Kalahkan Klitschko, Joshua Tuai Pujian dari Mike Tyson

Jumat, 5 Mei 2017 06:37 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© @PA
Anthony Joshua mengalahkan Wladimir Klitschko untuk gelar IBF, IBO, dan WBA di Stadion Wembley. Copyright: © @PA
Anthony Joshua mengalahkan Wladimir Klitschko untuk gelar IBF, IBO, dan WBA di Stadion Wembley.

Nama petinju asal Inggris, Anthony Joshua saat ini bisa dibilang tengah naik daun. Tidak heran memang, mengingat ia baru saja mengalahkan salah satu petinju terbaik dunia asal Ukraina, Wladimir Klitschko.

Ya, bertempat di Stadion Wembley, Inggris pada Minggu (30/04/17) lalu, petinju yang disebut-sebut sebagai titisan Muhammad Ali tersebut berhasil menang technical knockout (TKO) atas Klitschko di ronde ke-11.

Kemenangan itu sendiri membuat Joshua berhasil empertahankan sabuk juara dunia kelas berat IBF serta mendapatkan tambahan gelar juara versi WBA dan IBO.

© @PA
Wladimir Klitschko tampak di bawah kaki Anthony Joshua yang tengah melakukan selebrasi. Copyright: @PAWladimir Klitschko tampak di bawah kaki Anthony Joshua yang tengah melakukan selebrasi.

Prestasi petinju kelahiran 15 Oktober 1989 itu pun menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Salah satunya legenda hidup tinju dunia asal Amerika Serikat, Mike Tyson.

Menurut Tyson, keberhasilan Joshua mengalahkan Klitschko merupakan langkah awal petinju yang juga seorang muslim tersebut untuk menjadi sosok besar dalam dunia tinju.

"Jika Joshua melanjutkan langkahnya seperti itu, dia tidak memiliki batasan untuk dapat mewujudkan segala keinginannya. Pertarungannya seperti merubah peta kekuatan dalam dunia tinju," tutur Tyson seperti dikutip dari Give Me Sport.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETMike Tyson yakin Joshua akan menjadi sosok yang mengangkat kembali kepopuleran olahraga tinju.

Lebih lanjut, Tyson mengatakan Joshua akan memiliki cara mencatatkan namanya dalam sejarah tinju yang berbeda dengan yang dilakukan oleh Floyd Mayweather.

"Floyd bertinju untuk mendapatkan banyak uang. Namun, kita sudah sering melihat orang-orang berpostur kecil bertinju. Sangat jarang melihat orang-orang kelas berat melahirkan laga tinju seperti itu."

"Kebanyakan petinju mungkin bisa menghasilkan banyak uang, tapi tidak banyak sosok seperti Joshua yang justru dapat mempopulerkan lagi olahraga tinju," pungkasnya.