Hasil Pertarungan Tinju Manny Pacquiao vs Keith Thurman: Pacman Juara Welter WBA

Minggu, 21 Juli 2019 12:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter
Manny Pacqiaou memenangkan pertarungan melawan Keith Thurman, Minggu (21/07/2019). Copyright: © Twitter
Manny Pacqiaou memenangkan pertarungan melawan Keith Thurman, Minggu (21/07/2019).

INDOSPORT.COM – Duel bertajuk World Welterweight Championship 2019 menghadirkan dua petinju legendaris, Manny Pacquiao vs Keith Thurman di MGM Grand Arena, Las Vegas, Minggu (21/07/19). Pacquiao berhasil melenggang sebagai juara dan mencetak rekor baru dengan mendatangkan kekalahan perdana untuk Thurman.

Sebagaimana diketahui, Keith Thurman adalah juara bertahan WBA kelas welter dengan rekor pertarungan 29 menang, 22 kali menang KO, tanpa kalah dan satu no contest. Sementara Pacquiao menang 61 kali dengan 39 menang KO, serta tujuh kekalahan dan dua seri.

Di usianya yang telah mencapai 40 tahun, Pacquiao masih tak kehilangan tajinya saat menghadapi dua laga terakhir. Petinju berjuluk Pacman itu sukses menumbangkan Lucas Matthysse (Argentina) dengan TKO di ronde ketujuh untuk menggenggamgelar WBA di kelas welter, dan menang angka mutlak dari Adrien Broner (Amerika Serikat).

Nampak dalam pertarungan menghadapi Thurman, Pacman masih mampu menandingi kecepatan juniornya itu, dan melayangkan pukulan silang ke kanan tubuh dari Thurman di ronde pertama. Meski lawan membalas pukulannya dari sisi kiri, namun Pacquiao berhasil menghindar dan terus mengemas poin menjadi keunggulan 10-8.

Memasuki ronde kedua, Pacquiao masih mendominasi lawan dengan gerakan cepatnya. Tak ada perlawanan berarti dari petinju Amerika itu hingga Pacquiao berhasil mengamankan ronde kedua dengan keunggulan poin 10-9.

Ronde ketiga juga masih menjadi milik petinju Filipina, meski gerakan keduanya menjadi lebih lambat dan Pacquiao hanya mendaratkan beberapa, pukulan lurus dan stiff jab ke arah Thurman. Namun pukulan itu tepat mengenai sasaran dan berbuah poin hingga ronde ketiga ditutup dengan angka 10-9.

Keadaan justru berbalik di ronde keempat, di mana Thurman masih sempat membalas beberapa pukulan Pacquiao hingga wasit Kenny Bayless harus memisahkan keduanya. Laga berjalan ketat, dan kaitan Thurman berhasil memerangkap lawan dan skor berbalik menjadi 9-10.

Sukses dengan teknik kuncian, Thurman mengulangnya di ronde kelima, namun berhasil diantisipasi oleh Pacquiao dan berbuah keunggulan untuknya. Berlanjut di ronde keenam, dua pukulan telak dari tangan kanan Thurman berhasil membalikkan kedudukan.

Dominasi Thurman masih berlanjut hingga ronde kesembilan, di mana Pacquiao mulai diragukan staminanya, meski ia juga masih mampu membalas Thurman dengan pukulan-pukulan keras. Sayangnya ronde ketujuh hingga kesembilan menjadi milik Thurman.

Menarik untuk menyaksikan ronde kesepuluh, di mana Thurman membantu Pacquiao untuk bangkit sembari menggunakan trik untuk menumbangkannya, namun Pacquiao juga berhasil melayangkan pukulan tepat ke tubuh Thurman. Pacquiao memimpin poin kembali.

Ronde ke-12 sebagai penentuan mampu ditaklukkan oleh Manny Pacquiao, di mana ia berhasil memojokkan Keith Thurman dan melenggang sebagai pemenang. Skor akhir 114-113 untuk Thurman, 115-112 untuk Pacquiao, dan masih 115-112 untuk Pacquiao.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%