x

Awas Onana! Man United Kerap Sial Boyong Pemain dari Liga Italia

Rabu, 19 Juli 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, meneruskan trennya memboyong pemain dari Liga Italia (Serie A), yakni Andre Onana.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, meneruskan trennya memboyong pemain dari Liga Italia (Serie A), yakni Andre Onana.

Kiper berpaspor Kamerun itu didatangkan oleh Man United dari Inter Milan dengan biaya total 55 juta euro atau setara dengan Rp928 miliar.

Kedatangannya ini pun hanya tinggal menunggu peresmian dari pihak klub saja. Saat ini, eks kiper Ajax Amsterdam itu dikabarkan akan menyusul skuad Setan Merah yang melakoni pramusim.

Kedatangannya juga menambah panjang daftar pemain Liga Italia yang pernah diboyong Man United sejak tahun 2000 atau abad ke-21 ini.

Tercatat, klub asal Manchester ini telah mendatangkan delapan pemain dari Liga Italia sejak tahun 2000 hingga tahun 2021 lalu.

Baca Juga

Lalu,siapa saja pemain Liga Italia yang pernah diboyong Manchester United sebelum Andre Onana? Bagaimana kiprah para pemain dari kompetisi negeri Pizza itu kala berseragam Setan Merah? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Juan Sebastian Veron

Pada tahun 2000 lalu, Man United memecahkan rekor transfer Liga Inggris kala memboyong Juan Sebastian Veron dari Lazio dengan harga 24,3 juta poundsterling.

Kedatangannya pun membawa harapan besar. Nahas, pemain asal Argentina itu sulit berkembang di Old Trafford akibat kesulitan adaptasi dan cedera.

Usai tampil sebanyak 82 kali dengan torehan 11 gol dan 15 assist, Veron kemudian dilepas ke Chelsea pada 2003 dan kembali ke Italia pada 2004.

Baca Juga

2. Laurent Blanc

Pada 2001, Man United membuat kejutan dengan mendatangkan bek gaek pada diri Laurent Blanc dari Inter Milan dengan status bebas transfer.

Saat itu, Blanc datang di usia 35 tahun. Ia pun kemudian menjadi andalan di lini pertahanan dengan tampil sebanyak 75 kali bagi Man United.

Alih-alih dianggap gagal, Blanc dianggap sukses ketimbang Veron, karena ia mampu mempersembahkan gelar Liga Inggris untuk Manchester United sebelum pensiun pada 2003.

Baca Juga

1. 3. Giuseppe Rossi

Cristiano Ronaldo saat laga Europa League Manchester United vs Real Sociedad

Pendukung Man United tentu masih ingat dengan sosok wonderkid yakni Giuseppe Rossi yang didatangkan dari akademi Parma pada 2004.

Kedatangannya di usia 17 tahun itu dibarengi ekspektasi besar. Nahasnya, Rossi tak bisa berkembang karena badai cedera yang menerpanya.

Alhasil pada 2007 silam, ia memutuskan cabut ke Villarreal, di mana Rossi mampu tampil apik bagi The Yellow Submarine.

4. Sergio Romero

Pada 2015 lalu, Man United mendatangkan kiper dengan status bebas transfer pada diri Sergio Romero yang baru dilepas oleh Sampdoria.

Kedatangannya semata-mata dimaksudkan untuk menjadi pelapis David De Gea. Akan tetapi, Romero mampu menjadi aktor di balik kejayaan terakhir Man United.

Dari tangannya, Man United mampu meraih gelar Liga Europa dan gelar Piala Liga Inggris. Usai enam tahun menjadi pelapis, Romero memutuskan cabut.

Baca Juga

5. Matteo Damian

Man United era Jose Mourinho juga sempat menghadirkan kejutan dengan memboyong Matteo Darmian dari Torino pada 2015.

Saat itu, ia datang dengan harapan bisa menempati pos bek kanan. Tapi apa daya, Darmian justru menjadi pesakitan karena menjadi pelapis.

Pada 2019, ia didepak ke Parma. Kariernya kemudian menanjak lagi setelah diboyong Inter Milan, hingga bisa menembus final Liga Champions 2023.

6. Paul Pogba

Bursa transfer 2016 dikejutka dengan kepindahan Paul Pogba dari Juventus ke Man United dengan rekor transfer Liga Inggris kala itu.

Kepindahannya dibarengi prestasi dan berlanjut ke kontroversi, yang membuatnya sempat menjadi Public Enemy di Old Trafford.

Pada 2022 lalu saat kontraknya usai, Pogba memutuskan hengkang dari Man United dengan status bebas transfer dari kembali ke Italia untuk bergabung Juventus.

Baca Juga

7. Amad Diallo

Amad Diallo adalah pemain muda yang dibawa Man United dari Atalanta pada Januari 2021 dengan harga mahal yakni 21,3 juta euro.

Kedatangannya sempat membawa angin segar usai tampil apik di Liga Europa. Tapi setelahnya, Amad Diallo dipinjamkan ke Rangers dan Sunderland.

Kini di usia 21 tahun, Amad Diallo berharap bisa menembus tim utama Man United di bawah Erik ten Hag.

8. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi pemain asal Liga Italia terakhir yang diboyong Man United sebelum Andre Onana. Ia datang pada musim panas 2021 lalu dari Juventus.

Kedatangannya sempat disambut dengan penampilan apik di musim pertamanya yakni di musim 2021/2022. Tapi setelahnya, ia mengalami penurunan performa.

Akibatnya pada November 2022 lalu, Ronaldo memutuskan kontraknya dengan Man United dan kini bergabung klub Arab Saudi, Al Nassr.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedCristiano RonaldoGiuseppe RossiPaul PogbaLaurent BlancSergio RomeroJuan Sebastian VeronMatteo DarmianIn Depth SportsLiga InggrisAndre OnanaAmad DialloIndepth

Berita Terkini