x

Statistik Tak Masuk Akal Ini Buat Bayern Munchen Goda Maignan Tinggalkan AC Milan

Senin, 4 Desember 2023 14:40 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Mike Maignan saat ini tengah diuji kesetiaannya pada AC Milan usai Bayern Munchen isunya berniat melakukan pendekatan. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Mike Maignan saat ini tengah diuji kesetiaannya pada AC Milan usai Bayern Munchen isunya berniat melakukan pendekatan.

Kiper asal Prancis tersebut dipandang Die Roten sebagai sosok pengganti Manuel Neuer di masa yang akan datang.

Baca Juga

Neuer sebenarnya sudah pulih dari cedera retak tulang kaki yang sempat memaksanya absen nyaris selama setahun dan bahkan menandatangani kontrak baru sampai Juni 2025 pada November 2023 lalu namun Bayern Munchen tetap berpikir untuk beberapa langkah ke depan.

Usianya sang kapten sudah menginjak 37 tahun dan efek penurunan performa  terkadang sulit diprediksi kapan terjadi.

Itulah kenapa Maignan kemudian mereka incar. Menurut Sky Sports, setidaknya ada tiga nama yang dipertimbangkan termasuk dirinya.

Bayern Munchen juga mengevaluasi kepantasan Alexandre Nubel dipromosikan sebagai kiper utama begitu peminjamannya ke Stuttgart berakhir musim depan.

Baca Juga

Tidak ketinggalan bintang bawah mistar milik tim rival, Gregor Kobel, dari Borussia Dortmund juga masuk dalam radar.

Hanya saja Mike Maignan belakangan ini menunjukkan jika ia adalah seorang stopper modern yang ideal.

Performanya semakin terlihat apik bersama AC Milan yang membelinya dari Lille pada 2021 lalu seharga 15 juta Euro saja.

Tidak cuma apik dalam menghalau serangan lawan. Layaknya Neuer, jebolan akademi Paris Saint-Germain itu juga tidak canggung terlibat dalam build up serangan timnya.

Baca Juga

1. Keeper Assister Nomor 1 Liga Italia

Kiper AC Milan, Mike Maignan. FOTO REUTERS/Daniele Mascolo

Laga Liga Italia 2023/2024 pekan ke-14 antara AC Milan vs Frosinone memang jadi panggung Luka Jovic yang menyumbang satu gol dan assist untuk Rossoneri namun Mike Maignan juga punya scene besarnya sendiri.

Kiper 28 tahun itu menunjukkan bagaimana akuratnya ia dalam mengirim umpan panjang dengan memberi assist untuk gol kedua tim tuan rumah yang dicetak oleh Christian Pulisic.

Baca Juga

Bola jatuh tepat di depan sang winger Amerika Serikat yang selah tanpa kesulitan langsung meneruskannya menjaid gol.

Opta mencatat jika dengan umpan tersebut, Maignan tidak pernah absen bikin assist dalam tiga musim perdananya di Liga Italia.

Di musim 2022/2023 ia menjadi kreator gol Theo Hernandez ke gawang Lazio (6 Juni 2023) sedangkan di gelaran 2021/2022 Maignan membidani lahirnya gol tunggal kemenangan ke gawang Sampdoria (13 Februari 2022) yang dibuat Rafael Leao.

Masih menurut Opta, tidak ada kiper lain di Liga Italia sejak 2004/2005 dimana statistik mulai dicatat yang punya jumlah assist sebanyak Maignan.

Baca Juga

Tidak heran jika Bayern Munchen yang terbiasa dimanjakan dengan kualitas kelas dunia Manuel Neuer meminatinya. Statistik dari FBref semakin menunjukkan kenapa Mike Maignan memang kiper top yang layak diproyeksikan bermain di Allianz Arena.

Maignan masih merupakan salah satu pemain terbaik di posisinya di Liga Italia dengan 71,1% persentase sukses penyelamatan. Demikian juga dengan 40,6 umpan yang ia lepaskan per 90 menit yang menjadikannya kiper distributor tersering ketiga di bawah Luca Gemello dan Nicola Leali.

Terdapat juga 14 aksi sweeping yang ia lakukan atau rata-rata 1,27 per laga. Maignan juga terbilang berani bermain jauh dari gawangnya dengan 15,4 jarak tempat ia biasa berdiri.

AC Milan harus hati-hati apabila tidak mau kehilangan bintang timnas Prancis itu ke Bayern Munchen. Kontrak dengan nilai lebih menggiurkan harus mereka persiapkan.

Baca Juga
Bayern MunchenAC MilanLiga ItaliaMike MaignanIndepth

Berita Terkini