x

Fabinho dan Jordan Henderson Tinggalkan Liverpool, Siapa Pengganti yang Pas?

Minggu, 23 Juli 2023 16:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan pada PR besar mencari pengganti Fabinho dan Jordan Henderson. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp dan klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan pada PR besar mencari pengganti Fabinho dan Jordan Henderson.

Dua pemain tersebut kabarnya sebentar lagi akan angkat kaki dari skuad The Reds. Nama yang kedua, mengikuti jejak Steven Gerrard ke Al Ettifaq.

Kepergian Fabinho dan Jordan Henderson pun menambah panjang daftar gelandang Liverpool yang hengkang setelah trio James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Naby Keita.

Meski telah mendatangkan amunisi baru, Jurgen Klopp akan butuh tambahan gelandang bertahan jika Fabinho dan Jordan Henderson pergi.

Tentu saja, ini bukan misi mudah mengingat peran kedua pemain tersebut yang sudah cukup vital di Liverpool.

Fabinho adalah pemain nomor 6 pilihan pertama, sedangkan Jordan Henderson merupakan kapten tim.

Baca Juga

Namun dengan ketiadaan keduanya, Liverpool akan butuh setidaknya satu tambahan lagi di sektor gelandang.

Ia harus mengantongi keahlian bertahan yang baik, ditambah postur fisik yang apik, serta kemampuan menyatukan lini tengah.

Masalahnya, menemukan pemain dengan kualitas-kualitas ini terbilang tidak mudah dan diprediksi bakal menelan biaya yang cukup besar.

Namun jika harus memilih beberapa, salah satu calon yang mungkin patut dilirik adalah Boubacar Kamara yang saat ini bermain untuk Aston Villa.

Ia adalah pemain yang direkrut Steven Gerrard dengan status bebas transfer dari Marseille beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Boubacar Kamara punya kemampuan memecah serangan lawan dan mengalirkan bola dengan cepat kepada rekan-rekan setimnya.

Hanya saja, untuk mendatangkan Boubacar Kamara, Liverpool nampaknya harus berusaha lebih keras karena ia masih terikat kontrak dengan Aston Villa hingga 2027.

Kemudian ada Romeo Lavia, pemain yang sudah mondar-mandir di pemberitaan bursa transfer The Reds dalam beberapa hari ini.

Liverpool disebut-sebut terkesan dengan penampilan pemain muda yang satu ini di klubnya sekarang, Southampton.

Meski masih berusia 19 tahun, Romeo Lavia menunjukkan ketenangan dalam permainannya serta menjadi salah satu pemain favorit publik The Saints.

Seperti Boubacar Kamara, ia pun kabarnya dibanderol cukup tinggi oleh Southampton yakni sekitar 50 juta poundsterling (sekitar Rp966 miliar).

Baca Juga

1. Butuh Berapa Pengganti?

Liverpool butuh tambahan gelandang setelah kepergian Fabinho dan Jordan Henderson. Foto: Reuters/Andrew Boyers.

Ya, satu atau dua gelandang tambahan nampaknya cukup untuk situasi Liverpool saat ini, meski pada kenyataannya ada banyak pemain yang angkat kaki.

Selain James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, kemudian ditambah Fabinho dan Jordan Henderson, Liverpool juga telah kehilangan dua lainnya.

Mereka adalah Fabio Carvalho yang dikirim sebagai pinjaman dan Arthur Melo yang dikembalikan ke Juventus.

Kehilangan tujuh gelandang namun hanya menambah Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai pun tidak ayal membuat banyak pihak ketar-ketir.

Sekilas, publik mungkin akan berharap Jurgen Klopp mau menambah beberapa gelandang lagi untuk menutup celah yang ditinggalkan tujuh gelandang tersebut.

Jika melihat lagi, kuantitas memang sangat penting dalam hal ini. Hanya saja, mereka-mereka yang berada di skuad sekarang secara kualitas kebugaran juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Kondisi pemain-pemain seperti Alexis Mac Allister dan Harvey Elliott secara garis besar jauh lebih baik ketimbang trio Milner, Oxlade-Chamberlain, dan Keita yang rawan cedera.

Alexis Mac Allister misalnya. Gelandang yang satu ini dikenal sebagai salah satu pemain yang sangat jarang absen dari skuad Brighton.

Selama bermain di sana, ia hanya absen di empat laga, begitu pula Dominik Szoboszlai yang dikenal sangat bugar di RB Leipzig.

Kemudian, Harvey Elliott juga pemain yang bisa diandalkan Jurgen Klopp sebagai penerus langsung Jordan Henderson.

Walau hanya menempati peringkat kesembilan untuk total menit bermain di Liverpool musim lalu, ia berhasil menyamai Mohamed Salah untuk jumlah matchday squad involvement.

Baca Juga

Lalu berdasarkan catatan This Is Anfield, Harvey Elliott juga tampil di 41 laga beruntun - terbanyak di antara pemain-pemain Liverpool lainnya.

Praktis, hanya Curtis Jones yang saat ini masih menjadi isu mengkhawatirkan di sektor gelandang The Reds.

Untuk itulah, kehadiran gelandang tambahan akan sangat membantu Jurgen Klopp dalam menyusun starting line up-nya.

Di sisi lain, Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai diharapkan bisa menjaga kondisi kebugarannya, lalu Trent Alexander-Arnold tetap dengan peran hybrid-nya saat ini. 

Baca Juga
 
LiverpoolFabinhoJordan HendersonLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini