulai karier sepak bolanya dengan bermain di klub lokal.

Ia menjadi bagian skuad Philadelphia Union II yang terafiliasi dengan klub Philadelphia Union (MLS), sejak tahun 2020.

Baca Juga

Barulah pada awal tahun 2021, ia diangkat menjadi roster Philadelphia Union yang bermain di MLS, dan masih berkarier di sana sampai sekarang.

Bersama klub sepak bola AS tersebut, Brandan Craig telah menempuh sejumlah level ‘pendidikan’ mulai dari U-12, U-13, U-14, U-15, U-16/17, dan U-18/19.

Baca Juga

Itu artinya, merapat ke Liverpool akan jadi pengalamannya merantau ke luar negeri, dan Liga Inggris adalah kompetisi yang cukup menantang untuk pemain seusianya.

Akan tetapi, Brandan Craig nampaknya tidak perlu khawatir karena ia sudah pernah menjalani trial di Liverpool saat musim panas 2019.

Brandan Craig saat trial di Liverpool. Foto: Instagram@brandan.craig2.

Saat belajar di akademi Liverpool itulah, ia mengumpulkan sejumlah pengalaman, termasuk bermain di beragam posisi.

Baca Juga
 

2. Bersinar untuk Timnas

Brandan Craig, pemain muda Piala Dunia U-20 yang bisa merapat ke Liverpool. Foto: Instagram@brandan.craig2.

Brandan Craig juga menjadi kapten Philadelphia Union junior di berbagai level. Saat ini pun ia sedang berjuang bersama Timnas AS di Piala Dunia U-20.

Para pemain muda USMNT berhasil melangkah ke perempat final dan dijadwalkan berjumpa Uruguay pada 5 Juni mendatang.

Brandan Craig adalah pemain yang cepat, tenang, serta mampu bertahan dalam tekanan, sehingga menjadikannya bek yang bisa memainkan bola dengan sempurna.

Ia menjadi salah satu pemain yang berkontribusi besar dalam pertahanan tim AS yang sampai saat ini belum kebobolan di Piala Dunia U-20.

Namun di level klub, Brandan Craig belum menunjukkan tanda-tanda namanya akan melejit, karena di Philadelphia Union masih ada pesaing berat yang harus ia hempas.

Meski begitu, ia tidak perlu berkecil hati lantaran pemain-pemain besar seperti Diego Maradona dan Lionel Messi juga ‘lahir’ dari Piala Dunia U-20.

Turnamen sepak bola yang sedang berlangsung di Argentina itu pun bisa menjadi panggung Brandan Craig untuk unjuk gigi, dan mungkin memenangkan hati Jurgen Klopp.

Di usia 19 tahun, kemampuannya mungkin bisa dibilang masih ‘mentah’, namun Piala Dunia U-20 bisa mengubahnya menjadi lebih matang.

Selain menjadi andalan di posisi bek, Brandan Craig juga memiliki bakat mencetak gol dari situasi bola mati, yang akan menjadi aset unik tersendiri untuk dibawa ke Liverpool.

Sumber: transfermarkt, liverpool.com

LiverpoolLiga InggrisFenway Sports GroupBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini