x

Bedah Formasi AC Milan usai Eksodus Para Bintang: Finish Papan Tengah?

Rabu, 7 Juni 2023 19:18 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Intip formasi yang mungkin diterapkan AC Milan andai terjadi eksodus para bintang pada bursa transfer mendatang. Bakal finish di papan tengah Liga Italia?

INDOSPORT.COM – Intip formasi yang mungkin diterapkan AC Milan andai terjadi eksodus para bintang pada bursa transfer mendatang. Bakal finish di papan tengah Liga Italia?

AC Milan usai gagal mempertahankan gelar juara Liga Italia musim ini, harus menerima nasib buruk setelah presiden klub resmi melepas dua sosok penting.

Dua petinggi AC Milan yakni Paolo Maldini dan Ricky Massara, resmi dipecat oleh pemilik Rossoneri, Gerry Cardinale pada Selasa (06/06/23) lalu.

Dikabarkan bahwa Paolo Maldini dan Ricky Massara terlibat perseteruan sengit dengan Gerry Cardinale, hingga akhirnya membuat kedua sosok penting itu diusir.

Konflik tersebut berawal dari Paolo Maldini dan Ricky Massara yang merasa kurang puas dengan kinerja RedBird Capital pada bursa transfer.

Baca Juga

Maldini merasa RedBird Capital kurang berani menggelontorkan modal untuk pergerakan bursa transfer AC Milan pada beberapa musim lalu bahkan sampai saat ini.

Namun sindiran pedas ini rupanya membuat RedBird Capital 'baper'. Gerry Cardinale dikabarkan segera mengusir dua sosok ini, bersamaan dengan menjelang bursa transfer musim panas.

Baca Juga

Hal ini dikonfirmasi oleh Fabrizio Romano. Menurutnya, Paolo Maldini dan Massara kemungkinan jadi tumbal usai terlalu vokal pada RedBird Capital.

Usai memecat Paolo Maldini, kini kondisi skuad AC Milan pun tengah goyah lantaran banyak pemain yang merasa tak setuju dengan keputusan tersebut.

Bahkan skuad AC Milan berpotensi pincang, lantaran beberapa pemain penting dikabarkan bakal hengkang usai merasa tak senang setelah pemecatan Maldini.

Dengan skuad yang tak lagi tangguh, bakal seperti apakah formasi AC Milan musim depan? Mampukah Rossoneri bersaing di tangga juara Liga Italia? Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Skuad Alakadar AC Milan

Rafael Leao dari AC Milan terlihat murung usai pertandingan REUTERS-Alberto Lingria

Melansir dari sejumlah media di Liga Italia, imbas dari kepergian Paolo Maldini beberapa waktu membuat para pemain seperti Mike Maignan, The Hernandez hingga Rafael Leao berpotensi hengkang.

Selain itu, pemain-pemain yang sudah uzur macam Antonio Mirante dan Ciprian Tatarusanu juga tak bakal diperpanjang manajemen musim depan.

Kekuatan AC Milan semakin pincang, setelah para pemain pinjaman mereka juga bakal hengkang lantaran pulang ke klub asalnya.

Pemain seperti Sergino Dest, Tiemoue Bakayoko, Aster Vranckx hingga Brahim Diaz diprediksi tak lagi jadi penggawa AC Milan.

Dengan kondisi tersebut dan ditambah gagalnya transfer beberapa incaran akibat pemecatan Maldini, praktis AC Milan hanya akan mempunyai skuad alakadarnya untuk menyongsong Liga Italia 23/24.

Baca Juga

Jika masih dilatih oleh Stefano Pioli, maka taktik 4-2-3-1 tetap bakal jadi andalan AC Milan namun tentu dengan kekuatan skuad yang berbeda.

Untuk posisi paling belakang alias penjaga gawang, ada kiper asal Kolombia yang baru didatangkan musim lalu, Devis Vasquez.

Baca Juga

Secara kualitas, Devis Vasquez belum sangat teruji lantaran sepanjang musim 22/23 tak pernah catatkan menit bermain bersama tim senior AC Milan.

Di depan Devis Vasquez, barisan pertahanan AC Milan akan berisikan Fikayo Tomori dan Malick Thiaw sebagai center back.

Sementara untuk mengisi wingback ada Davide Calabria di sebelah kanan, serta Pierre Kalulu yang tampaknya bakal dipaksa main lebih kedepan sebagai wing back kiri untuk gantikan The Hernandez.

Baca Juga

2. Kekuatan Lini Depan Berkurang

Selebrasi pemain AC Milan Theo Hernandez merayakan gol kedua mereka bersama rekan setimnya pada laga Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Pada sektor tengah, tak ada perubahan yang drastis dan masih mengandalkan Sandro Tonali dan Ismael Bennacer sebagai Defensive Midfield.

Sebagai pengganti Brahim Diaz yang pulang ke Real Madrid, pelatih AC Milan sepertinya tidak ada pilihan lain selain meaminkan Charles De Ketelaere.

Berikutnya untuk mengisi posisi Rafael Leao sebagai winger kiri, ada Ante Rebic yang memang sering menggantikan Leao saat dirinya cedera.

Di sebelah kanan, Junior Messias masih jadi tumpuan buat AC Milan melakukan serangan dari sisi sayap.

Terakhir adalah striker, andai gagal mendapatkan mesin gol baru pada musim panas nanti, maka AC Milan dipastikan bakal kembali mengandalkan Olivier Giroud yang sudah berusia 36 tahun sebagai ujung tombak.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkum potensi formasi AC Milan andai resmi ditinggal para bintangnya.
AC Milan (4-2-3-1):
Devis Vasquez; Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Malick Thiaw, Davide Calabria; Sandro Tonali, Ismael Bennacer; Ante Rebic, Charles De Ketelaere, Junior Messias; Olivier Giroud.

Dengan kondisi skuad tersebut, AC Milan diprediksi bakal kesulitan untuk raih kemenangan terutama saat hadapi tim empat besar sekelas Napoli, Lazio, Inter Milan hingga Juventus.

Jika tak mampu menang dari empat tim tersebut, maka AC Milan hampir mustahil bisa bertengger di papan atas dan bukan tidak mungkin mereka malah terlempar ke papan tengah Liga Italia.

AC MilanLiga Italia

Berita Terkini