76 Indonesian Downhill 2022: Mengenal Ternadi Bike Park, Trek Downhill Terbaik di Tanah Air

Jumat, 25 November 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Megapro
76 Indonesian Downhill 2022 akan segera digelar di Sirkuit Ternadi Bike Park (Foto: Megapro). Copyright: © Megapro
76 Indonesian Downhill 2022 akan segera digelar di Sirkuit Ternadi Bike Park (Foto: Megapro).

INDOSPORT.COM - Mengenal Ternadi Bike Park, trek downhill terbaik di Indonesia, yang akan menjadi tempat perhelatan 76 Indonesian Downhill 2022 pada Desember nanti.

Seri pamungkas kompetisi balap sepeda gunung 76 Indonesian Downhill 2022 bakal digelar di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah pada tanggal 10-11 Desember 2022 mendatang.

Lintasan yang berada di kaki Gunung Muria ini memiliki panjang trek 2,3 km dan lebar trek 1,5 meter, juga terdaftar dalam Union Cycliste Internationale (UCI) di kategori C1.

Artinya, sirkuit ini memiliki obstacle paling ekstrim, baik dari sisi elevasi (ketinggian) maupun dari segi lintasan. Inilah tantangan seru yang akan dihadapi para downhiller.

Ternadi Bike Park berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut (dpl) pada titik start, dan 600 meter dpl di garis finis.

Salah satu obstacle section yang paling 'ganas' adalah rock garden di akhir lintasan, yang menguji adrenalin downhiller, baik dari segi stamina maupun pemilihan strategi untuk menaklukkan trek tersebut.

Sudarmono, Pengelola Ternadi Bike Park, mengatakan, Ternadi Bike Park dibangun pada tahun 2016 selama kurang lebih tiga bulan tanpa menggunakan alat berat.

Artinya, semua dikerjakan secara manual oleh tangan manusia. Meski begitu, sistem pengamanan di sepanjang lintasan sudah memiliki standar kelayakan UCI (standar dunia). 

"Pengamanan di titik start, termasuk jalan loading dan tingkat kecuraman dirancang sesuai standar keselamatan internasional."

"Sehingga, sampai saat ini tingkat kecelakaan sangat minim dan tidak berakibat fatal," ungkap Sudarmono.