WBA Hukum Pelatih yang Tonjok Petinju Venezuela

Sabtu, 27 Mei 2017 05:04 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© The Sun
Jose Uzcategui ditonjok oleh Leon Lawson paman dari Andre Dirrell. Copyright: © The Sun
Jose Uzcategui ditonjok oleh Leon Lawson paman dari Andre Dirrell.

Masih ingat dengan insiden pelatih Andre Dirrell yang menonjok petinju asal Venezuela, Jose Uzcategui? Asosiasi Tinju Dunia (WBA) memutuskan untuk memberikan hukuman kepada pelatih Dirrell, Leon Lawson.

Pelatih yang juga paman dari Dirrell itu tiba-tiba melepaskan sebuah pukulan telak ke dagu Uzcategui. Petinju asal Venezuela diserang karena diduga memukul Knock Out (KO) Dirrell setelah bel berbunyi dalam petarungan versi IBF.

“WBA langsung memberikan hukuman kepada Leon Lawson karena tindakan tidak sportifnya setelah menyerang Jose “Bolivita” Uzcátegui, yang sedang bertarung memperebutkan gelar juara IBF kelas menengah super melawan Andre Dirrel,” demikian pernyataan WBA.

“Kami mengira itu merupakan sebuah tindakan yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Ada sebuah pukulan setelah bel berbunyi, namun hal tersebut tidak sengaja dilakukan oleh Uzcátegui dan Lawson secara pengecut memkulnya,” sambung WBA.

“Seperti yang dilakukan WBC, kami memutuskan untuk menghukumnya. Namun, kami harus berbicara dengan Presiden IBF, Daryl Peoples selaku penyelenggara pertandingan itu. Tapi, kami sangat mengutuk tindakan tersebut,” lanjut mereka, diberitakan The Sun.