Jasa Petinju Indonesia Dalam Karier Manny Pacquiao

Minggu, 21 Juli 2019 19:29 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM- Nama Manny Pacquiao kembali menjadi bahan perbincangan hangat usai dirinya berhasil mengalahkan Keith Thurman untuk sabuk WBA (Super) Welterweight, Minggu (21/07/19).  

Kemenangannya ini telah membuktikan bahwa dirinya adalah seorang legenda dalam dunia tinju, sekaligus petinju tersukses dari Asia sepanjang masa. Namun, apakah kalian tahu bahwa di balik kesuksesan Pacquiao ternyata ada orang Indonesia yang sangat berjasa dalam karier Pac-Man?

Ialah Ippo Gala, petinju asal Indonesia yang merupakan lawan 'asing' pertama Pac-Man pada 1996 silam atau tepatnya setelah satu tahun memulai karier tinjunya.

Ya, seorang Manny Pacquiao ternyata pernah melawan salah satu petinju Tanah Air bernama Ippo Gala. Pertandingan ini sendiri terjadi pada 27 Juli 1996 di Mandaluyong, Filipina.

Pertandingan itu sendiri bisa dikatakan awal mula dari segala kesuksesan Pac-Man dalam dunia tinju internasionalnya. Pasalnya, Ippo atau yang memiliki nama asli Slamet ini adalah petinju pertama di luar Filipina yang menantangnya pada partai perbaikan peringkat IBC.

Sepanjang pertandingan berlangsung, Pacquiao berhasil membuat Ippo tak berkutik. Pukulan-pukulan cepatnya sukses mendarat dengan telak tepat di wajah petinju Indonesia tersebut.

Ippo bukannya tanpa perlawanan. Beberapa kali ia berhasil melancarkan pukulan-pukulannya ke Pacquiao terutama pada akhir ronde pertama saat ia sukses memojokan petinju Filipina tersebut.

Sayang, saat memasuki ronde kedua, Ippo harus terjatuh setelah mendapatkan serangkai pukulan dari Pac-Man. Walau sempat bangkit kembali, wasit pertandingan akhirnya memberhentikan laga ketika menyadari Ippo sudah tidak bisa bertahan lagi.

Alhasil Pac-Man berhasil meraih kemenangan Techincal Knock-Out (TKO) atas Ippo Gala, sekaligus memperpanjang rekor kemenanganya menjadi 15 kemenangan. Ini merupakan kemenangan internasional Pac-Man.

Bisa dibilang pertandingannya melawan Ippo adalah gerbang menuju kesuksesan Pac-Man di kompetisi tinju Internasional.

Disisi lain, lama tak terdengar kabarnya, Ippo Gala diketahui sudah pensiun dari dunia tinju pada tahun 2002 silam. Saat ini, kesibukan Ippo dilaporkan sedang menjalani pekerjaan sebagai satpam pada sebuah perusahaan Swasta di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.